free hit counters 5 Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R
Otomotif

5 Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

5 Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R Shifting Halus Tarikan Enteng. Oli mesin adalah minyak lumas yang bertugas untuk melumasi mesin. Sebuah mesin pasti membutuhkan suatu zat untuk pelumasan untuk bisa bekerja. Pada kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil minyak lumas atau oli sangat banyak macamnya. Setiap motor dan oli memiliki karakteristik masing-masing. Pada artikel kali ini saya akan share pengalaman pribadi dan juga pengalaman teman teman pengguna Honda CBR 150R dengan penggunaan berbagai merek oli. Baca Juga : Generasi Honda CBR 150R Tahun 2002 Sampai Sekarang

Sebenarnya setiap pabrikan kendaraan pasti sudah menyediakan oli standar yang didesain untuk kendaraan yang bersangkutan. Honda All New CBR 150R juga memiliki oli mesin pabrikan yaitu AHM MPX-1.  Harga oli pabrikan ini juga cenderung lebih murah dan terjangkau. Namun berdasarkan pengalaman oli pabrikan ini terkadang kurang enak digunakan dari segi kenyamanan dan performa. Meskipun untuk segi keawetan kendaraan sudah pasti direkomendasikan.

Oli Mesin MPX 1 bisa didapatkan di dealer honda terekat. Oli mesin standar CBR 150cc ini memiliki tingkat kekentalan 10W-30. Oleh karena itu ketika anda memutuskan untuk mencoba oli merek lain anda bisa menggunakan oli mesin 4T yang memiliki tingkat kekentalan sama. Anda juga harus memperhatikan kapasitas oli mesin CBR 150R anda, yaitu 1,1 liter. Beberapa oli hanya memiliki takaran 800ml atau 1 liter, oleh karena itu anda mungkin juga harus membeli oli 2 botol agar sesuai dengan kapasitas standar pabrik sehingga mesin anda tetap aman.

5 Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

Memang ada banyak merk oli mesin aftermarket yang tersedia. Berikut ini 5 Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R yang dapat anda coba dan rasakan perbedaanya dibandingkan Oli MPX-1.

1. Motul Ester 5100

1 Motul Ester - Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

Oli mesin yang satu ini memang sudah sangat terkenal terutama bagi pecinta racing. Oli Motul ini terkenal dengan tarikan yang enteng dan akselerasi yang bagus. Bagi anda yang belum pernah menggunakan oli aftermarket pasti akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan. Dari segi harga memang lebih dari 2 kali lipat dari harga oli standarnya yaitu sekitar Rp. 135.000. Karena diformulasikan untuk racing dan balap, kita beberapa teman mengeluhkan kalau oli ini tidak tahan lama sekitar 3000km harus ganti oli. Namun hal tersebut akan sebanding dengan pengalaman yang anda dapatkan.

2. Liqui Moly

2 Liqui Moly - Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

Oli buatan german ini memiliki karakteristik Akselerasi bagus seperti Motul dengan harga yang sedikit lebih mahal. Hal tersebut sebanding karena oli ini lebih tahan lama dari motul. Ada harga pasti juga ada kualitas.

3. Fastron Techno

3 Fastron Techno - Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

 

Oli ini menjadi rekomendasi karena keawetanya long trip hingga 5000 km sehingga cocok bagi anda yang suka touring, harganya sekitar Rp. 85.000, lebih murah dari Motul dan Liqui Moly. Oli mesin ini bisa anda dapatkan di spbu pertamina terdekat.

4. Shell Advance AX7

4 Shell Advance AX7 - Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

Shell AX7 adalah oli mesin yang juga sudah cukup populer, harganya pun terjangkau sekitar Rp 50.000, namun karena isinya hanya 1 liter anda harus membeli 2 botol untuk mencapai kebutuhan kapasitas pelumas 1,1 liter. Oli ini terkenal dengan akselerasi yang bagus dan shifting/ pindah gigi pada CBR 150r anda jadi tambah ringan.

5. Enduro Racing 4T

5 Enduro Racing - Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R

Oli ini juga merupakan produksi dari Pertamina, memiliki keunggulan tidak mudah slip pada kopling basah. Oli ini juga memberikan perlindungan yang bagus terhadap mesin CBR 150R anda. Saat ini saya menggunakan oli ini karena sangat mudah didapatkan dibengkel-bengkel terdekat dan tarikan terasa ringan dan untuk mencapai top speed juga terasa mantap.

Diatas 5 Rekomendasi Oli Mesin Honda All New CBR 150R. Mungkin ada merek oli rekomendasi lain yang anda gunakan selain dari daftar diatas. Silahkan bagikan pengalaman anda pada komentar dibawah ini.

 

Leave a Comment