free hit counters 5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta
Blogging

5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Situs penyedia gambar. Thumbnails dalam dunia blogger adalah sebuah ilustrasi yang menggambarkan isi blog atau artikel. Di Youtube kita juga mengenal thumbnails sebagai sebuah cover yang mewakili isi video. Namun thumbnails juga bisa menjadi daya tarik agar konten kita dilihat banyak orang. Oleh karena itu membuat thumbnails yang menarik juga menjadi salah satu kunci untuk mendatangkan pengunjung. Selain itu juga bermanfaat bagi perayapan google dan adsense karena tidak akan melanggar kebijakan hak cipta.

Situs penyedia gambar thumbnails yang paling terkenal adalah shutterstock. Shutterstock menyediakan jutaan gambar berkualitas tinggi dan bebas lisensi, namun untuk mendapatkan gambar dari shutterstock kita harus membayar. Bagi perusahaan besar mungkin bukan masalah membeli gambar di shutterstock, namun bagi blog receh seperti Venomku Blog ini tentu akan sangat memberatkan, perpanjang domain dan hosting aja udah berat (curhat xD)

Dengan beberapa website dibawah ini anda akan melupakan shutterstock, anda bisa mendapatkan gambar bagus dengan kualitas tinggi dengan website penyedia stock images dibawah ini :

Situs Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

1. Pexels.Com – Situs penyedia gambar gratis lengkap

Pexels - 5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Pexels adalah situs penyedia gambar gratis favorit saya yang menyediakan banyak gambar dan foto terbaik untuk thumbnails dengan mode pencarian terbaik. Semua foto dan video tersedia gratis dan bebas lisensi, namun terkadang terdapat menu untuk memberikan donasi (tidak wajib). Namun dalam satu halaman biasanya terdapat sponsored links atau juga bisa disebut iklan, dimana apabila gambar diklik maka akan menuju ke website lain, ini adalah cara mereka untuk mendapatkan uang. Oleh karena itu anda harus pintar memilih mana gambar yang disediakan Pexels gratis dan mana yang iklan.

Gambar yang anda dapatkan melalui Pexels biasanya memiliki lisensi creative commons yang bisa digunakan untuk keperluan personal maupun komersial dan yang pasti gratis.

2. Pixabay.Com – Stock gambar bebas hak cipta

Pixabay - 5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Koleksi gambar stock Pixabay juga sama banyaknya dengan Pexel, namun resolusi yang disediakan Pixabay cenderung lebih besar. Jadi, Pixabay cocok bagi anda yang ingin mencari gambar untuk banner atau background yang memiliki ukuran resolusi yang besar. Namun bagian terbaiknya Pixabay juga menyediakan gambar gratis dengan zero lisensi creative commons. Bebas digunakan untuk pribadi maupun bisnis.

3. Burst.Shopify – Penyedia gambar thumbnails resolusi tinggi

Burst - 5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Koleksi foto Burst.shopify memang tidak sebanyak Pexels dan Pixabay, namun memiliki resolusi yang lebih tinggi lagi. Burst memiliki gambar yang berkaitan dengan desain web berkualitas lebih tinggi dan gambar produk lebih dari Pexels dan Pixabay. Burst menambahkan gambar stock baru setiap hari dan menjadi dropshipping gambar. Shopify telah membeli Oberlo, oleh karena itu kita akan melihat semakin banyak layanan yang ditambahkan ke Marketplace mereka.

4. Unsplash.Com – High Resolution Image Stock

Unsplash -5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Unsplash memiliki gambar resolusi tinggi yang tak kalah hebatnya dari komunitas fotografer yang besar. Anda akan menemukan banyak pilihan gambar disini. Semuanya juga disediakan gratis untuk semua pengguna, bahkan untuk tujuan komersial dan non-komersial.

5. Canva.Com – Penyedia foto dan editing tools

Canva - 5 Website Penyedia Gambar Thumbnails Bebas Hak Cipta

Meskipun tidak memiliki banyak pilihan stock foto, presentasi, dan sumber desain lain. Dengan Canva kita bisa men-download gambar gratis dari situs sebelumnya kemudian meng-upload ke Canva. Dengan cara ini kita dapat menggunakan editor sederhana dan gratis untuk membuat desain seperti text overlay, membuat Infografis, atau apa pun yang berhubungan dengan blog kita.

Leave a Comment