Gadget

8 Alasan Google Pixel Lebih Baik Dari iPhone

Google kita kenal sebagai raksasa internet dengan search engine terkenalnya. Siapa yang tidak tau Google ? sekarang anak kecil pun sudah tahu yang namanya mbah Google. Akhir-akhir persaingan Google dibidang smartphone juga mulai terlihat dengan smartphone andalanya Google Pixel. Artikel kali ini akan coba meng-compare antara Google Pixel XL dengan iPhone 6s dan judul yang anda baca diatas memang tidak salah. Kenapa bisa demikian ? Dibawah ini kita akan membahas alasanya.

Ini adalah sebuah penilaian yang subjektif menurut saya. iPhone sudah tidak diragukan lagi kepopuleran dan fitur yang lebih baik dibandingkan Pixel. Tapi kenyataanya menurut saya Pixel memang bagus.

Anda harus mencatat saya membandingkan antara Pixel XL dengan iPhone 6s Plus bukan iPhone seri 7. Hal itu karena saya lebih familiar dengan iPhone 6s. Walaupun pada dasarnya iPhone 6s Plus juga tidak jauh beda dengan iPhone 7. Performa keduanya sama-sama bagus dan kamera iPhone 7 mengalami upgrade namun dibandingkan iPhone, Pixel lebih memiliki fitur yang lebih berguna.

Simak bagaimana Pixel lebih baik daripada iPhone menurut saya.

Pixel lebih Ringan

Google Pixel Lebih Baik Dari iPhone

iPhone 6s plus memiliki berat 192 gram namun menurut saya lebih nyaman  ketika saya memegang Pixel XL dengan berat 168 gram. iPhone 7 Plus sedikit lebih ringan dibandingkan iPhone 6s Plus pada 188 gram, hanya berbeda 4 gram, jadi menurut saya perbedaan yang sangat tampak terasa ketika kita memegang sebuah Google Pixel XL.

Berat Pixel yang lebih ringan tidak memiliki efek buruk terhadap kemampuanya, dan terasa lebih mudah kita operasikan dengan tangan.

Layar Pixel lebih bagus

 Layar Pixel lebih bagus

Diatas adalah Pixel XL dan iPhone 6s yang menunjukkan gambar yang sama dengan Brightness maksimal ( diambil menggunakan Pixel ). LCD retina iPhone memang bagus, tetapi tidak lebih kaya warna daripada Pixel dengan AMOLED display.

Desain Pixel lebih unggul dan lebih cantik, ketajaman layar AMOLED lebih cemerlang dibandingkan iPhone 6s Plus.

iPhone 7 Plus memiliki resolusi 1080p yang lebih bagus dan tajam, namun Pixel memiliki resolusi 1440p yang lebih tajam.

Yang lebih penting layar AMOLED Pixel membuat displaynya terlihat lebih baik dibandingkan LCD iPhone. Gambar, video dan popup aplikasi dengan taburan tinta hitam yang lebih berani membuat Pixel lebih tampak premium.

Pixel lebih nyaman digengam

Case iPhone memang terbuat dari bahan metal dan tampak  bagus dengan sisi edge yang melengkung sempurna, namun iPhone tidak memberikan grip yang nyaman. Karena hal tersebut saya beberapa kali tidak sengaja menjatuhkan iPhone saya saat digenggam.

Balutan kaca Pixel pada casing bagian belakangnya tidak terlihat bagus ( lebih bagus untuk model warna putih ), tetapi bagaimanapun juga Pixel lebih memberikan grip saat dipegang dengan jari-jemari, dimana membuat Pixel terasa lebih aman ketika anda genggam.

Fast Charging

Fast Charging Pixel XL, iPhone 7 Plus dan Samsung S7 Edge

Diambil dari channel youtube superstaftv, yang melakukan tes terhadap kecepatan charging Pixel XL, iPhone 7 Plus dan Samsung S7 Edge dengan charger bawaan standard. Setelah 2 jam di charge, Pixel XL yang paling mendekati 100 persen penuh setelah Samsung Galaxy S7. Bagaimanapun juga Galaxy S7 yang lebih cepat dibandingkan keduany, sudah mengisi 100 persen hanya dalam 1 jam 29 menit.

Fast Charging merupakan pilihan yang bagus. Pixel USB-C fast charging adalah yang lebih cepat dibandingkan iPhone yang lebih lama.

Pixel bekerja lebih cepat

Saya dapat membuat android terasa lebih cepat dibandingkan dengan iOS, dengan cara meminimalisir pengaturan, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, mematikan animasi motion atau dengan melakukan root.

Disisi lain iOS 10 memang sudah bisa menghapus aplikasi bawaan dan mengurangi animasi namun tidak lebih dari itu.

Pixel memiliki daya tahan baterai lebih baik

Fitur sleep anroid lebih efisien. Itu memiliki kinerja lebih baik untuk mengurangi penggunaan konsumsi power dimana tidak bisa dilakukan pada iOS

Pixel sedikit lebih kecil namun memiliki ukuran layar yang sama

Pixel sedikit lebih kecil namun memiliki ukuran layar yang sama

Perbedaanya tidaklah banyak. tapi hal ini berhubungan dengan kenyamanan device anda ketika digunakan sehari-hari. iPhone 6s Plus memiliki rasio screen-to-bezel (67.7 percent) dibandingkan dengan Pixel XL (71.2 percent)

Saya lebih merekomendasikan Android

Saya lebih merekomendasikan Android dibandingkan iPhone

Saya mendapatkan yang lebih baik dengan android dibandingkan dengan iOS

Apple sampai sekarang masih belum dapat menunjukkan cara untuk menampilkan pemberitahuan yang lebih baik dibandingkan Android. Lebih mudah menyesuaikan pemberitahuan di android lock screen dibandingan di iOS. Dimana saya dapat membersihkan notifikasi dalam satu kali ketukan debandingkan dengan iOS geser dan tap untuk membersihkan. Saya juga dapat menekan notifikasi dengan ditur 3D touch pada iPhone 6s namun tidak terlalu berguna menurut saya.

Notifikasi juga dapat menyesuaikan dri pada Android. Sebagai contohnya ketika saya membuka email baru. Android dapat otomatis membersihkan notifikasi di Pixel. Dimana notidikasi belum hilang sampai saya membersihkanya secara manual pada iPhone saya.

iOS juga idak memungkinkan kita membuka panel control dengan cara swipe layar keatas kita dapat mengatur brightness ketika on-screen keyboard aktif. Di android saya dapat dengan mudah swipe layar kebawah untuk mendapatkan akses ini walaupun on-screen keyboard menyala atau mati.

Tombol kembali yang serbaguna juga salah satu alasan karena dapat dengan mudah membawa kita ke halaman sebelumnya yang sangat berguna, dan letaknya juga selalu sama. Pada iOS tombol back berbeda setiap aplikasi. Selain itu tombol multitasking android juga lebih mudah.

Yang terakhir, untuk yang suka menggunakan perintah suara, Google’s Assistance dipercaya lebih bagus dan lengkap dibandingkan dengan SIRI.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment