Karir

Memahami Tentang Apa Itu Content Marketing

Dunia pemasaran saat ini sudah tidak bisa lagi menerapkan strategi pemasaran konvensional yang hanya terkesan ingin “menjual” barang saja tanpa mengandung relevansi dan nilai bermutu pada promosinya. Pemaparan iklan – iklan di televisi tidak terlalu diperhatikan dan iklan berceceran di internet kadang bukan diperhatikan malah terkesan mengganggu.

Di masa kini sang pemasar harus memahami keadaan ini dan segera meninggalkan metode lama pemasaran. Bagaimana melakukan pemasaran tanpa ada kesan “menjual”. Menyajikan konten yang bernilai, serta bagaimana pemasaran dapat menbuat pembeli merasa lebih cerdas karena kita juga menyampaikan informasi yang konsisten dan bernilai.

Strategi ini dinamakan Content Marketing. Komunikasi pemasaran ini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia. Misalnya P&G yang menggunakan opera sabun sebagai media promosi secara halus. Pertunjukan ini tentunya menarik dan menghibur.

Strategi Pemasaran Era Digital

Kata kunci yang membedakan strategi pemasaran ini dengan yang lainnya yaitu bernilai, relevan, dan konsisten. Strategi ini dibuat untuk menarik dan mempertahankan minat perilaku konsumen pada suatu produk. Kata kunci ini menunjukkan bahwa tujuan konten selain menarik konsumen, juga bermanfaat dan memiliki nilai guna pada orang yang melihat atau membaca konten pemasaran tersebut.

Content Marketing erat kaitannya dengan media sosial. Metode pemasaran dengan menggunakan konsep menciptakan pengalaman berharga melalui platform media sosial tertentu. Misalnya melalui blog yang memaparkan masalah umum saat ini dan membutuhkan solusi. Di akhir artikel akan ada produk yang ditawarkan untuk menghadirkan solusi.

Kegiatan pemasaran juga bisa melalui channel youtube. Kita menyewa channel youtuber terkenal dan membuat konsep video bersama. Subscriber channel youtuber tersebut akan menanti-nanti video terbaru dari youtuber tersebut. Disnilah iklan hadir dengan gaya khas youtuber yang bersangkutan. Subscriber akan tetap terhibur dan terinspirasi plus mengetahui produk brand yang disinggung.

Strategi konten pemasaran ini memiliki nilai tolak ukur yang jelas. Sebagaimana tujuannya agar konsumen tertarik dengan brand produk terkait. Sangat membantu umtuk mencapai tujuan utama pemasaran pada umumnya. Traffic data dapat dimonitor dengan jelas karena sarana sosial media dapat menyajikan data mengenai tingkat ketertarikan konsumen akan produk kita.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Era komunikasi yang membuka luas konten-koten keratif saat ini bisa menjadi sarana jitu untuk memasarkan suatu produk. Efektifnya konten pemasaran ini bisa menjangkau sasaran yang lebih luas. Ketika kita melakukan posting promosi pada sosial media, maka konten tersebut akan tersebar secara massive menjangkau berbagai kalangan.

Suatu konten yang konsisten ini juga mengusung nilai-nilai bermanfaat nagi konsumen yang membaca atau menonton konten. Bermanfaatnya program konten suatu brand dapat meningkatkan kredibilitas produk di mata konsumen. Cita brand ini akan semakin akrab dikenal oleh berbagai kalangan.

Pemasaran dengan melalui sistem digital di internet dapat memungkinkan anda mengetahui langsung respon konsumen atas produk anda. Feedback dapat dengan jelas langsung diberikan oleh netiizen. Hal ini dapat membuat kita semakin cepat untuk belajar dan mengambil keputusan tepat untuk membuat konten lebih baik dari sebelumnya.

Tanpa konten yang baik, tentulah mustahil untuk mencapai tujuan utama pemasaran. Konten yang berkualitas adalah bagian dari sistem pemasaran. Konten artikel pada suatu produk lebih banyak diminati dan disetujui dalam petimbangan sponsor suatu perusahaan. Representasi konten menjadikan kesan menarik untuk produk yang sedang diusung.

Demikkianlah informasi mengenai content marketing yang menjadi strategi pemasaran di era digital saat ini. Menarik konsumen dengan konten yang bermanfaat, seperti menghibur, memberi solusi, dan memberi inspirasi. Strategi pemasaran masa kini dan masa depan.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment