Blogging

Apa itu CPC? Paduan Awal Perjalanan Google Adsense

Salah satu platform yang telah menjadi tempat untuk melakukan berbagai hal adalah Internet. Saat ini perkembangan internet sangatlah pesat hingga membuatnya menjadi ruangan bagi manusia untuk melakukan berbagai banyak hal. Yang awalnya sebagai tempat berkomunikasi dan mencari informasi, sekarang bahkan anda dapat melakukan berbagai kegiatan jual beli dan kegiatan lain yang menghasilkan uang.

Salah satu lahan di internet yang dapat anda sambangi untuk mendapatkan pendapatan adalah ranah google adsense. Belum pernah mendengar Google adsense? Google adsense adalah sistem periklanan yang dikoordinasikan langsung dengan google. Google adsense memiliki mekanisme pemasangan iklan tertentu yang diatur oleh Google.

Pemilik situs atau pemilik blog terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke Google adsense. Menyatakan kesediaan untuk menjadi platform dipasangnya iklan adsense google. Setelah itu, google yang akan menentukan materi iklan apa yang akan di tampilkan pada laman tersebut. Hal tersebut biasanya ditentukan oleh konten dengan niche (keyword) tertentu yang ada di dalam situs atau blog.

Melalui pemasangan iklan ini, anda akan mendapatkan pendapatan. Besar kecilnya pendapatan yang anda dapatkan bergantung dari CPC yang di peroleh dari pemasangan iklan. Apa itu CPC? CPC adalah singkatan dari Cost Per Click. CPC merupakan sebuah sistem yang menilai besar kecilnya pendapat iklan anda melalui banyak klik yang didapat untuk iklan tersebut.

Tentu saja setiap pemilik blog dan situs yang sudah terdaftar sebagai salah satu platform google adsense ingin memiliki CPC. Berikut adalah beberapa tips dan saran bagi mereka yang ingin memulai perjalanan Google adsens anda

Tips and Trick Peningkatan CPC

1. Memilih Niche Tepat dengan Kemungkinan Klik Tinggi

Niche atau keyword adalah hal yang sangat penting dalam situs atau blog anda. Hal ini karena niche merupakan salah satu hal yang digunakan untuk menarik para pengunjung berkunjung ke laman anda. Karena itu anda harus memilih niche yang tepat bagi situs dan blog anda. Sesuaikan niche dengan yang banyak di cari di internet.

Dengan menggunakan niche yang memiliki pencarian tinggi, maka anda juga akan mendapatkan peluang lebih banyak. Peluang tersebut ada karena semakin banyak mengunjungi laman anda semakin banyak pula kesempatan iklan google adsense anda mendapatkan klik.

2. Blokir Iklan yang Tidak Relevan

Dalam sebuah situs atau blog akan lebih baik jika anda menampilkan iklan-iklan yang hanya relevan terhadap niche atau konten situs saja. Hal ini tentu saja untuk meningkatkan CPC. Bagi anda yang lupa untuk apa itu CPC, CPC adalah sistem penghitungan biaya berdasarkan jumlah klik pengunjung dalam sebuah situs atau blog. Tentu saja bila banyak iklan tidak relevan, iklan tersebut tidak akan mendapatkan klik karena tidak sesuai dengan minat masyarakat.

Selain itu, iklan-iklan yang tidak relevan akan membuat perhatian pengunjung terpisah-pisah. Sehingga pengunjung malah tidak fokus pada iklan yang relevan pada konten dan minat mereka. Hal ini tentu saja menurunkan kemungkinan jumlah CPC yang ada.

3. Letakan Iklan di Tempat Strategis

Iklan tentu saja harus dapat dilihat oleh pengunjung dan letaknya harus dapat dengan mudah mendapat akses dari pengunjung. Cara yang harus dilakukan adalah dengan menempatkan iklan-iklan ini di tempat-tempat strategis yang gampang di lihat oleh pengunjung. Hal ini bertujuan untuk menarik atensi dan langsung mengarahkan para pengunjung untuk mengklik iklan tersebut.

Nah dengan ketiga cara di atas, apa itu CPC dan bagaimana cara meningkatkan CPC sudah di jelaskan bukan? Segera atur Google adsense di situs anda sendiri.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment