Komputer

Apa itu ISO image ? Mount ISO di Windows 10 Tanpa Aplikasi

Mount ISO di Windows 10 Tanpa Aplikasi. Rata-rata software aplikasi berukuran besar saat ini bisa didapatkan dengan mudah dari internet dalam bentuk file ISO. Sebuah file ISO (sering disebut ISO image), adalah file arsip yang berisi salinan identik (atau gambar) data yang biasanya terdapat pada disk optik, seperti CD atau DVD. File ISO sering digunakan untuk mencadangkan optik disc, atau untuk mendistribusikan file besar yang dimaksudkan untuk dibakar ke dalam disk optik (CD atau DVD).

Apa itu ISO image?

Nama ISO diambil dari nama sistem file yang digunakan oleh media optik, yang sebenarnya disebut ISO 9660. Anda dapat menganggap ISO image sebagai salinan lengkap dari segala sesuatu yang disimpan pada disk optik seperti CD, DVD, atau Blu-ray Disc termasuk sistem file itu sendiri. ISO adalah salinan dari sektor disk, dan tidak menggunakan kompresi apapun. Ide di balik ISO images adalah Anda bisa mengarsipkan salinan digital dari sebuah Disc, dan kemudian menggunakan ISO image itu untuk dibakar(burn) kedalam disk baru yang menjadikan salinan yang sama persis dengan aslinya. Kebanyakan sistem operasi (dan banyak utilitas) juga memungkinkan Anda untuk me-mount ISO image sebagai disk virtual, dalam hal ini semua aplikasi Anda memperlakukan seolah-olah sebagai disk optik nyata. Jadi anda tidak harus burn ISO kedalam CD atau DVD terlebih dahulu.

Sementara banyak orang menggunakan ISO images untuk membuat backup dari disk optik mereka, ISO image hari ini digunakan terutama untuk mendistribusikan program besar dan sistem operasi, karena memungkinkan semua file yang akan terkandung dalam satu file yang mudah didownload. Orang kemudian dapat memutuskan apakah mereka ingin me-mount image itu sebagai virtual disk atau menggunakannya untuk membakar disk optik.

Mount ISO Image sebagai virtual disk

Mount ISO Image

Ada beberapa cara me-mount ISO image tanpa harus membakar pada CD atau DVD terlebih dahulu.

  1. Menggunakan aplikasi Daemon Tools. untuk windows 7 kebawah sistem operasi belum support untuk mount ISO image. Jadi anda bisa menggunakan aplikasi utilitas.
  2. Mount langsung melalui windows 8 dan windows 10. Caranya klik kanan file ISO -> Mount

Baca Juga : Download Daemon Tool Pro

Leave a Comment