Blogging

Apa itu WordPress ?

Apa itu wordpress ? Apa perbedaan blogger dan wordpress ? Apa kelebihan wordpress ? Apa kekurangan wordpress ? Apa perbedaan wordpress.org dan wordpress.com ? Kenapa banyak website besat menggunakan wordpress ?

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan saya sendiri saat belum mengenal wordpress, dulu sama sekali tidak ada pikiran menggunakan wordpress sama sekali, namun demikian setelah beberapa lama menggunakan blogger saya merasa wordpress self hosting lebih bagus. Sebelum masuk kebih jauh alangkan baiknya saya jelaskan dimulai dari pertanyaan awal. Apa itu wordpress ?

WordPress adalah suatu platform untuk membuat sebuah blog/website. Sama halnya seperti blogspot, blogdetik, website123 dan tumblr (baca disini). Kemudian pertanyaan kedua apa perbedaan blogspot dan wordpress ? Perbedaanya kalau blogspot dimiliki oleh perusahaan Google sedangkan WordPress dimiliki oleh perusahaan Automattic.

Memang ada berbagai platform untuk pembuatan blog, namun tercatat pada pertengahan tahun 2016 pengguna wordpress mencapai 25,7% diseluruh dunia. Kepopuleran wordpress perangkat lunak open source CMS ini didukung oleh PHP dan database MySQL.

WordPress didirikan oleh Matt Mullenweg & Mike Little pada tahun 2003. Sampai sekarang wordpress semakin populer dan berkembang. Kebanyakan orang termasuk saya menyukai wordpress karena wordpress memiliki lebih banyak fitur dan plugin yang sangat banyak. Memang pada blogger kita juga dapat mengganti themplate dan menambahkan widget, namun di wordpress lebih lengkap lagi dan lebih mudah tanpa kita harus mengutak-atik/coding bagian HTML seperti halnya blogger. Pada wordpress apabila kita membutuhkan fitur tertentu kita dapat memasang dengan plugin lengkap yang sudah disediakan. Selain itu wordpress juga memiliki tampilan lebih premium dibandingkan blogspot.

WordPress.Com vs WordPress.Org

WordPress juga terdiri dari dua versi yaitu wordpress.com dan wordpress.org

Masuk ke pertanyaan selanjutnya perbedaan wordpress.com dan wordpress.org. Pertama adalah wordpress.com, platform gratis yang ditawarkan Automattic yang ditandai dengan akhiran domain.wordpress.com yang dihost dalam server wordpress seperti halnya blogspot.com di server Google. Jadi dengan wordpress.com siapa saja dapat membuat sebuah website/blog gratis.

wordpress.com cocok digunakan untuk pemula yang ingin mendalami wordpress dan cocok juga untuk blog pribadi/personal. Akan tetapi penggunaan theme dan plugin pada wordpress.com sangat dibatasi tidak seperti wordpress.org dan jika anda tidak bisa menggunakan wordpress untuk menghasilkan uang dengan adsense dan apabila anda ingin memiliki website profesional, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan wordpress.org

WordPress.org juga disebut Self-Hosted WordPress Platform. WordPress.org adalah pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin menghasilkan uang dari website, membangun sebuah bisnis atau bagi seseorang yang ingin mendapatkan kontrol penuh dengan websitenya.

Namun untuk mendapatkan wordpress.org anda harus menyewa sebuah hosting terlebih dahulu. Anda juga harus memiliki Top Level Domain sendiri. Jadi anda harus siap membayar biaya tertentu setiap tahunya.

Saat ini pasti anda merasa banyak sekali website yang menggunakan wordpress.org dengan self-hosting, dan anda pasti dapat melihat kalau website yang menggunakan wordpress org tersebut tampak lebih profesional dibandingkan dengan yang gratisan.

Dari segi SEO wordpress bagus tergantung dengan pengaturanya. Bagi search engine Google mungkin blogspot akan lebih didahulukan didalam SERP/hasil pencarian pertama Google dibandingkan platform lain karena blogspot bisa dibilang platform kesayangan Google karena memang blogspot dibuat oleh Google. Namun di dunia internet ada banyak sekali search engine seperti yandex, yahoo, bing dan lain-lain sehingga penggunaan wordpress.org juga dapat digunakan untuk meningkatkan SERP di search engine lain sehingga akan meningkatkan pageview kita.

Kesimpulan :

Pilihan untuk menggunakan wordpress atau tidak menggunakan wordpress ada ditangan anda. Pikirkan matang-matang terkait dengan biaya dan tujuan utama anda dalam dunia blogging. Apabila anda adalah seseorang yang serius dalam dunia blogging dan memiliki rejeki yang cukup maka wordpress.org adalah pilihan yang sangat tepat. Namun apabila tujuan anda blogging adalah hanya untuk iseng/belajar atau dana yang terbatas maka wordpress.com adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga : Downlaod Theme Premium WordPress

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

2 Comments

Leave a Comment