Otomotif

Bagaimana Cara Jumper Aki Mobil Dengan Mudah dan Aman

Jika Aki Anda telah mati / Soak, Anda dapat menggunakan kabel jumper untuk menjumper aki dari kendaraan lain ke mobil anda. Anda harus menggunakan kabel jumper yang aman untuk jumper starter mobil karena arus yang diperlukan untuk starter mobil cukup besar. Pakailah kabel dengan tembaga yang besar dan jangan menggunakan kabel yang sudah rusak karena dapat berbahaya apabila kutup positif bersentuhan dengan ground pada body mobil secara terus menerus.

Cara Jumper Aki Mobil Dengan Mudah dan Aman

1. Siapkan kabel Jumper

Sebaiknya anda harus memiliki sepasang kabel jumper dan menyimpan di bagasi anda untuk jaga-jaga kalau aki tekor ditengah jalan. Anda harus mencari orang yang mau berbaikhati meminjamkan mobilnya untuk membantu anda jumper dari akinya. Tentu anda harus memiliki sepasang kabel jumper. Usahakan menggunakan kabel jumper dengan klip ujung tembaga untuk mencengkram kutup aki dengan kuat.

2. Tempatkan kedua kendaraan ditempat yang aman

Bisa ditempat parkir atau untuk keadaan darurat bisa dipinggir jalan yang lenggang. Jangan ditengah jalan, pinggirkan mobil. dan pastikan kedua mobil dalam keadaan mati.

3. Pasang kabel pada terminal potifif aki

Pastikan untuk terminal positif aki anda menggunakan kabel yang lebih besar dibandingkan terminal negatifnya apabila ukuran kabel berbeda.

4.  Sambung kabel terminal positif ke terminal positif mobil yang mau dijumper

5. Sambung kabel terminal negatif ke terminal negatif mobil yang mau dijumper, atau bisa ke bodi mobil yang tidak tertutup cat asalkan ikatan cukup kuat.

Cara jumper starter aki mobil

6. Coba untuk menstarter mobil anda.

Apabila cara tersebut tidak berhasil coba minta mobil yang digunakan untuk menolong dihidupkan selama beberapa menit kemudian starter mobil yang mogok. Pastikan kabel yang anda gunakan tidak terlalu kecil dan sudah terhubung dengan benar.

Apabila cara diatas sudah berhasil gunakan mobil selama 15 menit atau sebaiknya langsung bawa mobil anda ke bengkel atau langsung pulang kerumah daripada nanti dijalan tidak bisa starter lagi setelah mesin dimatikan.

Ada baiknya anda memeriksa kesehatan aki anda menggunakan multimeter secara berkala.

Baca : Cara cek kesehatan alternator mobil

 

Leave a Comment