Gitar

Bagian-Bagian dari sebuah Gitar Lengkap

Gitar adalah alat musik petik yang terdiri dari sebuah body, senar, aksesoris pendukung (logam dan plastik), dan elektronik. Semua bekerja sama untuk menciptakan sebuah mesin musik. Ada berbagai macam jenis gitar yang berbeda, tetapi ada tiga bagian mendasar yaitu headstock, leher, dan body. Dalam artikel ini, kita akan membahas dan menjelaskan ketiga bagian penting tersebut dan komponen pendukungnya.

bagian bagian dari sebuah gitar lengkap

Sumber sweetwater

Bagian-Bagian dari sebuah Gitar

Headstock

Headstock (A)
Headstock duduk di bagian atas leher (berlawanan dengan tubuh) di mana mesin Tala dan mur dipasang.

Tuning machine/tuning Posts (B)
Pada gitar standar, ada mesin tuning yang mencakup tuning Posts untuk menahan setiap string di tempat dan pasak tuning yang berbelok untuk menyesuaikan tuning tinggi rendah nada.

Nut (C)
Nut adalah sepotong lekukan plastik atau tulang dipasang di headstock memenuhi fretboard gitar. Nut memiliki takik di mana senar duduk. Takik ini menjaga senar sejajar pada fretboard dan memainkan peran tinggi rendah string. Nut memiliki kontribusi penting untuk nada karena itu adalah titik akhir (di sisi leher) dari senar.

Neck

Leher gitar berbentuk panjang, sepotong kayu tipis antara headstock dan body di mana Anda akan menemukan fretboard, frets, dan truss rod. Necks biasanya melekat pada body dengan baut, lem, atau kadang keduanya.

Fretboard (D)
Fretboard melekat pada bagian atas neck dan biasanya terbuat dari ToneWoods seperti Rosewood, maple, atau Ebony untuk mencegah penyok atau warping. Fretboard adalah sepotong kayu terpisah dari leher dan mungkin sama atau jenis kayu yang berbeda, seperti fretboard Maple pada leher Maple, atau fretboard Rosewood pada leher mahoni.

Frets (E)
Frets adalah strip logam berjalan melintasi fretboard. Ketika sebuah string ditekan di belakang fret, itu akan mengubah panjang string itu dan menghasilkan catatan yang berbeda. Kebanyakan fretboards juga memiliki tanda-tanda fret (baik titik atau blok atau burung) yang menunjuk lokasi fret 3, 5, 7, dan 12 (dan terkadang lebih) untuk referensi mudah.

Body

Body gitar memainkan peran besar dalam karakteristik tonal instrumen Anda. Mari kita lihat bagian tubuh gitar dan kemudian menyoroti beberapa kesamaan dan perbedaan antara akustik dan tubuh gitar listrik.

Cutaway (F)

Cutaway memungkinkan pemain untuk lebih mudah mencapai posisi fret tertinggi di leher.

Upper bout (G)

Upper bout adalah bagian dari tubuh gitar yang terdekat leher.

Lower bout (H)

Lower bout adalah bagian terbesar dari gitar yang terdekat dengan pemutusan string di bridge.

Pickguard (I)

Anda dapat menganggap pickguard sebagai pelindung untuk gitar Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah goresan dari kuku tangan atau pick gitar. Pickguards memiliki berbagai warna yang berbeda dan mudah untuk menggantinya terutama pada gitar listrik.

Pickups (J)

Pada gitar akustik pickup dapat berada di beberapa tempat. Pada gambar gitar diatas, pickup terletak di bawah bridge. Biasanya, gitar listrik memiliki satu, dua, atau tiga pickup, dan penempatan pickup berpengaruh besar dalam suara gitar yang dihasilkan. Pickups diletakkan lebih dekat ke bridge akan terdengar cerah dan chimy; Sedangkan, pickup ditempatkan lebih dekat ke leher akan terdengar lebih hangat dan bassier.

Pickup Selector Switch (K)

Jika gitar Anda memiliki beberapa pickup, saklar pemilih pickup memungkinkan Anda untuk mengubah kombinasi pickup tunggal atau beberapa dan memberikan Anda lebih leluasa untuk mengakses berbagai nada.

Volume dan Tone Knobs/potensiometer (L)

Potensiometer, sering disebut sebagai pot, mengontrol volume dan nada gitar Anda. Kenop nada memungkinkan Anda menyesuaikan jumlah frekuensi tinggi, atau kecerahan, gitar Anda, sementara kenop volume menyesuaikan keseluruhan output gitar Anda.

Jack Output (M)

Untuk mendapatkan suara keluar dari gitar, Hubungkan salah satu ujung 1/4 ” kabel gitar (TS) ke Jack output dan ujung lainnya ke amplifier Anda, efek, pedal atau pedalboard atau mixer.

Strap Button (N)

Strap button memungkinkan Anda untuk mengaitkan tali ke gitar Anda dan biasanya terletak di bagian bawah body dan bagian atas ujung body. Bagian ini dapat dimodifikasi tempatnya disesuaikan dengan kenyamanan anda. Namun pastikan Strap Button dan tali gitar sudah terikat dengan kencang supaya gitar tidak terjatuh saat digunakan.

Berikutnya Mari kita fokus pada perbedaan antara gitar akustik dan elektrik.

Electric Bridge (O)

Electric Bridge adalah titik penghentian lainnya untuk string. Hal ini sangat penting, karena penempatan mendefinisikan feel, nada, dan intonasi gitar. String berjalan baik melalui tailpiece (P) ke saddle, atau melalui body. Seiring dengan saddle, bridge juga membantu untuk dial dalam aksi dan intonasi. bridge gitar elektrik dapat memiliki fitur tambahan, seperti Bar whammy yang memungkinkan Anda untuk menaikkan atau menurunkan pitch.

Acoustic Bridge (O)

Acoustic Bridge memegang saddle dan mengamankan senar di tempat menggunakan pin bridge. Saddle biasanya terbuat dari tulang, plastik, atau beberapa jenis bahan grafit. String berada di atas saddle dan diadakan di tempat oleh pin bridge. Ketika sebuah string dipetik, getaran ditransfer melalui saddle, ke bridge, dan ke atas (Soundboard) dari gitar.

Soundhole (Q)

Lubang di bagian atas gitar akustik disebut soundhole. Tubuh berongga gitar akustik memungkinkan frekuensi bass yang dihasilkan dari senar beresonansi diperkuat dan kemudian melalui soundhole, meningkatkan frekuensi mid dan high. Beberapa soundholes mungkin berbentuk berbeda (seperti lubang ƒ).

Strings

String gitar biasanya terdiri dari inti tipis dengan kawat yang dibungkus di sekelilingnya (untuk senar bass) atau hanya inti dengan sendirinya (untuk senar yang lebih tinggi). Semakin tebal senar atau inti, semakin rendah titik nada. Anda dapat menemukan string yang roundwound dan flatwound dan terbuat dari berbagai logam, termasuk baja, nikel, dan/atau perunggu-masing-masing dengan suara dan karakteristik sendiri.

Semoga Bagian-Bagian dari sebuah Gitar Lengkap diatas dapat membantu anda untuk mempelajari gitar. Sebelum anda bisa memainkan gitar mungkin anda juga wajib mengetahui nama komponen gitar diatas agar apabila ada baguan yang harus diganti anda tau apa namanya. Selain itu anda juga dapat mengupgrade bagian-bagian gitar diatas untuk menghasilkan suara yang lebih bagus atau tampilan yang keren.

Leave a Comment