Gitar

Belajar Gitar

Belajar Gitar. Sulit kah bagi para pemula untuk dapat mahir bermain gitar ? Tentu saja tidak. Ada usaha ada jalan pula. Apabila kita belajar setiap hari dalam seminggu saja pasti sudah bisa bermain sebuah lagu mengguakan gitar. Tentu saja untuk menjadi mahir tidak dapat hanya bermain sebuah atau beberapa lagu saja tanpa tekhnik lain. Memang untuk bermain gitar susah-susah gampang. Pertama anda harus menguasai kunci atau chord dasar mayor dan minor, kemudian belajar chord tegak. Beberapa orang akan merasa cukup dengan dapat menguasai semua chord-chord gitar. Namun untuk menjadi seorang gitaris yang mahir tentu saja tidak dapat hanya dengan demikian.

belajar gitar melodi akustik cepat otodidak

Pengalaman Saya Bermain Gitar

Bagaimana Pengalaman Pertama anda Bermain Gitar ?

Saya akan bercerita sedikit pengalaman saya hingga dapat bermain gitar. Saya memang bukan seorang yang mahir dalam bermain gitar. Dulu saat SMP saya sama sekali tidak kepikiran untuk bisa bermain gitar. Bahkan saat saya lihat teman saya yang menurut saya sudah jago bermain gitar. Saya sama sekali tidak tertarik untuk dapat bermain gitar. Padahal cara bermainya pun menarik menurut saya, dia bisa memainkan banyak lagu dan sedikit melodi. Itu saat SMP kelas 2. Memang belajar sesuatu membutuhkan usaha dan motivasi yang tinggi. Hingga kenaikan kelas, Ayah saya membelikan sebuah gitar akustik dari Gramedia, karena dirumah saya tidak memiliki kegiatan dan waktu itu sedang liburan kenaikan kelas, sejak saat itulah saya mulai suka belajar gitar, saya mulai mengisi liburan dengan bermain gitar. Awalnya saya mempelajari chord mayor minor biasa, kira-kira selama seminggu saya sudah hafal chord-chord dasar. Sampai jari-jari rasanya perih sampai kulit ujung jari mengelupas, tapi gak papa, katanya itulah yang menjadikan seseorang mahir bermain gitar. Setelah dapat bermain beberapa lagu saya berasa belum puas. Dan mulai belajar teknik gitar lain dari internet.

Apa jenis gitar yang anda mainkan ?

Setelah belajar dari internet, keinginan saya adalah dapat bermain melody atau lead guitar. Kunci dari bermain melody adalah pendengaran yang peka terhadap nada-nada yang ingin kita mainkan, kemudian kita juga harus berlatih fingering agar jari-jari kita terbiasa bergerak luwes dan tidak kaku saat menekan senar gitar, lalu saat bermain melody pun harus memetik gitar dari atas kebawah. Kebanyakan para pemula memetik gitar saat bermain melody hanya keatas dan kebawah saja. Dan itu adalah salah ! Kita harus dapat memetik masing-masing senar naik turun secara bergantian.
Bagaimana Agar dapat Bermain melody / Lead gitar ?

Saya belajar gitar hanyalah secara otodikdak jadi memang tidak tau bagaimana untuk menjadi mahir yang sebenarnya. Sampai saya menemukan software belajar gitar dari internet yaitu Guitar Pro 5. Saya belajar banyak melody dari software Guitar Pro tersebut hingga orang yang melihat saya bermain akan berfikir saya sudah jago banget. Padahal tidak. Dengan Software tersebut saya hanya dapat memainkan melody dari sebuah lagu yang saya pelajari saja. Namun tidak akan punya kepekaan untuk mengeksplor sendiri melody yang tidak terdapat pada Guitar Pro tersebut. Ternyata menjadi seorang gitaris pro harus memiliki feel yang baik dan dapat mencari chord maupun melody sendiri tanpa bantuan software. Tapi berkat Software Guitar Pro 5 kelas 3 SMP teman saya mulai ngajak ngeband bareng. Hingga band saya mengisi perpisahan kelulusan SMP kami. Saya lulus dengan nilai yang cukup memuaskan dan seneng banget rasanya setelah ayah saya membelikan gitar listrik bermerk Fender Squire Strat seharga 1,3 juta, dan sebuah efek distorsi stompbox seharga 700rb. Sejak saat itu saya lebih giat bermain gitar. Band saya tetap solid sampai SMA, karena kebetulan kita juga semua masuk SMA yang sama, kalau ada pensi-pensi kita sering ikut. Bahkan beberapa kali mewakili SMA untuk lomba festival band. Nah Festival itulah yang menjadi pengalaman nge-band saya yang tak terlupakan. Saya bertemu dengan sebuah band yang menurut saya bagis banget. Cara main gitarnya menggunakan teknik tapping sampai gitarnya diankat-angkat diatas kepala pula.sampai vokalis, gitaris dan bassisnya loncat turun panggung.Gila..arasemen lagunya pun keren banget. Saya baru tau begitulah Festival band. Sedangkan band saya yang masih amatir membawakan sebuah lagu arasemen berdurasi 6 menit tanpa gaya yang aneh-aneh.

Saya terus belajar gitar selama SMA dan rutin nge-band bareng teman-teman seminggu sekali. Dan setelah lulus SMA saya mulai berhenti belajar gitar, tidak ada motivasi lagi. Mulai focus kuliah dan teman-teman band saya pun udah pada kerja, jadi jarang ngeband bareng lagi.

Sekian pengalaman saya dalam belajar gitar, dari awalnya mulai suka dengan gitar sampai saya bosan dengan gitar. Saya memiliki Sebuah gitar akustik dan Sebuah gitar listrik yang sekarang sudah jarang saya mainkan. Jika anda berminat bermain gitar menggunakan Guitar Pro anda dapat download link dibawah

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment