Venomku

Belajar Teknik Mengetik 10 Jari Cepat Tepat dan Akurat

Bukan hanya keren. Mengetik menggunakan 10 jari juga berguna bagi dunia pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Tidak butuh kepintaran namun keterampilan dan kebiasaan. Bisa karena terbiasa begitulah kadang orang menyebutnya. Untuk dapat mengetik dengan 10  jari trntunya kita harus mengetahui tekniknya terlebih dahulu baru kita dapat menerapkanya untuk belajar agar terbiasa mengetik menggunakan 10 jari. Mengetik memang merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Dimulai mengetik sms, chatting, mengoperasikan komputer, mengerjakan tugas sampai menyelesaikan pekerjaan. Aktivitas didunia maya juga akan lebih nyaman ketika kita berkomunikasi selayaknya bicara langsung karena jari anda sudah refleks mengatakan apa yang ingin anda katakan.

Pertama kali anda mempraktekan cara ini pasti yang anda rasakan adalah geram dan tidak sabar karena mungkin anda terbiasa mengetik menggunakan 2 jari saja. Sangat tidak nyaman namun untuk dapat maju juga dibutuhkan perjuangan. Kita harus terbiasa menggunakan teknik mengetik menggunakan 10 jari agar bisa terbiasa. Kita juga harus paham tugas dari masing-masing jari, kita juga harus paham tataletak huruf pada keyboard terutama tonjolan yang dapat kita rasakan pada huruf F dan J, kedua tonjolan pada tombol ini adalah kunci utama untuk dapat mengetik tanpa melihat keyboard.

Trik Belajar Teknik Mengetik 10 Jari


  • Perhatikan ketika anda pertama kali ingin mengetik menggunakan 10 jari anda, yang perlu anda lakukan pertama kali adlaah meletakkan jari telunjuk kanan dan kiri diatas huruf F dan J karena kedua tombol ini adalah kincinya. Kedua tombol ini merupakan acuan ketika anda meletakkan tangan anda ke keyboard sehingga anda dapat dengan mudah juga menghafalkan lokasi huruf yang lain lebih akurat tanpa melihat keyboard.
  • Ketahui posisi dan fungsi setiap jari pada huruf keyboard. Masing-masing jari memiliki tugasnya masing-masing. Inilah kunci mengetik dengan 10 jari.
  • Perhatikan juga posisi duduk saat mengetik usahakan tegak dan pandangan lurus ke layar bukan ke keyboard.


Sepertinya tanpa dijelaskan pun anda sudah paham dengan gambar diatas. Jadi kuncinya adalah masing-masing jari memiliki tugasnya masiing-masing. Maka coba biasakan mengetik dengan memperhatikan tugas masing-masing jari ini. Saya akui awal meletakkan 10 jari diatas keyboard seperti diatas rasanya seperti ingin lari namun tidak bisa karena kaki sedang sakit, sangat geram dan gregetan. Namun seiring anda terbiasa melakikanya pasti lama kelamaan anda menjadi terbiasa hingga akhirnya lancar mengetik menggunakan 10 jari.

Aplikasi Pintar Belajar Mengetik 10 Jari


Bagi seorang penulis mungkin dapat mempraktekkan teknik ini saat menulis artikel atau tugas, namun kita tetap membutuhkan waktu lebih untuk pertama kali mengetik menggunakan 10 jari. Namun kalau anda tidak punya bahan yang ingin ditulis kita dapat menggunakan aplikasi belajar mengetik 10 jari. Freeware aplikasi belajar mengetik menggunakan 10 jari ini sangat bermanfaat untuk menghafalkan letak huruf keyboard sehingga kita tau letaknya dari acuan utama yaitu jari telunjuk. Aplikasi ini juga akan membuat kita terbiasa mengetik tanpa harus melihat keyboard. Dalam aplikasi ini juga terdapat tantangan untuk mengetikkan variasi huruf dengan cepat. Anda dapat mengunduh aplikasinya disini

Bagaimanapun untuk dapat mengetik menggunakan 10 jari intinya adalah kemauan yang tinggi, jam terbang dan kebiasaan. 

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment