Blogging

Belajar WordPress Dengan Hosting Gratis

Belajar WordPress org Self Hosted Dengan Hosting Gratis. Pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan mana yang lebih WordPress atau Blogger(Blogspot). Pada postingan ini ditujukan bagi pemula yang ingin masuk kedalam dunia wordpress profesional dengan dana yang terbatas. Karena menyewa sebuah hosting dan domain pastinya membutuhkan dana tang tidak sedikit, anda juga harus siap mengeluarkan dana tertentu setiap tahun untuk menyewa hosting. Saya sebelumnya sudah menjelaskan tentang wordpress dan perbedaan wordpress.org vs wordpress.com. WordPress.com adalah versi gratis dimana menggunakan hosting yang diberikan oleh platformnya Automattic, wordpress.com kemampuan juga sangat terbatas sehingga anda tidak akan leluasa menggunakanya. Terlebih lagi untuk membangun sebuah website professional anda tidak akan bisa menggunakan wordpress.com. Sedangkan WordPress.org juga disebut self hosted adalah pilihan yang tepat bagi yang serius dalam dunia blogging.

Apa itu Hosting ? Gampangnya, hosting merupakan sebuah lahan yang akan kita gunakan untuk mendirikan bangunan diatasnya. WordPress adalah rumah yang berdiri diatas lahan hosting tersebut, sedangkan domain adalah alamat rumah anda. Kemudian dalam paket pembelian hosting ada juga SSL (Secure Socket Layer), gampangnya merupakan pagar yang melindungi rumah kita dari pencuri. Loh kok sampai pencuri ? Pada postingan kali ini tidak akan membahas semua itu, melainkan hanya Hosting Gratis.

Seperti yang telah diketahui menyewa hosting harus bayar dan bayarnya juga tergantung pada disk space dan bandwidth yang disegiakan, mulai 50 ribu sampai diatas 500 ribu.

  • Bagi anda yang ingin belajar menggunakan wordpress anda dapat menggunakan Hosting Gratis dari IdHostinger 
Belajar WordPress Dengan Hosting Gratis

Yap Benar-benar gratis SELAMANYA. Anda akan mendapatkan DiskSpace 2 GB (cukup untuk menampung 2000 posting yang masing-masing posting berisi 1 MB), 100 GB Bandwidth ( cukup menampung 3333 pageview per harinya dengan besar posting 1 MB) dan fasilitas lain bida di cek sendiri. Hanya perlu 30 detik untuk mendaftar hosting gratis buktikan sendiri : IdHostinger

Kekurangan hosting gratis adalah respon dari servernya yang lebih sering down jadi akan sangat mempengaruhi lalu lintas website kita. Jadi untuk website yang sudah besar dan memiliki lebih dari 500 uv lebih baik menggunakan versi berbayarnya.

Saya Juga Sedang Belajar WordPress Dengan Hosting Gratis

Memang ada beberapa penyedia hosting gratis baik luar maupun dalam negeri. Saya juga sudah mencoba beberapa hosting gratis tersebut namun hosting gratisan lainya yang saya dapatkan adalah server yang sangat sering down sehingga website tidak bisa diakses selama beberapa saat. Dan ini sangat mengganggu. Namun di idhostinger menurut saya lebih baik dibandingkan yang pernah saya coba sebelumnya.

Karena sebelumnya saya sudah memiliki web wordpress di hosting gratis lainya akhirnya saya bermigrasi hosting ke hosting gratis milik idhostinger. Disini saya berfikir untuk membangun sebuah website professionalpun untuk sebuah permulaan tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis, Kemudian kalau website sudah memiliki trafik yang stabil dan tinggi dan sudah menghasilkan uang sendiri anda dapat mengupgrade hosting anda atau bermigrasi ke hosting lain yang lebih murah, dan hal ini tidak akan mempengaruhi lalu lintas website anda.

Leave a Comment