web page hit counter Breadcrumbs Error Search Console Cara Mudah Memperbaiki
Blogging

Breadcrumbs Error Search Console Cara Mudah Memperbaiki

Breadcrumbs Error Search Console berikut ini saya akan share Cara Mudah Memperbaikinya. Breadcrumbs adalah sebuah navigasi yang terletak dibagian atas postingan untuk memudahkan pengunjung mengetahui dimana posisi mereka saat berada dalam blog kita. Menurut saya breadcrumb tidak terlalu penting karena sudah ada tag kategori yang berada disudut atas artikel, namun ya tujuan utama Google adalah meningkatkan pengalaman pengguna sehingga permasalahan ini terdeteksi sebagai masalah.

Bagaimana jika kita tidak segera memperbaiki permasalahan ini ? Bagaimana jika dibiarkan saja ? Karena tampilan pada blog kita tidak masalah jika tidak menggunakan breadcrumb. Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa Google ingin menambah pengalaman pengguna. Dan apabila permasalahan ini kita biarkan maka akan berpengaruh pada peringkat blog kita di search engine. Bisa-bisa peringkat artikel ketika dicari di search engine google akan menurun, sehingga jumlah pengunjung akan menurun. Oleh karena itu kita tidak boleh mengabaikan segala sesuatu peringatan yang diberikan oleh Google. Kita harus pelajari dan secepat mungkin diperbaiki.

Jika anda pengguna theme premium silahkan gunakan cara ini. Baca juga cara menambahkan sitemap ke search console

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan Email dari Google Search Console atau dulu disebut Webmaster. Email berisi tentang permasalahan breadcrumbs. Dan permasalahan ini ditandai oleh Search Console sebagai Peringatan Teratas. Peringatan ini berasal dari template blogger yang kita gunakan. Mungkin seperti yang saya alami padahal sudah lama menggunakan template tersebut namun baru kemarin pemberitahuan mengenai permasalahan breadcrumbs ini. Hal ini dikarenakan algoritma search console terus update jadi mungkin baru kali ini permasalahan ini terdeteksi. Peringatan ini yang terjadi di salah satu blogspot yang saya kelola :

data-vocabulary.org schema deprecated

data-vocabulary.org schema deprecated

Cara Mudah Memperbaiki Breadcrumbs Error Search Console

  1. Buka blogger dan login ke situs yang mengalami error
  2. Masuk menu Theme > Edit HTML
  3. Tekan CTRL+F cari kode data-vocabulary.org/Bredcrumb
  4. Ganti dengan kode schema.org/breadcrumbListBreadcrumbs Error Search Console
  5. Jika sudah klik Simpan Tema
  6. Buka email yang anda dapatkan pertama kali, klik Perbaiki masalah breadcrumb
  7. Anda akan dibawa ke halaman search console. Klilk Validasi Perbaikan
  8. Terakhir anda akan melihat validasi dimula, anda tinggal menunggu saja beberapa hari kedepan.

Biasanya permasalahan ini terjadi karena template yang anda gunakan. Memang Google akan melakukan update tak terkecuali pada struktur schema blogger sehingga kita juga harus menyesuaikan dengan update tersebut agar tidak terjadi masalah dimasa mendatang. Demikian Cara Mudah Memperbaiki Breadcrumbs Error Search Console. Semoga Bermanfaat.

Update !

Masalah Breadcrumb pada situs

Setelah melakukan validasi perbaikan maka tidak bisa langsung jadi. Lamanya validasi bervariasi. Saya sendiri mendapatkan email Masalah Breadcrumb pada situs berhasil diperbaiki setelah 2 minggu memvalidasi perbaikan.

Leave a Comment

1 Comment