Otomotif

HOT !!! Cara Ampuh Cek Kebocoran Arus Aki Mobil Motor

Cara Ampuh Cek Kebocoran Arus Aki Mobil Motor. Bagi semua kendaraan khususnya mobil, Aki merupakan hal terpenting karena berguna untuk mendukung segala kelistrikan dan menyalakan mobil dari kondisi mesin mati. Hal yang harus anda waspadai adalah ketika arus mobil anda bocor. Yang dimaksud bocor disini adalah kondisi dimana pada saat mesin mati namun sistem kelistrikan mobil masih terdapat arus berjalan terus menerus yang melebihi batas wajar pada saat mobil tidak digunakan. Hal ini dapat menyebabkan Aki akan kekurangan daya atau kurang setrum sehingga anda tidak dapat menggunakan untuk starter mesin sebelum di charge. Dalam jangka panjang dapat memperpendek usia aki.

Untuk menstarter mobil dibutuhkan arus hingga 60% dari kapasitas aki. oleh karena itu apabila ampere pada aki kurang dari 60% dari kapasitas aki tersebut maka anda tidak akan bisa menyalakan mobil dengan starter. Namun anda masih bisa mendorong mobil atau setrum aki terlebih dahulu.

Cara Cek Kebocoran Arus Mobil

Alat yang anda butuhkan untuk cek kebocoran arus mobil adalah Multitester, saya sarankan menggunakan Multitester digital agar angka dibelakang koma dapat terbaca jelas.

  1. Pertama anda wajib mematikan seluruh kelistrikan mobil seperti kontak, lampu, lampu kabin dll. Pastikan dalam keadaan OFF seperti saat tidak anda gunakan.
  2. Buka kap mesin dan lepaskan katup negatif aki yang menuju body mobil, untuk katup positif dibiarkan saja.
  3. Siapkan multitester set saklar multiterster ke 10A untuk mengecek besar arus
  4. Pastikan katub positif multitester ditancapkan pada kode 10A untuk mengecek arus jangan ke DCV
  5. Test kebocoran arus dengan cara menghubungkan kedua katub antara aki dan bodi mobil seperti gambar dibawah.

Cara ampuh cek kebocoran arus mobil

 

Dari gambar diatas menunjukkan bahwa arus mobil yang aktif ketika mobil dalam keadaan mati adalah 0,03A. Hal ini bisa dikarenakan Alarm mobil yang standby atau aksesoris lainya yang aktif. Namun 0,03A masih wajar untuk mobil. Sedangkan maksimal arus aki yang masih bisa dikatakan wajar adalah 0,05A, diatas itu artinya terdapat kebocoran arus pada mobil anda.

Lalu berapa lama aki dapat bertahan dengan arus berjalan 0,03A ? Disini saya menggunakan aki kering dengan kapasitas 35 AH. Perhitungan kebocoran arus untuk mengetahui berapa lama aki bisa bertahan sebegai berikut.

35 : 0,03 = 1.166,6 Jam : 24 = 48,6 Hari

Jadi dengan arus listrik mobil dalam keadaan mati sebesar 0,03A (normal) dengan aki yang saya gunakan 35AH maka aki tersebut akan kehabisan setrum setelah 48 Hari. Namun perlu diingat bahwa setrum yang dibutuhkan untuk starter mobil bisa sampai 60% dari kapasitasnya oleh karena itu mungkin sekitar 2 minggu mobil tidak dipanasi aki akan tekor. Dan membutuhkan setrum manual atau harus dijumper dengan aki lain. Setelah mobil menyala pastikan aki sudah terisi kembali oleh alternator.

Kesimpulanya apabila kebocoran arus diatas 0,05A maka anda harus segera membawa mobil kesayangan anda ke bengkel untuk memeriksa kelistrikanya agar anda tidak kerepotan sendiri dijalan pada saat mobil digunakan.

Leave a Comment