Otomotif

Cara Cek Pengisian Alternator Aki Mobil

Cara Cek Pengisian Alternator Aki Mobil. Aki bagi mobil adalah bagian yang sangat penting terupama untuk mendukung starter mobil. Tidak seperti pada sepeda motor yang masih ada cara lain yang mudah untuk menyalakan motor dengan engkol selain menggunakan starter. Apabila aki anda bermasalah pada mobil hal ini akan sangat menyusahkan anda. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk cek sendiri kelistrikan mobil anda apakah normal apakah tidak sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan dijalan raya.

Alternator pada mobil sering disebut dengan dinamo ampere adalah suatu komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menghasilkan listrik yang mendukung seluruh aksesoris mobil anda yang membutuhkan listrik. Komponen kelistrikan tidak akan dapat berjalan apabila hanya mengandalkan aki mobil saja karena kapasitas aki yang kecil. Sedangkan dinamo amper berfungsi selain menghasilkan listrik terus menerus secara konstant selama mesin hidup juga berfngsi mengisi aki. Sedangkan fungsi utama aki mobil adalah menstarter mobil. Bayangkan apabila menyalakan mobil tanpa aki. Bukan tidak mungkin, tapi sangat menyusahkan.

Untuk mengetahui aki dan alternator anda dalam keadaan baik anda dapat menggunakan voltmeter atau multimeter. Caranya cukup hubungkan kutup postitif voltmeter dengan kutup positif aki dan kutup negatif voltmeter dengan kutup negatif aki. Tidak perlu melepas aki. Anda bisa mencoba dengan keadaan mesin hidup dan mesin mati.

Tegangan aki mobil saat hidup

Mesin Hidup

Tegangan aki mobil saat mati

Mesin Mati

Sebagai acuan saja tegangan (voltase) aki pada saat mesin mati normal adalah 12,8 (12-13 volt). Sedangan apabila mesin menyala artinya alternator aktif adalah 14,8 (14-15volt).

Apabila dalam keadaan mesin mati tegangan aki menunjukkan angka dibawah 12 volt berarti aki anda tekor. Kekurangan tegangan dan harus dicharge. dengan tegangan dibawah 12v anda tidak bisa menggunakanya untuk menyalakan mesin mobil.

Apabila dalam keadaan mesin menyala tegangan aki menunjukkan angka dibawah 13v atau diatas 15v maka artinya alternator anda bermasalah, segera bawa mobil anda ke bengkel dinamo. Pengisian diatas 15v bisa merusak komponen yang ada didalam aki dan overcharging bisa berbahaya dan menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu dengan cara sederhana ini anda dapat mengecek sendiri pengisian alternator aki mobil. Apabila aki cepat habis dan sering tekor mungkin terdapat kebocoran arus pada mobil anda.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment