free hit counters Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog Baru
Blogging

Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog Baru

Cara Daftar Google Adsense, tips ini banyak ditemukan di Google Search. Beberapa artikel mungkin sudah menjelaskan bagaimana cara daftar adsense, namun tips dan trik seseorang dalam mendaftar adsense berbeda-beda. Kali ini saya akan memberikan Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog Baru versi Venomku.

Apa itu Google Adsense ? Google Adsense adalah jaringan periklanan terbaik yang menyediakan iklan kontekstual yang otomatis menyesuaikan dengan niche blog. Adsense banyak disukai dibandingkan Alternatif iklan lain karena Google Adsense membayar publisher dengan bayaran yang paling besar dibandingkan Alternatif lain. Apabila anda sedang memulai sebuah blog dan hendak mendaftarkan ke Google Adsense maka artikel ini sangat tepat bagi anda.

Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog Baru memang susah susah gampang. Ada orang yang tidak sengaja memenuhi kriteria dan ada orang yang memang tau kriteria sebuah blog agar diterima Adsense.

Sebenarnya dalam halaman official nya Google Adsense telah disebutkan beberapa kriteria blog baru untuk Google Adsense, misalnya blog harus berusia setidaknya 6 bulan. Namun semua itu tidak cukup, karena Google tidak akan menjelaskanya lebih detail lagi. Berikut ini adalah tips yang sudah dirangkum dari beberapa sumber dan pengalaman Admin.

Dibawah ini adalah tips dan trik Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog Baru. Di usahakan cara ini diterapkan pada blog sedini mungkin sehingga akan terindeks dari awal.

Tulis Konten Berkualitas

Konten/artikel adalah sebuah kunci untuk mendatangkan pengunjung kedalam blog anda. Kalau anda sudah memiliki akun Adsense namun blog masih sepi ya percuma, karena gajian pasti akan sangat lama. Untuk mendatangkan pengunjung kita harus memiliki konten yang menarik yang dibutuhkan pengunjung.

Google juga mengatakan bahwa sebuah blog yang menampilkan iklan Adsense harus memiliki manfaat bagi pembaca.

Dalam menulis konten anda harus memahami konsep SEO Onpage dan Offpage. Anda juga harus memiliki konten yang unik, Google bisa mengetahui apakah kata-kata yang anda tuliskan hasil copy paste atau ketikan anda sendiri. Untuk mendapatkan topik pembahasan suatu konten setidaknya dibutuhkan 500-600 kata dan pastikan semuanya Unique 100%, anda bisa menggunakan tools dari Duplichecker.com

Optimalkan Meta Tag

Selain memudahkan pengunjung membaca post anda, Meta Tag dan Description Tag akan memudahkan Search Engine menentukan isi blog anda. Bukan hal yang tidak mungkin, Google Adsense akan membaca semua halaman single post blog anda untuk menentukan apakah permintaan Adsense diterima atau ditolak. Google Bot akan membaca segala sesuatu dalam blog anda.Oleh karena itu pastikan setiap postingan anda memiliki kalimat yang mudah dibaca dan yang pasti memiliki Meta Tag dan Desctiption Tag.

Apabila anda pengguna Blogger, maka perlu diingat kalau judul/Meta Title tidak boleh lebih dari 69 huruf (termasuk spasi), dan Meta Description tidak boleh lebih dari 156 huruf (termasuk spasi). Apabila anda pengguna WordPress anda bisa memanfaatkan YOAST SEO untuk memaksimalkan penulisan dan memperingatkan Meta Tag yang belum disisi.

Memiliki Cukup Konten

Mungkin anda pernah mengalami penolakan Adsense dengan alasan “Sufficient Contents”. Anda harus memiliki konten yang cukup pada setiap halaman dan kategori. Anda harus memiliki Total 15-30 post dalam blog, dengan setidaknya 3-4 post dalam setiap kategori. Memang tidak ada petunjuk naku tentang jumlah konten sebagai syarat Adsense, namun jumlah yang saya sebutkan tersebut adalah jumlah yang aman dan setidaknya anda harus penuhi apabila ingin diterima Google Adsense. Anda tidak boleh memiliki sebuah halaman kosong pada blog anda, setidaknya setiap konten anda harus memiliki 500-600 kata. Jumlah kata lebih banyak akan semakin bagus dan memperbesar kemungkinan diterima Adsense.

Umur Domain Minimal 6 Bulan

Syarat ini tercantum dalam Google Support Official. Google ingin memastikan iklan yang tampil dalam setiap blog benar-benar berguna, dan Google juga melindungi Advertiser agar iklan mereka memang dibutuhkan oleh pengklik. Namun aturan baku tentang umur Domain ini terkadang juga tidak bisa menjadi patokan karena ada beberapa dari teman-teman bisa diterima Adsense dengan umur domain kurang dari 6 bulan.

Mendaftar dengan TLD Domain

Ketika anda mulai serius membangun sebuah website disarankan untuk langsung membeli domain tingkat atas. Karena selain bermanfaat sebagai indeks ke search engine lebih, alamat domain pribadi ini juga akan membuat domain anda lebih profesional. Top Level Domain ini seperti domainanda.com bukan domainanda.blogspot.com

Pastikan domain anda tidak dihost pihak manapun, kaarena hal ini akan memperbesar kemungkinan diterima Adsense.

Gambar Bebas Hak Cipta

Google tidak akan menyetujui blog yang mengandung pelanggaran hak cipta dalam bentuk apapun, termasuk gambar yang dilindungi oleh hak cipta. Anda bisa mendapatkan gambar bebas hak cipta pada website dibawah ini :

Niche dan Struktur Blog

Sangat disarankan blog harus memiliki niche yang terfokus tidak seperti Venomku Blog ini yang memiliki niche campur-campur/gado-gado.

Theme atau Template blog adalah struktur dasar tampilan blog. Tema anda harus memiliki struktur yang bagus seperti header, menubar, content, sidebar, footer,dll. Usahakan menggunakan tema yang simple sederhana dan tidak membingunkan pengunjung.

Pastikan Blog Anda Tidak Diblokir Oleh Google

Apabila Domain blog anda suda diblokir oleh Google tentu saja anda tidak akan bisa menggunakan Adsense. Bagaimana cara mengetahui apakah domain blog sudah diblokir oleh Google atau tidak ? cara nya sangat mudah. Cukup ketikkan “site:domainanda.com” apabila anda melihat hasil pencarian di Google Search maka artinya situs anda Aman.

Jangan Ada Konten Yang Dilarang Adsense

Kebijakan Google Adsense tentang kontent yang dilarang sudah cukup jelas. Bisa dibaca dibawah ini :

Jumlah Visitor Bukan Faktor Utama

Moderator Google Adsense tidak akan melihat berapa banyak jumlah pengunjung blog anda, namun akan melihat kualitas blog anda. Karena visitor akan tumbuh sendiri seiring perayapan dari Google Bot, dan apabila situs anda berkualitas tinggi maka Google Bot akan menempatkan situs anda di Halaman Pertama Google. Jadi jngan khawatir kalau blog anda belum memiliki banyak pengunjung. Akan tetapi setelah diterima untuk mendapatkan penghasilan, dibutuhkan sebanyak mungkin pengunjung kedalam blog.

Leave a Comment