Blogging

Cara Melaporkan Konten Blog Dicuri Orang | Menghilangkan Duplicate Content

Konten Blog Dicuri Orang ? Dan yang paling sakit lagi ketika konten yang kita buat lebih banyak pengunjung dibandingkan konten original yang ada di blog kita. Ketika Anda mempublikasikan artikel kedalam blog anda, maka akan ada kemungkinan bahwa orang lain dapat mengcopy paste dan mempublikasikan di situs web mereka.

Banyak dari mereka yang melakukan kebodohan ini, namun pada akhirnya mereka akan menerima akibatnya. Yaitu akan kehilangan lalu lintas dan peringkat.

Algoritma Google semakin cerdas dalam menemukan halaman yang menduplikasi konten Anda, tetapi tidak setiap saat.

Terkadang, ketika orang lain menyalin artikel dari blog Anda, halaman web yang mereka dapatkan dari blog anda memiliki peringkat lebih tinggi dari konten asli Anda.

Jika anda menemukan konten Anda disalin oleh orang lain, Berikut ini tutorial bagaimana Cara Melaporkan Konten Blog yang telah Dicuri Orang lain.

Setelah Anda melaporkan halaman yang disalin ini, Google akan menghapusnya dari indeks web-nya dan peringkat konten asli Anda akan dikembalikan. Jika Anda melaporkan konten yang ada di platform BlogSpot/blogger, Google akan menghapus konten duplikat ini.

Untuk proses penghapusan ini membutuhkan waktu sekitar 2-10 hari.

Melaporkan konten blog yang dicopas ke Google

Setelah anda menemukan konten anda yang berada diblog orang lain, buka halaman DMCA Google dan pilih mengajukan permintaan hukum -> Alat.

Melaporkan konten blog yang dicopas ke Google

Disini anda bisa memilih dari mana anda menemukan konten anda yang telah disalin orang lain. Apabila anda menemukanya melalui Google Search pilih Penelusuran Web.

Cara Melaporkan Konten Blog Dicuri Orang

Kemudian anda akan diberikan opsi kenapa anda melaporkan halaman yang bersangkutan.

pilih “Saya memiliki masalah hukum yang tidak disebutkan diatas”, kemudian pilih “Saya menemukan konten yang mungkin melanggar hak cipta saya”. Kemudian scroll kebawah hingga menemukan ikuti tautan menuju formulir pelaporan.

formulir aduan konten dicuri orang lain

Silahkan uraikan keluhan anda dalam formulir diatas secara lengkap dan detail. Anda juga harus menginput data diri anda secara lengkap dan menyetujui beberapa pernyataan.

Pada banyak kasus konten yang dicuri adalah berasal dari blog AGC, walaupun blog seperti ini tidak akan bisa besar namun cukup merepotkan bagi kita blogger-blogger kecil seperti saya. Apabila anda sangat yakin tulisan tersebut milik anda sendiri maka jangan ragu untuk melaporkanya. Oleh karena itu dihimbau untuk menulis artikel unique, kalaupun harus mencontek dari blog orang lain setidaknya anda melakukanya dengan rewrite manual dengan bahasa anda sendiri.

Cara diatas juga bisa digunakan untuk melaporkan duplicate content atau plagiarisme seperti kasus yang terjadi antara calon sarjana dan JT. Jadi berhati-hatilah menuliskan atau memposting sesuatu kedalam sebuah media online, karena kemudahan akses internet menjadikan hukum di dunia online saat ini menjadi sangat sensitif.

Leave a Comment