Gadget

Cara memasukan lagu dari PC ke iPhone dengan iTunes

Mengirim lagu ke iPhone bukan hal yang mudah apalagi jika kita ingin memasukkanya ke aplikasi Music bawaan iOS. Untuk memasukkan atau mengirim lagu yang sudah kita download kita harus menggunakan PC / Laptop dan aplikasi iTunes (beda cerita kalau iPhone sudah di Jailbreak). Seperti yang kita ketahui download lagu dari iTunes harus bayar tidak gratis. Per lagu iTunes kira-kira dihargai 7rb rupiah bayangkan berapa banyak lagu favorit anda saja. Namun jangan kawatir karena anda dapat mengirim lagu dari PC / laptop anda ke iPhone atau iDevice lainya. Memang tidak semudah kita mengirim ke perangkat android hanya dengan kabel data, bluethoot, wifi atau download dari google tidak bisa langsung dibaca di aplikasi music iPhone. iPhone memang sangat menghargai privasi dan karya orang lain.

Yang kita butuhkan adalah aplikasi iTunes yang sudah paling Update, ingat usahakan paling update karena kadang  iTunes yang belum update akan terjadi crash atau error saat kita sync ke iPhone. Kabel data untuk iPhone atau lightning to usb untuk sync, usahakan gunakan kabel original atau setidaknya OEM karena kadang kabel data warna warni yang kita beli di konter walaupun bisa untuk nge-charge kadang tidak bisa digunakan untuk sync ke iTunes. Oleh karena itu gunakan kabel bawaan karena lebih aman.

Masukkan file lagu ke iTunes

Langkah pertama adalah kita harus memasukkan lagu yang sudah ada dalam PC kita ke Library iTunes. Walaupun kita sudah memiliki iTunes tidak begitu saja iTunes bisa mendeteksi letak lagu kita oleh karena itu kita harus memasukkan lagu ke Library secara manual sebelum dipindahkan ke iPhone. Caranya pada iTunes pilih File di pojok kiri atas – Add to Library – Pilih folder music anda berada – Select folder. Maka dengan otomatis lagu dalam folder tersebut akan masuk ke Library iTunes.

Kirim lagu ke iPhone

Masuk ke iPhone pada iTunes

Selanjutnya jika iPhone dan PC / Laptop sudah terhubung menggunakan kabel data, akan ada tombol di aplikasi iTunes PC untuk masuk informasi iPhone yang sedang terhubung. Pada gambar diatas ada pada kiri atas samping kanan tulisan Library. Jika diklik akan masuk ke informasi iPhone seperti gambar dibawah.
Transfer lagu PC ke iOS

Transfer music / lagu ke iPhone dari Library iTunes

Setelah masuk kedalam informasi iTunes pilih Music dibawah menu setting – Pilih lagu cukup dicentang lagu yang diinginkan bisa centang artis atau album – Pilih Sync maka dibagian atas akan ada pemberitahuan iTunes sedang sync atau mengirim ke iPhone tunggu hingga proses selesai.

Lagu iTunes Alan Walker Faded

Jika sync sudah selesai maka secara otomatis lagu masuk ke aplikasi Music bawaan iPhone seperti halnya jika kita membeli langsung dari iTunes. 
Untuk masalah kualitas tergantung dari lagu yang kita miliki secara offline sendiri. Sedangkan untuk lagu yang didownload dari iTunes sudah pasti bagus dan jernih. Namun jangan khawatir kita dapat mendapatkan lagu iTunes secara gratis bahkan yang berlabelkan Mastered For Itunes artinya dibuat khusus untuk iTunes dan sudah Purchased dari iTunes langsung jadi ketika sudah dipindah ke iPhone ketika kita buka iTunes store lagu tersebut statusnya sudah purchased selayaknya kita membeli dan mendownload langsung padahal lagu tersebut kita transfer dari PC/Laptop

Leave a Comment