Gadget

Cara Membedakan iPhone Asli (Original) dan Palsu (KW/Replika/HDC)

Bagaimana Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu. Tips dan Trik Membedakan iPhone Asli ( Original ) dan Palsu ( KW / Replika / HDC ). Produk palsu / kw / replika / hdc / Super copy atau apalah istilahnya yang jelas bukan original saat ini memang sangat banyak bermunculan. Produk palsu sengaja dibuat untuk menekan harga produksi dan harga jual jauh dari aslinya.

Produk palsu ini biasanya diproduksi di china tanpa lisensi dari Pabrik aslinya jadi bisa dibilang ilegal dan tidak resmi namun karena kurangnya pengawasan pihak yang berwenang akhirnya bisa beredar dipasaran. Misalnya saja yang sedang populer saat ini iPhone 7 dalam selang waktu 2 bulan saja sudah keluar versi palsu nya yang harga aslinya masih berkisar Rp. 10 Jutaan sedangkan untuk versi palsu / kw / replika / hdc iPhone 7 harganya hanya Rp. 2 Jutaan selisih 8 jutaan tentu saja kualitas sangat jauh dibawahnya. Biasanya smartphone Palsu yang diproduksi adalah smartphone yang memang kelas menengah keatas yang memiliki harga baru diatas 3 jutaan seperti iPhone 5 / 6 / 7 atau Samsung S4 / Note 3 / Note 5 dan lain-lain. Dan kebanyakan orang pasti akan tergiur dengan hrga murah.

Bagi anda yang ingin membeli iPhone bekas maupun baru pasti juga pernah merasa was-was apakah iPhone yang ingin dibeli apakah asli atau palsu. Apa lagi anda yang sebelumnya belum pernah menggunakan iPhone sama sekali maka harus teliti, hati-hati dan jadilah pembeli yang cerdas. beberapa artikel yang saya temukan dalam membedakan iPhone baru dan bekas diantaranya adalah dengan merasakan feel body dan material yang digunakan. Yang dimaksud adalah saat iPhone digenggam. memang saya akui material dan grip dari sebuah iPhone sangat terasa premium dan tidak ada yang menyamainya, namun bagaimana jika anda belum pernah menggunakan iPhone sebelumnya ? Pasti akan sulit membedakanya.

Bagaimana Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu ?

Tampilan

Bagaimana Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu. Yang pertama. Dari segi body iPhone palsu juga ada yang menyerupai aslinya kita akan kesulitan jika hanya melihat dari body dan material saja karena kualitas iPhone palsu / hdc saja sekarang ini sudah ada yang menggunakan body aslinya walaupun memang ada perbedaan yang jelas pada finishingnya. Jika anda membeli iPhone baru dengan sticker di lcd seperti dibawah dapat dipastikan itu replika / hdc karena pada iPhone Asli tidak ada sticker seperti itu.

iphone 6s replika
iphone 6s replika

Oleh karena itu kita harus melihat pada tampilan dalamnya. perhatikan nama-nama icon pastikan sama seperti dibawah. Bukan masalah bahasa tapi namanya. Biasanya yang sering ditemui adalah “Galeri” yang seharusnya “Foto”, “Google Play” yang seharusnya ” App Store” , “Browser” yang seharusnya “Safari” jadi pastikan nama dan tampilanya seperti dibawah.

Bagaimana Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu
Original iPhone

Bagaimana Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu. iPhone juga menggunakan layar retina display. Apa itu retina display ? Retina display adalah teknologi LCD yang dimiliki Apple dimana 1 pixel pada LCD standar dibagi 4 lagi dan pada ukuran ini adalah batas keterlihatan pixel oleh mata manusia sehingga pada retina display sangat sulit bagi kita untuk melihat butiran pixel dalam layar. Jika anda dapat melihat pixel iPhone anda dengan jelas maka dapat dipastikan iPhone palsu / lcd palsu.

iCloud

Dalam arti sederhana iCloud adalah layanan penyimpanan online dari Apple. iCloud juga menyediakan fasilitas keamanan yang tidak bisa ditembus. Inilah keunikan iPhone yang pasti memiliki iCloud didalamnya, tidak ada satupun handphone yang menggunakan Sistem Operasi iOS selain produk Apple, tidak seperti Android yang dimiliki banyak smartphone. Jadi jika sebuah iPhone tidak memiliki iCloud didalamnya dapat dipastikan iPhone tersebut Palsu / KW / Replika / Super Copy / HDC.
Cara cek iCloud masuk Setting – iCloud
Jika anda berniat membeli sebuah iPhone ini sangat perlu anda ketahui. Pastikan kalau iCloud kosong, karena jika iCloud sudah ada isinya dan anda tidak tahu passwordnya maka iPhone anda tidak akan pernah bisa digunakan apabila sudah terkunci.

Gambar atas sudah log in / Gambar bawah iCloud kosong
Gambar atas sudah log in / Gambar bawah iCloud kosong

App Store

Walaupun tampilanya App Store belum tentu isinya App Store melainkan Google Play karena semua iPhone palsu menggunakan OS Android. Sekarang ini nama icon yang ada dimenu pada iPhone KW juga ada yang memiliki nama App Store. Oleh karena itu anda harus memastikan kalah anda memang dapat masuk kedalam App Store.

Terdeteksi iTunes

iTunes merupakan aplikasi PC yang hanya dapat mendeteksi perangkat Apple oleh karena itu apabila iPhone anda tidak dapat terdeteksi sama sekali memungkinan iPhone anda palsu atau kabel data yang bermasalah. Jika iTunes terdeteksi maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

iTunes Detected
iTunes Detected

IMEI terdaftar di website Apple

Jika anda memiliki iPhone Fullset artinya lengkap dengan dusbook pertama pastikan nomor imei pada kardus, casing belakang dan mesin semua sama. Untuk cek imei dimesin masuk menu Setting – General – About – IMEI disitulah imei mesin yang tertanam dalam iPhone lalu masukkan nomor imei tersebut ke . Apabila terdeteksi maka akan muncul gambar dan type iPhone juga terdapat tanda “Tanggal Pembelian yang Valid” yang menunjukkan bahwa iPhone anda sudah diaktivasi secara sah seperti gambar dibawah

checkcoverage.apple.com
checkcoverage.apple.com

Jangan Tergiur Harga Murah

Terakhir, Bagaimana Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu, sebenarnya adanya iPhone palsu bukan berarti merugikan pelanggan karena harga iPhone palsu juga jauh dibawah harga aslinya selain itu ada juga orang yang sengaja mencari iphone kw / replika / super copy / hdc dengan alasan gengsi dan ingin harga yang murah, maka jika alasanya demikian tidak ada salahnya membeli iphone palsu. Namun yang menjadi kekhawatiran adalah adanya penjual nakal yang menjual iPhone palsu namun mengatakan bahwa iPhone tersebut asli sehingga pelanggan tertipu. Untuk menghindari dari penjual nakal tersebut kita harus menjadi pembeli yang cerdas karena informasi sekarang dapat dengan mudah kita temukan dengan internet. Jadi apa salahnya browsing tentang iPhone sebelum membeli yang aslinya.

Baca Juga : Membedakan Garansi Iphone, Trik Beli iPhone Bekas

Leave a Comment