Blogging

Cara Membuat Domain Berbayar Atau Gratis Bagi Pemula, Fungsi Domain

Cara Membuat Domain Berbayar Atau Gratis, Fungsi Domain. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat domain bagi pemula sebagai artikel pelengkap untuk tag domain agar mudah dipahami. Sebelum masuk lebih lanjut kita harus tahu pengertian dan fungsi domain terlebih dahulu. Menurut Wikipedia domain adalah nama unik yang berfungsi untuk identifikasi nama server komputer seperti web server atau email server dari jaringan komputer atau internet. Fungsi domain adalah untuk memudahkan pengguna saat mengakses server tertentu sehingga tidak perlu mengingat deretan angka rumit yang dikenal sebagai IP Address pada setiap server.

Fungsi domain memang penting sebagai sebuah brand website kita sehingga pengunjung dapat kembali ke blog kita melalui nama domain tersebut. Cara membuat domain sangat mudah. Apabila anda seorang pemula dan ingin membuat sebuah domain tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun anda dapat memilih opsi Membuat domain gratis. Untuk melihat perbedaanya silahkan baca cara membuat domain gratis.

Anda hanya dapat membuat domain gratis dengan extensi tk, ga, ml, cf dan gq jadi jangan harap bisa membuat domain com, net, org dll secara gratis kecuali sedang ada promo tertentu.

Anda bisa dengan mudah menemukan tempat untuk membeli domain dari Google, diantaranya dari godaddy, idwebhost, idhostinger, domainesia, rumahweb, dan masih banyak lagi.

Tahap-Tahap Cara Membuat Domain Untuk Blogger

Blogger adalah tempat untuk membuat blog gratis dan paling populer karena dikembangkan oleh Google jadi untuk kecepatan servernya juga sudah tidak diragukan lagi. Ada beberapa tahap yang harus anda lakukan untuk membuat custom domain sendiri di blogger. Seperti yang kita ketahui domain standar untuk blogger menggunakan extensi .blogspot.com jadi dengan custom domain anda dapat menghilangkan extensi blogspot dengan domain pilihan anda sendiri. Apabila anda pengguna blogger berikut langkah membuat domain sendiri di blogger :

Apabila anda ingin memiliki domain yang keren dengan extensi terkenal, pelayanan yang baik dan bukan abal-abal tentu anda perlu membeli sebuah domain. Untuk domain sekelas dot com harganya sekitar 100rb untuk satu tahun.

Setelah anda membeli domain selanjutnya anda harus mengarahkan domain tersebut ke Blogger dengan mengatur nameserver dan DNS domain tersebut melalui member area masing-masing.

Biasanya ini juga menjadi masalah bagi beberapa orang dimana domain hanya bisa diakses menggunakan awalah www saja apabila tanpa www domain tidak bisa dibuka. Padahal caranya sangat simple untuk membuat domain dengan atau tanpa www.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

2 Shares
Tweet
Share2
+1
Share