Blogging

Apa itu XML Sitemap? Bagaimana cara membuat Sitemap di WordPress?

Apa itu XML Sitemap? Bagaimana cara membuat Sitemap di WordPress? Kembali pada awal 2000-an, situs pemerintah menggunakan link pada halaman utama mereka, yang dinamakan “Sitemap” atau dalam bahasa indonesia “Daftar Isi”. Halaman ini biasanya berisi daftar semua halaman di situs web tersebut. Bahkan saat ini hampir semua situs web memiliki HTML sitemap. Namun, saat ini peta situs telah berevolusi dari daftar sitemap HTML yang dibuat secara manual. Saat ini Sitemap yang diterbitkan dalam XML bukan HTML dan target penonton mereka adalah search engine dan bukan orang. Dan yang menjadi pertanyaan adalah : apa itu sitemap WordPress ? Apakah saya perlu memiliki sitemap situs saya? Bagaimana membuat sebuah sitemap di WordPress? Jika Anda baru menggunakan WordPress dan memiliki pertanyaan yang sama, maka Anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa itu sitemap, mengapa Anda perlu sebuah sitemap, bagaimana untuk membuat sitemap di WordPress, dan bagaimana untuk memberitahu mesin pencari tentang Sitemap Anda.

Apa itu XML Sitemap? Bagaimana cara membuat Sitemap di WordPress?

Apa itu XML Sitemap WordPress ?

Sitemap adalah daftar halaman di situs web yang dapat diakses oleh semua pengguna. XML sitemap adalah cara untuk pemilik situs web untuk memberitahu mesin pencari tentang semua halaman yang ada pada situs web mereka. XML sitemap WordPress juga memberitahu mesin pencari mana sebuah link di situs web yang berguna bagi seseorang dan seberapa sering Anda memperbarui situs web Anda. Sementara Sitemap tidak meningkatkan peringkat Anda, hal ini memungkinkan mesin pencari untuk merayapi lebih baik situs web Anda.

sitemap xml wordpress

Mengapa Anda perlu XML Sitemap

Dari Search Engine Optimization (SEO) sudut pandang Sitemap sangat penting. Pertama saya ingin memperjelas bahwa menambahkan sitemap tidak mempengaruhi peringkat pencarian. Namun, jika ada beberapa halaman di situs Anda yang tidak diindeks, maka sitemap menyediakan cara untuk memberitahu mesin pencari tahu tentang halaman tersebut, jadi halaman itu dapat diindeks dengan benar di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yandex.

Peta situs sangat berguna untuk website baru ataupun blog. Karena sebagian besar blog baru biasanya tidak mendapatkan banyak backlink posting individu mereka, hal tersebut menyulitkan mesin pencari untuk menemukan semua posting dan halaman blog. Sitemap memungkinkan situs web tersebut membantu mesin pencari merayapi situs mereka lebih efisien.

Untuk situs web populer, Sitemap memungkinkan situs web untuk berinteraksi dengan mesin pencari secara lebih efektif. Search Engine dapat membaca seberapa sering situs Anda memperbaharui postingan, Bagian mana situs web lebih sering diperbarui daripada yang lain, mengatur tingkat perayapan situs Anda, dll. Hal ini meningkatkan visibilitas keseluruhan situs Anda untuk mesin pencari.

Cara membuat sebuah Sitemap di WordPress?

Ada beberapa cara untuk membuat XML sitemap di WordPress. Disini saya akan memberikan 2 cara yang dapat anda pilih sesuai selera anda sendiri :

1. Yoast’s WordPress SEO plugin

Saya menggunakan plugin ini karena memungkinkan kita untuk mengoptimalkan posting blog kita bersama dengan menawarkan fitur seperti Sitemap, integrasi sosial, dan banyak lagi. saya juga menyadari bahwa Yoast’s WordPress SEO plugin bekerja lebih efisien daripada plugin sitemap Generator lain untuk WordPress.

Cara membuat Sitemap untuk situs WordPress Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan WordPress SEO oleh Yoast plugin. Secara default, WordPress SEO tidak mengaktifkan XML sitemap fungsi, sehingga Anda perlu menyalakannya. Caranya cari menu SEO» XML Sitemaps dan centang kotak untuk mengaktifkan fungsi XML sitemap.

Baca Juga : Download Yoast’s SEO Premium

Sitemap SEO Yoast cara membuat Sitemap

Namun Saya merasa kurang puas karena saat dibuka orang lain tampilan sitemap ini hanya berisi tulisan tanpa link. Oleh karena itu saat ini saya memutuskan untuk menggunakan plugin generator.

2. Plugin “WP Sitemap Page”

Saya menggunakan plugin sitemap generator ini karena tampilan yang lebih rapi dengan link lengkap menuju postingan yang dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing. Plugin ini akan menjawab pertanyaan”Apa itu XML Sitemap” dengan mudah, Seperti sitemap Venomku Blog.

wp sitemap page venomku Apa itu XML Sitemap

Bagaimana memberitahu mesin pencari tentang Sitemap?

Setelah mengetahui cara membuat Sitemap selanjutnya kita perlu memberitahu mesin pencari tentang sitemap tersebut. Search Engine cukup cerdas dalam mencari sebuah sitemap. Setiap kali Anda mempublikasikan konten baru ping akan dikirim ke Google dan Bing untuk memberitahu mereka tentang perubahan dalam sitemap Anda. Namun, saya menyarankan Anda untuk mengirimkan sitemap Anda ke Google dengan menggunakan alat Google Webmaster. Keuntungannya bahwa Google sekarang akan menunjukkan kesalahan Anda, halaman diindeks dan statistik relevan lainnya yang akan membantu Anda sebagai seorang webmaster.

Pergi ke alat Google Webmaster. Jika Anda belum masuk ke akun Google Anda, maka Anda akan diminta untuk sign in. Setelah masuk, Anda akan mencapai alat webmaster. Di sana Anda akan melihat tombol “Tambahkan situs”, klik dan kemudian tambahkan URL website Anda.

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan situs Anda. Ada beberapa metode untuk melakukan itu. Tapi apabila Anda sudah menggunakan WordPress SEO plugin, maka metode termudah untuk Anda adalah untuk menyalin meta tag HTML dan paste di WordPress SEO plugin. Untuk melakukan itu klik pada metode-metode alternatif dan kemudian pada HTML Tag. Anda akan melihat baris HTML Meta tag kode.

verifikasi google webmaster

Salin dan sisipkan baris ini di notepad. Sekarang salin nilai dalam = konten “”. sementara tinggalkan halaman verifikasi situs alat webmaster, kita akan kembali ke halaman setelah menambahkan meta tag untuk memverifikasi kepemilikan situs web. Pergi ke WordPress admin area Anda dan kemudian klik pada SEO tab. anda akan dibawa  ke dashboard WordPress SEO plugin. Scroll ke bawah, dan Anda akan melihat pos Webmaster Tools. Sisipkan nilai tag meta di alat Google Webmaster dan Simpan pengaturan.

Kembali ke alat Google webmaster, tampilan verifikasi dan tekan tombol verifikasi. Anda akan melihat pemberitahuan “Selamat Anda telah berhasil memverifikasi kepemilikan www.situsanda.com”. Klik lanjut untuk melihat dashboard alat webmaster untuk situs Anda.

Pada layar berikutnya, Anda akan melihat kolom Sitemap dengan Sitemap tidak di dalamnya. Mengkliknya akan membawa Anda ke halaman peta situs mana Anda dapat menambahkan Sitemap Anda. Klik pada tombol merah yang berlabel “Add/Test Sitemap” dan sediakan URL sitemap Anda.

Tambahkan peta situs

Yoasts SEO plugin memberikan beberapa Sitemap untuk situs WordPress Anda. Sitemap utama adalah sitemap_index.xml yang berisi link untuk Sitemap Anda yang lain. Anda bisa mengirimkan sitemap_index.xml saja atau mengirimkan semua sitemaps lain satu persatu. Saya sarankan mengirimkan sitemap_index.xml saja, Google akan secara otomatis menemukan Sitemap lain kemudian merayapi mereka.

Setelah Anda telah berhasil menambahkan sitemap Anda, akan muncul tanda tertunda. Ini menandakan Google sedang proses menjelajah situs web Anda. Setelah beberapa saat Anda akan dapat melihat beberapa statistik tentang sitemap Anda. Disana akan menampilkan jumlah link yang ditemukan di sitemap Anda, berapa banyak dari mereka yang sudah diindeks, rasio gambar dan halaman web, dll.

submit sitemap blog

Seringlah mengunjungi alat Google Webmaster, setidaknya sebulan sekali. Dengan bertambahnya usia situs Anda akan mulai melihat lebih banyak data tentang situs web Anda dan bagaimana ia dilihat oleh mesin pencari. Informasi ini dapat membantu Anda belajar seberapa baik situs Anda dan apa hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerjanya dalam mesin pencari.

Saya berharap bahwa itu menjawab semua pertanyaan terkait seperti Apa itu XML Sitemap, apa manfaat dari sebuah sitemap, bagaimana cara membuat sitemap di WordPress, dan banyak lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan, atau ingin menambahkan sesuatu yang kurang dari artikel “Apa itu XML Sitemap? Bagaimana cara membuat Sitemap di WordPress?”, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment