Blogging

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

Sebelumnya saya sudah pernah sampaikan sebelumnya Cara membuat postingan terindeks Google Webmaster pada postingan kali ini akan membahas lebih lanjut tentang cara memperbaiki kesalahan perayapan pada Google Webmaster. Dulu waktu saya pertama kali menggunakan webmaster dan menemukan kesalahan perayapan ini yang saya tau hanyalah memilih “Tandai sebagai telah diperbaiki” agar kesalahan tersebut hilang. Namun yang terjadi adalah kesalahan perayapan tersebut muncul terus menerus. Akhirnya saya tau bagaimana cara yang memperbaiki kesalahan perayapan ini yang sesungguhnya, tidak hanya menghilangkan dari webmaster saja. Webmaster adalah tempat dimana kita dapat memaksimalkan optimasi situs kita di Search Engine Google, oleh karena itu webmaster hanya memberikan pemberitahuan tentang adanya kesalahan pada situs kita yang harus kita perbaiki sendiri karena webmaster tidak akan otomatis menghilangkan kesalahan tersebut.

Bagi yang sudah tau mungkin tidak perlu membaca postingan ini atau silahkan dibaca dan coment untuk nambah referensi dan berbagi ilmu dengan saya dan teman-teman yang lain. Kesalahan perayapan biasanya terjadi ketika kita mengubah judul atau tanggal sebuah postingan karena Google sudah merayapi judul dan tanggal postingan awal kita maka hal tersebut akan dianggap sebagai sebuah Kesalahan Perayapan di Webmaster.

Kenapa Kesalahan Perayapan Webmaster harus Diperbaiki  ?

Tentu kesalahan perayapan seharusnya tidak boleh anda abaikan karena dapat menurunkan traffic anda. Karena halaman error yang sudah dirayapi Google tersebut adalah halaman yang muncul dalam search engine sehingga ketika ada pengunjung menuju ke halaman tersebut pasti akan dibawa ke halaman error/tidak ditemukan di situs kita. Selain menurunkan lalulintas blog kesalahan webmaster yang terus muncul pada blog kita juga bisa berpengaruh buruk terhadap statistik blog kita dimata Google Webmaster.

Ada beberapa jenis kesalahan URL pada Google Webmaster diantaranya :

  • Kesalahan Server
Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan pada server domain kita, biasanya terjadi karena server penyedia domain atau host kita bermasalah sehingga mesin google yang awalnya akan merayapi website kita akan membatalkan permintaan perayapan tersebut.
  • Soft 404
Ini adalah sebuah kesalahan dimana halaman yang diminta pengunjung yang didapat dari mesin telusur tidak ada di blog kita. Seperti dari namanya soft berarti ringan, jadi anda hanya perlu menandai sebagai telah diperbaiki  di kesalahan perayapan Google Webmaster. Biasanya kesalahan ini dalam bentuk kata yang tidak jelas seperti 2 kesalahan perayapan paling atas pada gambar yang akan saya tampilkan dibawah. Cara memperbaiki kesalahan ini adalah menggunakan script robot.txt dimana saya sendiri masih tidak paham cara menggunakanya.
  • 404 (Tidak Ditemukan)
Kesalahan perayapan ini adalah yang kita bahas di postingan ini, seperti yang saya katakan sebelumnya hal ini biasanya terjadi karena URL lama yang masih dirayapi seperti konten yang diperbaiki, konten yang dipindahkan atau konten yang dihapus. Cara memperbaikinya akan dibahas disini.
  • Akses Ditolak
Hal ini terjadi karena mesin google yang ingin merayapi suatu URL halaman dari halaman lain tidak bisa merayapi halaman lain tersebut karena pengguna diharuskan untuk log in pada halaman tersebut. cara mengatasinya adalah dengan script robot.txt
  • Tidak diikuti
Hal ini terjadi karena ada URL yang tidak bisa diikuti oleh mesin google. Konten seperti Flash, JavaScript, konten aktif yang berisi URL dengan karakter panjang atau karakter khusus dapat mempersulit perayapan google. 
  • Kesalahan DNS
Untuk kesalahan ini artinya Google tidak dapat berkomunikasi dengan server DNS anda, solusinya silahkan perbaiki pengaturan DNS custom anda atau hubungi situs penyedia domain/hosting anda.

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan yang Tidak Ditemukan

Kembali ke pokok pembahasan cara memperbaiki kesalahan perayapan yang tidak ditemukan. Kenapa saya hanya membahas permasalahan ini ? Karena permasalahan ini yang sering terjadi.
1. Masuk ke halaman Google Webmaster dan masuk ke situs anda apabila anda belum memverifikasi situs anda silahkan baca Cara membuat postingan terindeks Google Webmaster pada paragraf awal postingan ini.

2. Masuk ke webmaster situs anda pilih Perayapan → Kesalahan Perayapan. Disanalah anda akan melihat kesalahan perayapan disitus anda. Kalau tidak ada kesalahan situs berati sudah aman, namun kalau ada silahkan lanjutkan membaca sampai bawah.

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

3. Seperti pada jenis kesalahan tadi yang saya lingkari merah adalah 404 (tidak ditemukan) yang akan kita bahas, dan yang berwarna kuning adalah Soft 404 yang cukup anda pilih Tandai Sebagai Sudah Diperbaiki saja.

4. Klik pada URL yang seharusnya ada di blog kita, seperti yang saya lingkari merah

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

5. Itulah URL yang tidak ditemukan Googlebot. Sekarang coba klik URL tersebut, dalam kasus ini URL saya yang tidak ditemukan adalah “http://www.venomku.com/2015/01/percepat-tampilan-bbm-di-android-2015.html”

6. Apabila anda dialihkan ke halaman error blog seperti gambar dibawah maka kesalahan tersebut harus diperbaiki.

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

7. Simpan dulu URL tersebut atau buka ditab baru. Silahkan masuk ke dasbor blog anda. pilih Setelan → Preferensi Penelusuran → Pengalihan Khusus  → Pengalihan Baru.

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster


8. Disana adalah tempat URL yang error anda tadi akan dialihkan ke URL yang benar. Sekarang buka pos di dasbor blog anda dan cari URL yang benar/tidak error

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

9. Simpan URL tersebut. Copy kedua URL yang error ke tab pengalihan baru seperti langkah ke 7.
Dari : Untuk URL yang Error
Kepada : Untuk URL yang Benar

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

10. Isikan dengan melanjutkan kalimat URL yang sudah ada. Jangan lupa check pada Permanen
Dalam kasus ini
Dari : /2015/01/percepat-tampilan-bbm-di-android-2015.html
Kepada : /2015/01/percepat-tampilan-bbm-di-android.html
Jelas ada perbedaan pada bagian permalink, mungkin dikarenakan saya pernah mengedit post tersebut.

11. Sekarang kembali ke halaman webmaster seperti langkah ke-4 diatas dan coba refresh halaman yang error tadi. Pastinya sudah tidak error bukan ? Kemudian jika sudah anda perbaiki sekarang bisa mengklik “tandai sebagai telah diperbaiki” untuk menghilangkan pemberitahuan di webmaster karena benar-benar sudah kita berbaiki

7 Comments

Leave a Comment