Blogging

Cara Mempercepat Loading Blog yang Jitu dan Akurat

Bagi para pengguna internet, bukan hanya isi dan desain dari blog tersebut yang mereka perhatikan namun juga hal lain. Salah satunya adalah loading dari blog tersebut. Kecepatan loading dari suatu blog tidak hanya untuk kepuasan sang pemilik, namun juga dapat memengaruhi jumlah pengunjung dari blog tersebut. Maka dari itu para pemilik blog harus mengetahui cara mempercepat loading blog yang jitu dan akurat.

Tidak ada pengunjung yang menyukai blog yang loading-nya lama karena selain menyebalkan, hal tersebut juga membuang – buang waktu. Apalagi bila koneksi internetnya buruk, maka loading blog akan semakin lama dan memakan waktu. Pemilik blog harus harus memikirkan perihal loading ini. Blog yang memiliki loading cepat tentunya lebih disukai oleh para pengunjung karena waktunya tidak akan termakan sia – sia hanya untuk menunggu.

Untuk memiliki blog yang loadingnya cepat, tentunya mudah. Anda harus mementingkan kualitas dan kenyamanan pengunjung blog anda. Hal tersebut akan membantu blog anda untuk memiliki reputasi baik, tanpa ada keluhan dari para pengunjung. Bila blog anda memiliki loading yang lama, maka ada beberapa cara mempercepat loading blog yang jitu dan akurat:

Cara Mempercepat Loading Blog

1. Hapus cache yang menumpuk

Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara ketika sesuatu sedang buffer. Sehingga cache membantu processor untuk mempercepat dan memperingan pekerjaannya. Namun cache dapat menumpuk pada RAM dan menghabiskan memori yang ada. Hal tersebut dapat membuat blog anda menjadi lambat karena processornya sudah terkena dampak dari cache tersebut.

2. Pilihlah hosting yang terpercaya

Dalam memilih hosting, tentunya anda tidak boleh asal – asalan karena hosting sangat memengaruhi kecepatan dari blog anda. Tentunya anda juga harus memiliki koneksi internet yang baik saat anda memilih hosting yang tepat dan terpercaya. Pilihlah hosting sesuai dengan tujuan dari blog yang anda punya. Jangan lupa carilah review sebanyak – banyaknya agar anda tepat memilih hosting.

3. Hapus widget yang tidak dibutuhkan

Widget merupakan aplikasi yang dipasang menggunakan kode – kode, dalam blog ataupun web. Bentuk dari widget dapat berupa gambar, video, dan sebagainya. Widget dapat anda peroleh langsung dari situsnya (widget bawaan) atau mendapatkannya dari internet karena tidak sedikit situs yang menyediakan widget baik gratis maupun berbayar.

Tidak sedikit pemilik blog yang mau mengindahkan blognya dengan memasang banyak widget, padahal hal tersebut tidak penting dan tidak dibutuhkan. Banyaknya widget pada blog anda malah dapat membuat loading blog anda menjadi lemot. Pasanglah widget yang bermanfaat dan informatif, sehingga anda dapat menghapus widget yang dirasa tidak penting. Tempat dari widget tersebut juga dapat anda manfaatkan untuk pemasangan iklan.

4. Perkecil ukuran gambar

Selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah memperkecil ukuran gambar yang terdapat pada blog. Gambar pada blog memang sangat menarik perhatian para pengunjung. Namun ternyata pemasangan gambar berpengaruh pada kecepatan loading blog. Lebih baik anda mengupload gambar berukuran kecil daripada besar. Dengan memperkecil ukuran gambar, akan meminimalisir lemotnya loading blog anda.

5. Jangan terlalu banyak memasang iklan

Terakhir, cara mempercepat loading blog adalah jangan terlalu banyak memasang iklan. Memang pemasangan iklan akan sangat menguntungkan, namun pemasangan tersebut tentunya juga akan menyita banyak ruang dan berpengaruh pada kecepatan loading blog anda. Bahkan dapat berdampak pada para pengunjung, mereka bisa saja merasa kesal dan malas untuk mengunjungi blog anda karena terlalu banyak iklan.

Baca Juga : 21 Cara meningkatkan SEO Blog

About the author

Mendy

Leave a Comment