free hit counters Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console untuk Wordpress dan Blogger
Blogging

Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console untuk WordPress dan Blogger

Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console. Sitemap disebut juga peta situs atau sama juga dengan daftar isi situs blog anda. Sitemap akan membuat mesin pencari lebih cepat menjelajahi dan merambahi halaman-halaman dalam sebuah website, sehingga akan mempercepat blog kita ditemukan oleh suatu search engine.

Ada banyak search engine / mesin pencari salah satunya yang paling popular adalah Google. Search engine selain Google ada Bing, Yandex, duckduckgo dan ada banyak yang kurang populer lainya. Dan masing-masing dari search engine tersebut memiliki sebuah konsol webmaster untuk membantu mesin pencari tersebut merayapi blog kita dengan baik. Apabila kita dapat memanfaatkan fitur tersebut dengan baik maka akan berdampak besar pada lalulintas situs yang kita miliki meningkat dengan pesat.

Baca Juga :

Saya sudah memberikan tutorial sebelumnya tentang cara mengelola google webmaster. Namun mulai tahun ini google webmaster sudah digantikan dengan google search console dengan tampilan baru yang lebih mudah dipahami. Untuk cara kerja keduanya sama, Google mungkin juga memperbaharui algoritma search consolenya dari webmaster sebelumnya.

Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console

Sebelum melangkah lebih jauh hal yang pertama harus dimiliki oleh blog anda adalah Sitemap. Cara membuat sitemap antara blogger dan wordpress sedikit berbeda. Memang tidak berhubungan langsung dengan search console, namun dengan adanya sitemap ini pengunjung juga akan lebih mudah menavigasi blog anda. Contoh sitemap wordpress pada blog ini bisa anda lihat dibagian bawah kanan blog ini, Contoh Sitemap Venomku

Cara membuat sitemap WordPress

Cara membuat sitemap Blogger (Desain Simplify)

Setelah anda memiliki sitemap pada blog silahkan buka Google Search Console. Apabila situs belum terdaftar, silahkan daftar dan verifikasi terlebih dahulu. Verifikasi lebih mudah dibandingkan Webmaster lama.

Untuk menambahkan sitemap / peta situs klik pada Peta Situs dibagian sidebar sebelah kiri seperti gambar dibawah

Masukkan url sitemap berikut dibelakang nama domain anda kemudian klik Kirim

Untuk Blogger

/atom.xml

/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Untuk WordPress

/sitemap.xml

Sampai langkah ini anda sudah selesai menambahkan sitemap blog kedalam Google Search Console

Cara mempercepat indeks Blog ke Google

Sedikit tips untuk langkah selanjutnya cara agar mempercepat indeks website ke Google terutama untuk postingan baru adalah melakukan Inspeksi URL perhatikan gambar dibawah

Masukan URL postingan anda kemudian tekan Enter. Setelah memasukkan URL posting apabila anda melihat notif “URL tidak ada di Google” berarti postingan anda memang belum masuk kedalam indeks Google.

Klik Minta Pengindeksan. Lakukan pada semua URL postingan anda.

Apabila anda sudah melihat notif “URL ada di Google” maka tidak perlu diapa-apakan lagi, tinggal menunggu saja. Apabila trafik blog masih belum meningkat mungkin kesalahan terletak di artikel anda yang belum memenuhi SEO.

Mesin pencari Google bekerja secara umun pada 3 tahapan yaitu, crawling, pengindexan, dan ranking. Seach engine merayapi triliunan website yang ada diseluruh dunia sebelum mengindeksnya sehingga pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar blog kita berada dalam rangking 1 google. Oleh karena itu Search Console ini berguna untuk mempercepat pengindexan website ke Google.

Leave a Comment