Blogging

Cara Mengganti Gravatar WordPress di WordPress dengan Mudah

mengubah gravatar wordpress
Written by Novian Hanu

Gravatar adalah singkatan Globally Recognized Avatars. Atau juga sering dikenal sebagai Avatar. Avatar ada sebuah identitas virtual seseorang di Internet. Misal nama saya Novian Hanu Pradana menggunakan nickname Novian Hanu lalu ada sebuah gambar yang saya unggah untuk mewakili identitas saya, itulah yang disebut avatar.

Dalam kasus ini Gravatar diperlukan untuk menampilkan gambar profil anda yang akan muncul dalam setiap komentar saat anda melakukan blog walking juga sebagai identitas utama anda pada seluruh situs yang menggunakan gravatar seperti WordPress. Gambar symbol gravatar standard adalah berupa tombol power berwarna putih dengan background biru. Gravatar sangat berguna saat anda berkomentar pada setiap situs website agar identitas anda lebih dikenal orang lain melalui sebuah foto avatar dalam komentar tersebut.

Cara Mengganti Gravatar WordPress dengan Mudah. Itulah judul postingan ini. Sebelumnya saya pernah mengalami saat ingin mengubah foto gravatar di wordpress. Saya sudah membuat gravatar sendiri namun pada tampilan wordpress avatar tidak ikut berubah. Gravatar pada wordpress sangat penting untuk membedakan identitas kita saat berkomentar dalam kolom komentar dan untuk menampilkan gravatar penulis blog yang ditampilkan bersama postingan.

Apabila anda masih kesulitan mengganti gravatar wordpress. Maka anda saat ini sedang membaca artikel yang tepat.

Cara Mengganti Gravatar WordPress di Wordpres

1. Petama anda harus memiliki akun email dulu, disarankan menggunakan gmail. Kemudian log in ke dashbor wordpress anda

2. Untuk membuat gravatar muncul di wordpress caranya masuk Pengaturan -> Diskusi -> Avatar Standard -> Logo Gravatar

Cara Mengganti Gravatar WordPress di Wordpres

3. Buka website Gravatar.Com Silahkan Log In. Lalu Upload sebuah gambar persegi untuk logo gravatar anda. Ikuti saja perintah yang ada, crop dsb. Dan pada rating pilih “rated G” untuk ditampilkan disemua situs dengan berbagai orang.

Cara Mengganti Gravatar WordPress di WordPress dengan Mudah

4. Ini yang paling penting. Kalau sudah selesai hasilnya seperti dibawah ini. Perhatikan email yang anda gunakan dalam gravatar tersebut. Saya menggunakan nopian.venom@gmail.com. Email tersebut akan kita gunakan nanti untuk mengarahkan gravatar ke wordpress.

mengarahkan gravatar ke wordpress

5. Sekarang kembali ke dashbor wordpress. Masuk ke Pengguna -> Semua Pengguna -> Sunting -> Pada bagian Info Kontak -> Surel (wajib). Dibagian surel ini lah anda harus menggunakan email yang didapat dari langkah sebelumnya. Dengan begitu seketika anda simpan, gravatar di bagian pojok kanan atas akan berubah menjadi gravatar yang sudah anda upload sebelumnya.

Cara Mengganti Gravatar WordPress di WordPress dengan Mudah

6. Untuk pengaturan pada langkah ke-5 lainya bisa anda sesuaikan bebas sesuai keinginan anda. Hanya email yang wajib harus sama dengan email untuk gravatar.

Itulah cara Cara Mengganti Gravatar WordPress di WordPress dengan Mudah. Jadi tanpa plugin apapun anda dapat mengganti gravatar wordpress. Sekarang gravatar sudah muncul di komentar dan avatar author pada sebuah postingan.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share