Karir

Tips Cara Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula

Tips Cara Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula. Seiring dengan berkembangnya teknologi, menjadi seorang blogger memang merupakan salah satu profesi yang sangat menguntungkan. Terutama jika Anda telah memiliki skill menulis dan juga pengetahuan akan teknologi digital, maka cara menghasilkan uang dari blog tidak akan sulit untuk Anda. Oleh karena itu, wajar saja jika banyak orang yang tertarik menjadi blogger.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Meskipun terkesan sangat sederhana, faktanya praktik tidak semudah teori. Apalagi bagi para pemula yang baru ingin mengundi nasib di dunia blogging. Tentu masih banyak bagian yang membingungkan. Oleh sebab itu, demi membantu para blogger pemula untuk bisa menghasilkan uang dari situs yang sedang dirintis. Maka beberapa tips dan langkah di bawah ini bisa dijadikan panduan.

Tips Cara Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula

Menentukan Mangsa Pasar

Disini, pembaca akan disebut sebagai mangsa pasar. Apabila Anda adalah seorang pemula dan membuat sebuah blog dengan niat menambah penghasilan. Maka Anda dituntut untuk bisa menentukan mangsa pasar atau target pembaca Anda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah viewers yang membuka situs milik Anda.
Misalnya saja, jika Anda ingin membuat tema atau topik tentang traveling, maka mangsa pasar Anda otomatis adalah para traveler atau orang-orang yang memiliki minat dengan jalan-jalan. Tidak mungkin target pembaca Anda adalah penjual pakaian. Oleh karena itu, maka Anda dituntut untuk cermat dalam memilih mangsa pasar.

Memilih Topik

Cara menghasilkan uang dari blog akan menjadi sulit jika Anda salah memilih topik. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia blogging secara full time. Maka Anda harus bisa memilih topik yang sesuai. Bukan hanya sesuai dengan target pembaca, tapi juga dengan kondisi yang sedang populer di masa ini. Dengan kata lain, jangan memilih topik yang ketinggalan zaman.

Maka dari itu, usahakan Anda terus update dengan berbagai informasi saat ini. Sehingga Anda bisa mencari topik yang sesuai dengan “pasar dunia blog”. Apabila topik sudah matching dengan pasar, maka kemungkinan naiknya rating blog Anda bisa menjadi semakin besar. Karena itu, usahakan mendapat topik yang sedang diminati.

Membuat Konten Berkualitas

Salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan sebuah blog adalah dengan adanya konten yang berkualitas. Apabila Anda memiliki bekal berupa skill menulis maka hal ini sangat bagus. Tapi jika tidak, maka Anda bisa menggunakan jasa content writer online. Yang perlu diketahui adalah bahwa kualitas konten bisa meningkatkan jumlah viewers blog Anda.

Mempromosikan Blog

Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah blogger di Indonesia juga semakin membludak. Yang artinya persaingan juga menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, tidak cukup hanya dengan mengandalkan kreativitas, Anda juga harus mempromosikan blog Anda. Supaya proses dalam menghasilkan uang bisa berlangsung lebih cepat.

Menggunakan Monetisasi

Meskipun pemula, namun jika berniat untuk menjadikan blog sebagai lahan mata pencaharian maka Anda harus tahu apa itu monetisasi. Dalam bahasa Indonesia, proses ini lebih dikenal dengan sebutan menguangkan sebuah blog. Tapi tantangannya adalah karena tidak semua blog cocok dengan suatu metode monetisasi. Sehingga Anda harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan blog.

Beberapa metode monetisasi yang populer sebagai cara menghasilkan uang dari blog adalah : Memasang iklan di blog dengan cara mendaftar di advertising networks atau direct advertising, paid review atau menulis review produk atau jasa milik perusahaan atau pihak tertentu, berjualan produk sendiri, menjual skill atau jasa milik Anda sendiri dan yang terakhir adalah dengan mengikuti program Afiliasi.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dengan mudah

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment