Blogging

Cara Menurunkan Bounce Rate dari Sebuah Situs

Cara Menurunkan Bounce Rate dari Sebuah Situs. Bounce rate merupakan sebuah kondisi dimana pengunjung sering kali tidak membuka postinga lain ketika membuka sebuah situs. Ini sebenarnya merupakan sebuah hal yang wajar dan tidak ada yang bisa disalahkan karena hal ini. Keputusan untuk membuka ataupun tidak membuka postingan lain sepenuhnya milik pengunjung. Berikut cara menurunkan bounce rate dari sebuah situs.

Cara Menurunkan Bounce Rate

1. Template yang Sederhana, Responsive, Cepat Dimuat, dan Cocok Dimuat di Ponsel

Apabila anda mengunjungi sebuah blog, tentu anda akan malas mengunjunginya lagi apabila tampilan nya semraut dan juga lambat ketika dimuat. Hal ini pun perlu anda perhatikan ketika membangun sebuah blog karena apabila blog yang anda buat memang semraut dan lambat dimuat maka kemungkinan besar persentase bounce rate dari blog anda akan meningkat.

Selain itu, anda juga memang sangat perlu memperhatikan jika template blog yang anda pilih memang responsive dan juga cocok dimuat di ponsel. Anda pun pasti menyadari jika rata rata pengguna internet yang ada saat ini menggunakan ponsel ketika mencari informasi di google. Apabila blog anda tidak responsive dan juga tidak cocok ketika dimuat di ponsel, pasti lah bounce rate situs anda akan meningkat.

2. Hindari menggunakan Iklan Pop up

Selain karena tampilan yang semraut dan lambat dimuat, anda pun pasti lah akan kesal apabila mengunjungi sebuah blog yang memiliki iklan pop up apalagi jika jumlah nya sangat banyak. Hal ini tentu akan membuat jengkel dan memang bisa dikatakan menyebalkan. Akan ada banyak juga yang langsung pergi dari situs anda sebelum membaca postingan yang ada karena iklan pop up ini.

Kalau pun anda hendak menggunakan iklan pada blog anda, sebaik nya gunakan lah iklan yang wajar dan memang tidak terlalu mengganggu. Gunakan lah iklan yang hanya berada di bagian tertentu pada sebuah website dan tidak menutupi seluruh bagian layar. Apabila anda berkonsultasi pada forum blogger senior, para blogger itu pun akan sangat menyarankan anda untuk menghindari iklan pop up.

3. Memaksimalkan Penggunaan dari Anchor Text

Mungkin kebanyakan orang mengetetahui jika penggunaan dari anchor text ini hanya lah sejenis teknik seo yang saat ini sudah sangat amat familiar di kalangan para blogger. Memang, artikel ini sudah sangat amat terkenal di kalangan para blogger. Namun, kebanyakan dari mereka tidak lah mengetahui kegunaan sesungguhnya dari anchor text ini.

Perlu diketahui, anchor text memiliki manfaat yang cukup besar untuk menurunkan presante bounce rate dari sebuah situs dan bisa dikatakan pula jika anchor text ini merupakan cara menurunkan bounce rate terbaik dari semua cara yang ada. Tetapi ingat, jangan lah berlebihan dalam menggunakan anchor text ini dan gunakan lah dalam batas yang wajar.

4. Gunakan Widget Navigasi ke Artikel Lain

Mungkin cara yang satu ini sudah pasti diketahui oleh para blogger termasuk anda tetapi tetap. Tidak lengkap jika membahas cara terbaik menurunkan bounce rate apabila tidak memasukkan hal yang satu ini ke dalamnya. Anda pun pasti lah menyadari jika navigasi memang sangat lah membantu ketika sedang membuka sebuah situs.

Ketika menggunakan widget, pastikan lah bahwa widget yang digunakan memang lah merupakan widget yang seo. Selain itu anda pun perlu memastikan bahwa widget tersebut juga sangat user friendly. Akan sangat percuma apabila widget yang digunakan sangat lambat dimuat. Hal ini karena bukan nya menurun, persentase bounce rate situs anda malah akan meningkat karena hal ini.

Baca Juga : Tips SEO On Page, Meningkatkan Pengunjung secara Pesat

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment