Gitar

Cara Merawat Gitar Akustik

ALL IN ONE – Cara Merawat Gitar Akustik. Merawat Gitar itu memang gampang-gampang susah. Terlebih lagi untuk gitar akustik. Gitar akustik memang sensitive. Debu yang menempel pada tabung gitar saja dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Namun sebenarnya cara untuk merawat gitar akustik itu mudah kalau kita sudah mengetahuinya. hanya perlu sedikit tips dan cara sederhana untuk merawatnya

Tips-tips dibawah ini saya dapat dari pengalaman saya merawat gitar kesayangan, sharing dengan teman-teman dan browsing di internet. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja

Tips Merawat Gitar Akustik

Tips Merawat Gitar Akustik

Bersihkan senar

Bersihkan senar secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Kalo perlu pake cairan khusus pembersih senar/string cleaner, banyak dijual ditoko alat musik. atau oleskan minyak telon bayi agar senar awet dari karat dan terasa enak dijari, jangan kayu putih karena terlalu panas.

Kendorkan Senar bila Tidak Dipakai

kalau gitar tidak digunakan lama atau mau vakum dulu misal 2 bulan lebih tidak dipakai alangkah baiknya senar dikendorin. Untuk menjaga gitar tetap awet dan neck gitar tidak melengkung. Terlebih lagi kalau neck gitar akustik anda tidak memiliki besi penguat didalamnya.

Letakkan Dengan Benar

Posi terbaik adalah ditelentangkan, dengan posisi senar bebas tidak menyentuh permukaan apapun. atau gunakan stand gitar bila ada. Usahakan jangan sandarkan gitar anda ke tembok, pengalaman bodi gitar saya sekarang lecet-lecet karena ambruk dari tembok.

Bersihkan body

Selain senar; body, fretboard, dan bagian lainnya juga wajib bersih, tujuannya selain enak dilihat, juga menjaga kualitas suaranya agar terhindar dari debu yang menempel

Ganti Senar

Ganti senar kalo sudah karat, jangan tunggu putus atau jelek. Karena pasti pengaruh ke suaranya.

Ganti Satu Set

Usahakan kalo ganti senar jangan satu-satu, meskipun yang putus satu. Fungsinya, supaya karakter suara tiap senar seragam.


Nah Trik merawat gitar akustik diatas hanyalah beberapa tips / trik yang saya ketahui saja. Mungkin anda memiliki cara lain untuk menjaga gitar akustik kesayangan anda sendiri. Apabila ada tips lain jangan segan untuk memberikan komentar dibawah ini.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

1 Comment

Leave a Comment