Gitar

Cara Merawat Gitar Listrik

ALL IN ONE – Cara Merawat Gitar Listrik. Jika anda memiliki sebuah gitar listrik kesayangan. Sayang rasanya apabila tidak terawat. Sebenarnya yang namanya merawat gitar itu tidak sulit baik gitar akustik maupun gitar listrik. Jika kita memiliki gitar pasti sangat sayang apabila gitar kita tersebut tidak terawat dengan baik, baik gitar yang penuh debu, senar karatan, cat gitar yang jadi cacat sampai neck gitar yang melengkung. Han saya akan share pengalaman saya dalam Trik Merawat Gitar Listrik

Tips Merawat Gitar Elektrik yang mudah

Tips Merawat Gitar Elektrik yang mudah

1. Jika gitar elektrik anda sudah selesai dipakai, bersihkan senarnya dengan kain halus atau tisu dari keringan atau lemak yang menempel. Akan lebih baik apabila membersihkan senar gitarnya menggunakan cairan pembersih khusus gitar yang dapat dibeli ditoko alat musik. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan korosi. Selain itu bagian-bagian gitar listrik pasti terdapat banyak komponen yang tebuat dari besi yang rawan akan karat. misalnya pada bagian spull, pick up maupun jack sound nya. Maka alangkah baiknya bila kita bersihkan secara rutin.

2. Simpan gitar di tempat yang kering, artinya suhu ruangan tidak terlalu lembab. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi karat pada komponen-komponen gitar. Atau lebih baik simpan gitar dalam softcase / hardcase gitar yang bagian dalamnya lembut dan anti lembab apabila tidak digunakan. Usahakan jangan pakai hardcase/tas gitar yang kasar.

 

3. Kendorkan senar gitar. Apabila gitar tidak digunakan dalam waktu yang lama/ lebih dari 2 minggu maka alangkah baiknya jika senar gitar dikendorkan saja. Dimaksudkan agar senar lebih awet dan yang terpenting tidak membuat neck gitar melengkung sehingga pasti tidaknyaman bila digunakan, Apabila alasan anda tidak mengendorkan senar karena susah nyetelnya gunakan aplikasi Android Pitch Lab untuk ponsel anda yang berfungsi untuk mensetting atau menyetel senar gitar dengan mudah.
 
4. Simpan ditempat yang aman. Baik saat tidak digunakan atau saat anda membawanya untuk manggung atau sekedar latihan, anda bisa menyimpannya pada softcase atau hardcase untuk menghindari goresan akibat benturan dan juga dari hujan.

Mungkin sekian sedikit tips cara merawat gitar listrik. Memang sedikit kecerobohan kita dapat menjadikan sesuatu yang fatal. Saya juga memiliki gitar listrik Bermerk Fender Squire Strat berumur 4 tahun, pengalaman saat itu karena habis buat latihan saya sandarkan tepat disamping meja karena mau saya pakai lagi pikir saya. Namun tiba2 gitar ambruk dengan sedirinya dan menyebabkan sedikit lecet pada cat body gitarnya. Untung gitar saya ori bukan costume, jadi catnya lumayan bagus dan awet. Kalau tidak pasti sekarang cat gitar saya sudah tidak berbentuk/ compang-camping. Jadi rawatlah gitar kesayangan anda dengan baik dan rutin.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment