Gitar

Cepat pandai bermain gitar bagi Pemula

Cara cepat pandai bermain gitar bagi pemula – Bagi kamu yang ingin belajar gitar namun belum bisa sama sekali tidak usah khawatir. Saya akan share sedikit pengalaman saya dari nol. Memang sesuatu yang sangat menyenangkan mengiringi lagu menggunakan gitar. Belajar gitar tidak bisa kalau hanya satu atau dua kali mencoba. Kamu harus setiap hari memegang gitar dan mencoba chord-chord dasar. Berikut adalah langkah bermain gitar menurut pengalaman saya…

1. Pastikan Anda Memiliki Gitar Sendiri

Ini adalah bagian terpenting dalam belajar bermain gitar. Tidak perlu gitar yang bagus yang penting masih normal senar maupun bodinya

2. Menyetel gitar

Bagi pemula memang tidak mudah, harus terbiasa dan memiliki telinga dan perasaan yang peka. Memang harga alat untuk nyetem gitar harganya mahal sekitar 100rb ke atas, namun tidak perlu khawatir kamu dapat menggunakan aplikasi android bernama “pitch lab lite” hanya perlumendekatkan ponsel ke gitar cukup di bodinya saja lalu petik gitar dan atur sesuai ukuran yang terlihat di aplikasi tersebut. Kalau tidak punya ponsel android minta orang yang sudah pandai bermain gitar buat nyetem deh(kasihan deh lu)

Aplikasi Pitch Lab Stem Gitar Mudah

3. Belajar Chord

Lalu langkah selanjutnya adalah belajar Chord atau kunci gitar. Belajar dari kunci-kunci dasar terlebih dahulu

Chord Gitar

Belajar kunci dasar tidak cukup kalau hanya satu atau dua hari saja. Mungkin membutuhkan waktu satu atau dua minggu untuk dapat menguasai 7 chord tersebut. Dan itu harus dipelajari setiap hari agar jari-jari kita terbiasa dengan senar dan dapat berpindah dari chord ke chord. Apabila hal tersebut sering dilakukan maka kulit ujung jari-jari kamu akan mengelupas atau bahasa jawanya “kapalen”. Nah jangan takut biarkan saja nanti kalau sudah terbiasa tidak akan terasa sakit.

4. Tentukan lagu yang akan dimainkan

Langkah selanjutnya carilah lagu yang anda sukai dari google dengan kata kunci “chord” maka lagu yang anda cari akan ditampilkan si mbah google. Eits cari lagu gampang aja jangan susah-susah misal lagunya Peterpan jaman dulu gampang-gampang bro atau sesuai selera kalian Pasti seneng banget deh kalau sudah bisa main gitar satu lagu, pasti kamu ulang terus(haha pengalaman saya)
Setelah langkah diatas di lakukan selanjutnya kamu dapat belajar chor yang lebih susah misalnya chord/kunci2 tegak. Kalau ada usaha dan pengorbanan pasti bisa deh dan pada dasarnya kunci-kunci tegak lebih mudah dihafal. Belajarlah chord-chord minor(m) dan kress(#) karena itu yang sering digunakan.

Perhatikan perbedaan antara G biasa dan G# hanyalah letak G# maju satu fret dari G Major biasa.berlaku untuk chord lain

Chord Gitar G#

Chord Gitar G# minor am bm cm dm em fm gm

Untuk lebih jelasnya chord dapat dilihat google images Maaf kalau kurang rapi, semoga membantu

Leave a Comment