Gadget

Ciri-Ciri Penipu Jual HP

Sekarang ini jual beli online memang menjadi salah satu pilihan yang lebih mudah dengan harga miring, namun ada beberapa yang memanfaatkan media online untuk melakukan penipuan dengan berbagai modus. Penipuan saat ini memang sering terjadi terlebih lagi untuk barang yang kita beli secara online. Kita sebagai pembeli harus bisa extra hati-hati dan waspada sebelum memutuskan untuk menstransfer uang ke rekening penjual. Kita tidak tau apakah identitas penjual tersebut benar adanya ataukah hanya identitas yang diambil dari Google karena saat ini sangat mudah menemukan gambar identitas oranglain di Google. Biasanya kita proses jual beli tidak aman ini terjadi di forum-forum/grup jual beli dimana pembelian langsung dengan penjual tanpa pihak ketiga/rekber, biasanya penipu punya beribu banyak alasan dan cara untuk menipu korbanya sehingga mau untuk menstransfer sejumlah uang kerekening si penipu kemudian sipenipu akan memutuskan hubungan dengan pembeli tanpa mengirim barang.

Salah satu yang sering dijual belikan secara online adalah smartphone. Kita ambil salah satu contoh iPhone. Kenapa iPhone ? karena iPhone adalah salah satu produk smartphone Exlusive dan hanya memiliki beberapa authorized reseller di Indonesia. Karena tidak memiliki pabrik dan toko resmi di Indonesia biasanya kebanyakan orang memilih untuk membeli iPhone second/bekas karena lebih murah atau mungkin di daerah pembeli tidak ada yang menjual iPhone yang meyakinkan karena saat ini memang juga banyak beredar iPhone Refurbish atau bahkan iPhone Palsu alias KW . Jika dibandingkan harga iPhone yang paling murah di Indonesia ada di Batam Kepulauan Riau karena paling dekat dengan toko iPhone resmi di Singapura selain itu peraturan pasar bebas disana juga menjadi alasan harga Gadget di Batam lebih murah. Oleh karena itu kita yang berada di Pulau Jawa pasti juga akan tergiur dengan harga murah dan kualitas yang ditawarkan disana. Memang tak ada salahnya beli online disana, namun yang perlu kita waspadai juga penipuan yang saat ini sedang marak terjadi, jangan sampai uang melayang begitu saja karena setalah anda mentransfer uang ke penipu anda sudah tidak bisa apa-apa lagi hanya bisa ikhlas dan lebih hati-hati kedepanya. Kalaupun melapor ke polisi pasti akan ribet prosesnya dan belum tentu uang anda akan kembali. Oleh karena itu anda harus menerapkan trik tips menghindari penipu di dunia maya

Ciri-Ciri Penjual Ponsel Penipu

Harga barang selalu di bawah rata-rata atau bahkan jauh dibawah aslinya. Anda perlu waspada apabila ada yang menawarkan harga miring seperti ini. Misal iPhone 7 yang harganya masih diatas 10 juta anda menemukan yang harganya 3 jutaan. Tentu harus hati-hati dengan yang demikian karena sangat tidak masuk akal. Kita tidak kondisi iPhone 7 tersebut rusak atau memang niat seorang penipu.
Mudah sekali di tawar. Anda juga harus waspada apakah memang penjual sedang butuh uang ataukah ingin menipu. 

Transaksi dan komunikasi via BBM. Kebanyakan penipu menggunakan BBM karena mudah di delcont sehingga setelah pembeli tertipu si penipu bisa langsung lenyap entah kemana. 
Tidak mau COD (Cash On Delivery). Penipu biasanya juga memiliki seribu alasan untuk tidak mau bertemu secara langsung dengan penjual. Untuk menghindari pertemuan, biasanya penipu berpura-pura beralamat di tempat yg jauh, biasanya diluar pulau Jawa. Atau bisa juga penipu berpura-pura sibuk sehingga tidak bisa ketemuan. 
Nama Tokonya sering sekali menggunakan identitas cewek. Agar terkesan trusted dengan rayuan-rayuan maut. 
Penjual Bloon. Lihat percakapan dibawah mana ada iOS lollipop atau marshmallow, disamain Android aja tapi pembelinya juga pinter.

Cara Tips Trik Beli Ponsel Online

Kesimpulanya lebih baik membeli barang dengan cara COD / ketemuan langsung, ketemuan juga usahakan ditempat ramai jika anda tidak mengenal penjualnya. Kalau online, pastikan anda mengenal penjual atau penjual yang sudah terpercaya dengan banyak testimoni, tapi anda tetap harus hati-hati penjual terpercaya pun kadang ada banyak akun cloningan yang mengatasnamakan penjual tersebut. Maka kalau mau beli online gunakanlah Rekening Bersama (Rekber) seperti melalui Bukalapak dan Tokopedia sehingga apabila barang belum ada ditangan kita atau barang ada masalah, uang akan ditahan oleh pihak rekber tidak langsung menyerahkan ke penjual.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment