free hit counters CPC Adsense menurun drastis di awal Tahun 2020
Blogging

CPC Adsense menurun drastis di awal Tahun 2020

CPC Adsense menurun drastis di awal Tahun 2020. CPC (Cost Per Click) dalam adsense adalah besaran nominal harga perklik iklan di blog kita. Besar kecil pendapatan yang kita peroleh setiap harinya juga bergantung pada besar CPC, yaitu CPC x Jumlah Klik. Besaran CPC tidak pasti bisa berdasarkan kualitas keyword blog kita, bias juga karena tingginya permintaan iklan pada saat ini.

Bagaimana bias awal tahun nilai CPC turun drastic ? Kenapa bulan januari CPC rendah ? Hal ini pasti menjadikan para blogger resah. Hal ini juga saya alami dimana sebelumnya akhir tahun antara bulan September, November, Desember CPC meningkat. Tapi kenapa pada bulan Januari menurun drastic. Hal ini menjadikan pendapatan saya pada bulan ini jauh dari expektasi. Hal ini membuat saya resah, apakah ada yang salah dengan penempatan iklan ? ataukah ada update Adsense yang menurunkan CPC pada bulan ini? Muncul berbagai keresahan dibenak saya.

Setelah mencari informasi kebeberapa sumber ternyata. CPC pada bulan Januari menurun ternyata juga dialami rata-rata para Publisher Adsense. Kenapa bias demikian ? Apakah bias normal kembali ?

CPC Adsense menurun drastic di awal Tahun

CPC blog ini pada bulan Januari 2020 sangat mengenaskan, kisaran Rp 250 rupiah saja. Padahal pada akhir tahun rata-rata CPC 1000 rupiah sampai 5000 rupiah. Ternyata hal ini adalah wajar.

CPC Adsense menurun drastis di awal Tahun

Ternyata jawabanya adalah pada awal tahun (Januari) bukan bulan yang bagus untuk memasang iklan. Banyak pengiklan yang menghabiskan budget di akhir tahun, ditambah banyaknya diskon akhir tahun dan hari natal, seperti harbolnas, yang diadakan pada akhir tahun, sehingga kita sering melihat iklan online shop di akhir tahun  kemarin. Sedangkan sekarang awal tahun saya amati iklan-iklan seperti itu memang tidak pernah muncul lagi.

Karena alasan tersebut para pemasang iklan Google Adword akan mengurangi budget iklan di awal tahun, menurunkan lelang iklan dan menonaktifkan kampanye. Oleh karena itu iklan yang muncul di kebanyakan website adalah iklan yang berharga murah saja.

Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan CPC Adsense yang menurun drastis di bulan Januari. Apabila menurun memang sangat jauh dari harapan mungkin kita juga harus intropeksi apakah blog kita cukup berkualitas berisi keyword-keyword berharga tinggi. Jika sebelumnya CPC anda lebih tinggi maka tinggal ditunggu saja antara 2-3 bulan berikutnya, pasti akan naik lagi.

Walaupun CPC menurun kita harus tetap aktif melakukan update pada blog kita agar pengunjung meningkat dan meningkatkan jumlah klik Adsense kita. Jadikan penurunan CPC pada awal tahun 2020 ini penyemangat untuk mengembangkan blog agar lebih baik lagi.

Leave a Comment