free hit counters Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU
Otomotif

Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU. Shock breaker / suspensi / shock arbsorber / skok / sekok beker atau peredam kejut adalah suatu komponen motor yang berfungsi untuk meredam energi kinetik pada saat motor melewati jalan berlubang. Sampai saat ini sudah banyak sekali shockbeaker aftermarket yang dijual dipasaran. Dalam sebuah shock kita mengenal istilah preload, rebound dan compression. Nilai ketiga istilah tersebut haruslah ideal. Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang ingin mengganti shockbreaker mereka. Bisa karena alasan kenyamanan, performa tinggi, tampilan yang lebih keren ataupun shockbreaker yang lama sudah rusak.

Satria FU dikenal memiliki shock arbsorber belakang yang terlalu empuk, sehingga ketika melewati jalanan bergelombang akan membuat bagian belakang bergoyang, hal ini akan menyebabkan laju motor yang tidak stabil. Namun apabila anda menggunakan motor yang masi stndar dan diunakan untuk harian saya rasa shockbeker standar bawaan SGP sudahlah cukup nyaman dan awet. Namun apabila anda suka dengan modifikasi dan menggunakan motor untuk aktifitas yang lebih seperti touring atau perjalanan jauh maka akan lebih nyaman lagi menggunakan shockbeaker yang lebih nyaman lagi.

Saya tidak menyarankan menggunakan shockbreker dengan harga dibawah Rp. 500 ribuan seperti merk ride it, takayama, crazo, BMB, willwood, furukawa atau apapun itu. Berdasarkan pengalaman monoshock seperti itu cenderung keras dan kadang tinggi shockbeker juga tidak sesuai standar. Dari pada menggunakan shockbeker dobawah Rp.500 ribuan lebih baik menggunakan shockbreaker original SGP.

Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

1. Monoshock Suzuki SGP

Suzuki SGP - Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

Seperti yang sudah saya katakan lebih baik menggunakan shockbreaker bawaan dripada anda mengganti dengan yang harga Rp 200 ribuan kualitas dibawahnya. Harga monoshok original Satria Fu SGP ini adalah Rp 800.000,- bisa dicek di E-Parts katalog suzuki Satria Fu. Kalau memang shock anda sudah rusak atau bocor daripada membeli shock 200ribuan lebih baik menservis shock original ditukang servis shockbreaker motor, karena shock 200ribuan biasanya memiliki komponen bagian dalam seperti piston yang tipis dan rentang rusak.

2. Monoshock YSS

YSS- Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FUDaftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

YSS dikenal dengan wordclass suspension yang bekerjasama dengan TDR untuk menciptakan shockarsorber berkualitas tinggi. YSS memang merk yang sudah terkenal dikalangan masyarakat. Shock ini memiliki banyak sekali pilihan dari yang kualitas standar harian hingga kualitas tinggi dengan tabung tambahan. Untuk Satria FU dengan budget standar saya rasa sudah cukup menggunakan yang tanpa tabung dengan harga sekitar Rp 550.000,-.

3. Monoshock KYB

kyb - Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

KYB atau Kayaba adalah produsen shock arsorber asal jepang yang sudah memiliki pabrik PT. Kayaba Indonesia di dalam negeri. Sekitar 90% pabrikan motor dan mobil di Indonesia menggunakan produk ini, jadi secara kualitas Kayaba sudah standar untuk jalanan Indonesia tidak diragukan lagi. Produk yang dihasilkan sudah memenuhi Original Equipment Manufacturer(OEM) yang juga memproduksi shockarsorber untuk Satria FU. Harganya Rp 500ribuan seperti YSS, masih sangat terjangkau.

4. Monoshock RCB

Racing Boy - Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

RCB / Racing Boy adalah merk aksesoris aftermarket asal Malaysia. Saya belum pernah menggunakan monoshock ini, tapi bedasarkan beberapa produk RCB yang saya gunakan memiliki kualitas yang sangat bagus dan sangat presisi. Oleh karena itu saya juga yakin kalau monoshock yang mereka buat juga memiliki kualitas yang tinggi. Harga Monoshock Racing Boy adalah sekitar Rp 1,2jutaan dan untuk versi menggunakan tabung sekitar Rp 2jutaan.

Baca Juga : Daftar Sparepart Aksesoris Racing Boy (RCB) Untuk Suzuki Satria F

5. Monoshock Gazi

Merk suspensi ini sudah dikembangkan mulai era 80an untuk kompetisi formula 1, dan saat ini Gazi memiliki varian untuk Satria Fu. Gazi adalah merk suspensi yang cukup terkenal juga. Monoshock ini memiliki settingan preload dan rebound hingga 20klik. Harganya sama dengan RCB sekitar Rp 1,2jutaan.

6. Monoshock Daytona

Daytona - Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

Daytona adalah merk aftermarket yang menjual banyak aksesoris termasuk Monoshock. Suspensi Daytona memiliki fitur preload saja namun skok ini sangat nyaman digunakan untuk melibas jalanan yang bumpy. Harganya Rp 2,5 jutaan.

7. Monoshock Ohlins

Ohlins - Daftar Shockbreaker Terbaik Motor Satria FU

Ohlins adalah monoshock terbaik untuk Satria Fu yang saya ketahui. Suspensi asal Swedia ini memiliki settingan preload, rebound dan compression didalam tabung tambahan. Untuk kualitas jangan ditanyakan lagi dengan suspensi harga Rp 7jutaan ini. Ohlins juga berani memberikan garansi 3 tahun untuk kebocoran ataupun kerusakan akibat pemakain wajar.

Baca Juga : Modifikasi Satria FU 150 Part 2 + Rincian dan Harga

Apabila anda mementingkan motot untuk kenyamanan dan penggunaan harian saya menyarankan monoshock Ori SGP atau YSS karena harganya juga terjangkau. Selain itu monoshock letaknya dibawah rangka tidak terlalu kelihatan kalau motor anda standar. Akan tetapi kalau Satria Fu sudah lepas filter shock akan lebih terlihat jelas. Apabila anda menginginkan disamping kualitas tinggi juga tampilan yang menarik, anda bisa memilih shock dengan tabung tambahan. Sekali lagi saya sarankan untuk tidak membeli suspensi abal-abal harga Rp 200ribuan karena saya sudah pernah mencobanya sendiri.

Leave a Comment