Gadget

Downgrade iOS 10 ke 9.3.5 via iTunes tanpa kehilangan Data

Downgrade iOS 10.0.2 ke 9.3.5 via iTunes tanpa kehilangan Data, iOS 10 memang masih baru dan menawarkan fitur yang berbeda dari iOS versi sebelumnya. Ada yang menyukai fitur baru di iOS 10 ada juga yang merasa tidak cocok dan lebih menyukai iOS versi sebelumnya. Karena baru saja release tentunya masih banyak bug yang terjadi di iOS 10 seperti aplikasi yang tidak berjalan lancar atau langsung menutup sendiri juga masalah orientasi layar yang kadang bermasalah. Bug-bug kecil seperti demikian memang akan hilang seiring update terus menerus yang diberikan pihak Apple. Namun ada juga orang yang kurang cocok dengan fitur iOS 10 seperti press home to unlock yang terasa lebih ribet, oleh karena itu beberapa orang lebih menyukai stay di iOS 9.

Downgrade adalah kebalikan dari upgrade. apabila upgrade adalah menaikan versi iOS ke versi diatasnya sedangkan downgrade dilakukan untuk menurunkan versi iOS ke versi sebelumnya. Fasilitas upgrade tersedia langsung di menu setting di perangkat Apple dan dapat dilakukan upgrade langsung melalui perangkat Apple anda tanpa bantuan itunes atau PC. Namun untuk melakukan downgrade Apple tidak menyediakan fasilitas otomatis downgrade di perangkatnya, tapi jangan kawatir kita masih bisa melakukan downgrade menggunakan bantuan PC dan itunes. Memang ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk downgrade diantaranya menggunakan aplikasi berbagai aplikasi namun disini venomku menggunakan aplikasi iTunes yang dapat kita download di situs resmi apple dan menurut venomku ini juga lebih aman karena iTunes didapat dari Apple langsung. Memang beberapa orang mempertanyakan downgrade ini aman atau tidak ? apakah downgrade diperbolehkan oleh Apple ? apakah kita masih bisa mendapatkan update via OTA setelah dilakukan downgrade ? Jawaban dari 3 pertanyaan diatas sebenarnya sah-sah saja karena di dalam iTunes disediakan opsi untuk memilih file ipsw yaitu software iOS yang akan kita instal ke perangkat iDevice. Setelah kita downgrade kita juga akan mendapatkan informasi update lagi ke iOS terakhir melalui menu setting perangkat. Misal kita berhasil downgrade iOS 10 ke iOS 9 kemudian kita cek setting update disana akan terdapat pemberitahuan update ke iOS 10 lagi jadi downgrade diperbolehkan.

Yang kita takutkan saat downgrade adalah data yang ada di iPhone kita akan hilang. tentu saja ada cara agar downgrade berjalan seperti upgrade jadi tidak akan menghapus semua data sehingga kita dapat langsung menggunakan secara normal kembali.

Cara Downgrade iOS 10 ke 9.3.5 via iTunes tanpa kehilangan Data

Pertamax, Sebelum melakukan downgrade iOS 10 anda Download file ipsw di https://ipsw.me/ download file tersebut sesuai dengan tipe perangkat anda. Ketika memilih perangkat sesuai dengan versi iOS biasanya akan ada beberapa pilihan GSM atau Global. Tentu saja anda harus download sesuai dengan iDevice yang anda gunakan. GSM apabila iPhone / iDevice hanya dapat digunakan untuk kartu GSM saja dan Global apabila iPhone / iDevice dapat menggunakan kartu GSM maupun CDMA. ini bisa diketahui dari kode model yang ada dibelakang casing atau belakang dus (pastikan model dus dan casing masih original). pada halaman ipsw.me klik pada “identify my iOS device” kemudian masukan model iPhone / iDevice anda disana. misal A1533 maka akan muncul iPhone 5s (GSM) kemudian klik Browse All iOS Release disana anda akan menemukan berbagai versi iOS tinggal pilih versi yang anda inginkan. File ipsw memiliki ukuran 1,5 GB sampai 2,1 GB.

Mengetahui model iPhone IPSW

Keduax, Pastikan anda sudah memiliki iTunes di PC kalau belum download dulu di http://www.apple.com/itunes/download/ pastikan iTunes sudah update ke versi terbaru agar tidak ada masalah nantinya. Lalu sambungkan iPhone ke iTunes PC.

Ketigax, Untuk mengamankan data agar file anda tidak hilang dapat menggunakan fasilitas Back Up Now atau Cadangkan Sekarang lewat iTunes sehingga anda dapat langsung restore apabila ingin mengembalikan file anda yang hilang.

Keempatx, setelah terhubung dan selesai penyelarasan, klik pada update/periksa pembaharuan sambil menahan keyboard Shift untuk windows atau Option/Alt untuk Mac. lalu kita pilih file IPSW yang sudah kita download tadi.

Downgrade iOS via iTunes

Kelimax, Prosesnya seperti gambar dibawah. iPhone akan otomatis mati dan masuk ke proses update dengan logo apple ditengahnya. tunggu dengan sabar dan jangan sampai PC mati atau koneksi kabel terputus agar prosesnya berjalan dengan lancar.

iTunes Downgrade iOS Process

Selesai, akhirnya venomku berhasil downgrade iPhone 5s (GSM) dari iOS 10.0.2 ke iOS 9.3.5 tanpa kendala, bahkan apabila dicek pada pembaharuan perangkat lunak muncul lagi update iOS 10 sehingga kapanpun kita dapat update iOS terbaru melalui perangkat langsung. Jadi kalau iOS 10 udah enak dan dirasa udah gak bug bisa upgrade lagi. kalaupun terlanjur upgrade selama kita masih punya file IPSW kapanpun dapat kita downgrade dan hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit dalam kondisi normal.

After Downgrade iOS 10.0.2 to 9.3.5

Saat downgrade venomku juga mendapat sedikit masalah karena setelah pilih file ipsw langsung muncul error pada iTunes bertuliskan “iPhone “nama’s iPhone” tidak dapat diperbaharui. terjadi kesalahan yang tidak diketahui (3600).” Apa salah saya ? ternyata selama proses downgrade PC kita harus konek dengan internet barulah kesalahan 3600 tersebut tidak muncul lagi dan proses berjalan tanpa kendala lagi.

Leave a Comment