Blogging

Download dan Setting Yoast SEO WordPress Plugin

Bagaimana cara download dan setting Yoast SEO Premium. Yoast merupakan salah satu plugin wajib wordpress yang harus anda miliki. Plugin ini juga disebut All in One SEO karena didalamnya sudah terdapat berbagai fitur untuk keperluan SEO. Banyak blog besar menggunakan Yoast SEO untuk mendongkrak peringkat website ke halaman pertama Google. Saya juga sedang memulai blog wordpress dan menggunakan SEO Yoast untuk kebutuhan SEO blog saya.

Plugin ini sangat praktis untuk dikonfigurasi dan dan mudah digunakan. SEO by Yoast adalah alat search engine optimization yang ampuh. Anda tidak memerlukan skill optimasi SEO lanjutan karena disini sudah terdapat panduan dalam penulisan SEO On Page berupa pengaturan snippet, keyword dan analysis artikel.

Yoast juga akan membantu anda mencegah perayapan dan pengindexan halaman yang tidak penting seperti tag, kategori dan halaman lain.

SEO Yoast bisa anda dapatkan secara gratis melalui menu Plugins pada dashbor wordpress, namun disini saya akan membagikan versi premiumnya. Sebelum masuk lebih lanjut tentang SEO Yoast Premium ada baiknya anda tau beberapa fitur Yoast terlebih dahulu :

  • Verifikasi situs di Google, Bing, dan Alexa.
  • Pengaturan title meta.
  • Pengaturan meta untuk taxonomies, author pages, homepage, dll.
  • Generate sitemap.
  • Pengaturan permalink lanjutan.
  • Pengaturan snippet
  • Dukungan breadcrumbs.
  • Import setting dari plugins SEO lain.

Download Yoast Premium

Setting Yoast SEO WordPress Plugin

Setelah anda mendownload Yoast Premium diatas dan menginstal pada blog wordpress. Apabila tidak bisa instal melalui upload plugin di wordpress, gunakan WS FTP Untuk instal Plugin lebih mudah. selanjutnya adalah mengatur beberapa setting SEO Yoast untuk mengoptimalkan blog anda.

Pertama aktifkan Advanced Mode. Klik SEO -> Dashbor -> Feature -> pada Advanced settings pages Pilih Enable

advanced seo yoast premium

Setelah Advanced aktif masuk ke SEO -> Tools -> Import & Export -> Import from other SEO plugins -> Import From All-in-One SEO

Masih dalam tab SEO -> Dashbor -> Masuk ke Webmaster Tools. Anda dapat melakukan verifikasi 3 webmster terkenal dibawah dengan hanya memasukkan kode verifikasi yang didapat dari webmaster

verifikasi webmaster seo yoast

Selanjutnya SEO -> Title & Meta. Anda bisa mengatur tampilan judul dan meta anda disini, agar lebih mudah samakan dengan pengaturan saya :

General

setting title meta yoast

Type Post

tipe post

 

Taxonomi

taksonomi

Archieve

Archieve

Sekarang kita masuk ke pengaturan sosmed SEO -> Social isi sesuai data akun social media anda masing-masing

social

Selanjutnya pengaturan sitemap untuk kita masukkan index webmaster. Anda harus mengaktifkan fitur ini untuk mendapatkan sitemap blog wordpress anda karena tidak bisa otomatis seperti blogger. Masuk SEO -> Sitemap XML -> Enable -> Coba cek pada You can find your XML Sitemap here: XML Sitemap apabila berhasil sitemap.xml akan menjadi seperti ini :

sitemap xml wordpress

Kemudian Permalink. Pada bagian ini kita gunakan untuk mencegah index halaman yang tidak perlu seperti tag dan categories. SEO -> Advanced -> Permalink

permalink yoast

Trik menghilangkan notice Yoast SEO Premium license key :

Warning! You didn’t set your Yoast SEO Premium license key yet, which means you’re missing out on updates and support! Enter your license key or get a license here.

Apabila anda mendownload dan instal SEO by Yoast Premium pasti anda akan menemukan notice seperti diatas. Untuk menghilangkan notice diatas cukup mudah :

Buka FTP/ File Manager di Cpanel:
Cari public_html\wp-content\plugins\wordpress-seo-plugin\vendor\yoast\license-manager
Edit file “class-license-manager.php

Cari script “if ( ! $this->license_is_valid() ) {

Ganti dengan “if ($this->license_is_valid() ) {

Save. Sekarang anda sudah tidak akan melihat notice warning lagi.

Itulah link download dan beberapa Setting SEO Yoast. Memang masih banyak lagi fitur yang dapat anda explorasi, anda juga harus hati-haati menyesuaikan fitur-fitur tersebut karena bisa jadi blog anda malah tidak terindeks ke webmaster. Oleh karena itu beberapa pengaturan diatas saja menurut saya sudah cukup.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

Leave a Comment

2 Shares
Tweet
Share2
+1
Share