free hit counters Hal Penting Yang Harus Di Cek Sebelum Mobil Perjalanan Jauh
Otomotif

Hal Penting Yang Harus Di Cek Sebelum Mobil Perjalanan Jauh

Hal Penting Yang Harus DiCek Sebelum Mobil Perjalanan Jauh. Mobil merupakan sarana transportasi pribadi yang tidak lagi mewah. Saat ini anda bisa membeli mobil murah dengan harga mulai dari puluhan juta rupiah saja. Namun bagaimanapun juga mobil mau harga belasan sampai milyaran sekalipun membutuhkan maintance/perawatan berkala, setidaknya anda harus paham dengan kondisi mobil yang anda kemudikan sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan dijalan.

Mobil digemari masyarakat karena kenyamanan dan kebebasan yang ditawarkan dibandingkan menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan mobil anda tidak akan cepat capek, kehujanan, maupun kepanasan. Bicara tentang kesehatan mobil, prinsip setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang peduli dengan kesehatan dan kondisi mobil, ada juga orang yang cuwek asal mobil bisa jalan dan kalau rusak tinggal bawa kebengkel. Namun anda harus berpikir lebih jauh, bagaimana kalau mobil mogok ditengah jalan dan tidak ada yang bisa membantu anda saat itu, anda akan kerepotan sendiri.

Pastikan mobil anda dalam keadaan prima sebelum perjalanan jauh. Selain untuk kenyamanan juga keamanan diri anda sendiri dan penumpang. Apabila biasanya mobil digunakan untuk dalam kota sehari mesin menyala selama sekitar 7 jam, apabila anda bepergian keluar kota mesin mobil mungkin akan anda pacu lebih dari 20 jam. Kondisi ini menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras, dan untuk bisa melakukanya mesin mobil anda harus dalam keadaan prima atau mobil bisa mogok atau kalau dipaksa bisa sampai kerusakan yang lebih parah. Kerusakan yang parah menyebabkan anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup mahal, hal ini tidak akan terjadi apabila anda melakukan check up rutin.

Saat perjalanan jauh tidak ada salahnya melakukan cek sendiri kondisi mobil anda untuk memastikan perjalanan anda tidak terganggu.

Hal Penting Yang Harus Di Cek Sebelum Mobil Perjalanan Jauh

1. Ban

Cek tekanan ban

  • Pastikan bahwa alur ban anda masih layak digunakan lihat secara visual saja.
  • Cek tekanan angin, anda bisa mengecek tekanan angin di SPBU. Untuk ukuran tekanan angin bervariasi, anda bisa melihat sticker rekomendasi di pintu pengemudi atau petugas pengisian angin pasti juga tahu tekanan angin standar yang sesuai.
  • Sebelum anda perjalanan jauh pasti anda bisa merasakan apakah stir lurus dan tidak banting kanan atau kiri, apabila hal ini terjadi maka anda perlu melakukan Spooring dan Balancing agar mobil bisa stabil lagi.
  • Ban serep harus dalam keadaan siap digunakan. Pastikan anda juga mengecek tekanan angin ban serep.

2. Rem

Cek tabung minyak rem

  • Pastikan kampas rem masih tebal, anda bisa melihat kampas cakram melalui celah velg
  • Periksa tabung oli rem di ruang mesin, pastikan ketinggianya diantara high dan low

3. Radiator

Coolant atau air radiator adalah hal sangat penting untuk mendinginkan mobil. Radiator wajib selalu dalam kondisi prima dan berfungsi dengan baik. Apabila radiator bermasalah maka indikator check engine akan menyala dan mesin bisa overheating. Apabila dipaksakan untuk jalan maka mesin bisa rusak. Kerusakan radiator ini biasanya sering kita lihat dipinggir jalan dimana kap mobil mengeluaran asap putih. Maka anda harus memastikan radiator berfungsi dengan baik.

Cek radiator coolant mobil

  • Pastikan coolant atau air radiator ditangki reservoir pada ketinggian cukup diantara high dan low.
  • Jangan pernah membuka tutup radiator langsung terutama mesin panas, tambahkan air radiator melalui tangki cadangan/reservoir.
  • Usahakan menggunakan coolant khusus untuk radiator dan hindari air mineral untuk mengisi radiator. Coolan berfungsi untuk mendinginkan suhu radiator lebih cepat. Sedangkan air mineral bisa menimbulkan korosi didalam saluran radiator.
  • Pastikan kipas radiator berfungsi dengan baik. Kipas radiator biasanya akan menyala otomatis ketika suhu radiator mencapai 80 derajat. Anda bisa mengecek kipas ini dengan memanaskan mobil hingga kipas menyala.

4. Oli Mesin

Cek oli mesin mobil

Oli mesin adalah komponen wajib bagi mesin. Agar bisa melumasi mesin dengan baik maka oli mesin harus dalam ketinggian yang cukup, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Perhatikan apabila ada rembesan oli dibagian atas atau bawah mesin artinya ada kebocoran pada mesin biasanya kebocoran oli mesin terjadi melalui packing yang sudah aus. Apabila ada rembesan anda masih bisa menggunakan untuk perjalanan jauh namun anda harus rutin memeriksa ketinggian oli melalui dipstik oli mobil. Standar oli mesin mobil harus diganti 6 bulan sekali.


Diatas adalah 4 point penting yang wajib anda cek ketika perjalanan jauh menggunakan mobil. Sebenarnya masih ada hal lain yang perlu anda cek namun apabila mobil anda sebelumnya tidak memiliki masalah maka cukup 4 hal diatas yang wajib anda cek. Jangan malas mengecek kondisi mobil anda dan usahakan melakukan servis rutin pada mobil anda untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

 

Leave a Comment