Otomotif

Honda Beat Tidak Bisa Di Starter Cuma Bunyi Tek Tek

Honda Beat Tidak Bisa Di Starter Cuma Bunyi Tek Tek. Honda beat adalah motor matic seribu umat. Beberapa tahun belakangan ini motor matic memang sedang populer. Selain karena irit, motor matic juga terbilang motor yang nyaman untuk harian maupun touring. Permasalahan motor beat ini tidak bisa di starter memiliki banyak kemungkinan. Permasalahan ini juga tidak hanya terjadi di motor honda beat namun disemua motor matic karburator bisa juga di Vario,

Permasalahan ini bisa terjadi karena berbagai kemungkinan. Double starter memang sangat memudahkan kita pengguna motor matic karena motor matic memang terkenal ribet kalau harus memakai starter engkol, karena harusn standar tengah dulu biar motor tidak lari. Oleh karena itu starter elektrik memang sangat penting untuk memudahkan kita menyalakan motor matic. Lalu bagaimana apabila starter elektrik tidak bisa digunakan ? Ada berbagai kemungkinan

Honda Beat Tidak Bisa Di Starter Cuma Bunyi Tek Tek

Honda Beat Tidak Bisa Di Starter

1. Aki / Accu

Aki merupakan komponen sebagai sumber daya listrik utama saat motor dari keadaan mati. Untuk menggunakan Starter Elektrik tentu saja aki harus dalam keadaan sehat dengan voltase diatas 12V. Apabila voltase dibawah 12V kemungkinan besar Aki sudah soak, apabila aki sudah digunakan setahun lebih maka besar kemungkinan memang AKI motor yang bermasalah. Gunakan Volt meter untuk memastikan keadaan aki.

2. Kiprok

Kiprok pada motor berfungsi sebagai penstabil arus listrik dan tegangan sebelum menuju ke Aki. Kondisi kiprok bisa berpengaruh besar terhadap keawetan aki. arus AC yang dihasilkan oleh spul akan melewati kiprok dulu dan diubah menjadi DC sebelum menuju ke Aki. Arus yang menuju aki harus stabil tidak boleh lebih karena bisa mengakibatkan overcharge juga tidak boleh kurang yang bisa mengakibatkan Aki tekor. Hal ini yang berpengaruh terhadap Honda Beat Tidak Bisa Di Starter karena aki sering rusak.

3. Dinamo Starter

Untuk mengecek dinamo starter ini anda bisa gunakan multimeter (+) dihubungkan ke positif tombol starter kemudian (-) dihubungkan ke massa. Kemudian tekan tombol starter, apakah ada arus yang memngalir atau tidak. Apabila tidak ada arus maka dapat dipastikan Motor Starter memang rusak. Biasanya yang bermasalah terletak pada komponen sikat (brush) atau kumparan (spull).

4. Bendik Starter

Bendik Starter berfungsi menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter. Cara cek nya sambungkan dengan dua kabel (+) dan (-) yang berada dalam soket, kemudian hubungkan dengan (+) dan (-) aki. Apabila terdapat suara “Cetak” maka dipastikan Bendik starter tidak ada masalah.

5. CDI

CDI merupakan komponen pengapian penting pada motor karburator. Bagaimana bisa CDI menyebabkan motor beat tidak bisa distarter ? Hal ini dikarenakan didalam CDI terdapat relay yang terhubung dengan bendik starter, sehingga apabila relay dalam CDI ini bermasalah menyebabkan motor tidak bisa distarter dan komponen lainya menjadi tidak awet. Harga CDI cukup mahal diatas 300 ribuan. Solusi lain apabila anda tidak mau ganti CDI adalah melakukan Jumper pada CDI tersebut sehingga tidak melewati relay CDI. Hal ini bisa menambah keawetan aki dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk ganti CDI.

Leave a Comment