Blogging

Import Blogger Ke WordPress

Import Blogger to Wordpress
Written by Novian Hanu

Import Blogger Ke WordPress. Migrasi dari blogspot ke wordpress self -hosting adalah suatu keputusan yang tepat. Kita akan lebih leluasa menggunakan wordpress dan juga ada banyak alasan yang mendukung seperti yang saya ungkapkan dalam postingan sebelumnya. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mudah import blogger ke wordpress, karena dari pengalaman uji coba saya sebelumnya saya mengalami beberapa kendala sampai akhirnya menemukan metode import yang paling tepat.

Ada banyak metode import blogger ke wordpress yang dapat kita gunakan. Dan yang paling umum adalah menggunakan plugin Blogger Importer atau Blogger Importer Extended. Keduanya dapat kita temukan dimenu plugins. Perbedaan apabila blogger importer kita harus mengexport konten blog kita terlebih dahulu baru kemudian mengimport file export tadi ke wordpress, sedangkan blogger importer extended kita hanya perlu menghubungkan plugin dengan google plus pemilik blogger yang ingin di import.

Saya sudah mencoba menggunakan plugin blogger importer extended tapi saya menemukan kendala yaitu muncul notif “The importer has stopped unexpectedly! But… don’t worry! It will restart automatically in 175 seconds.” Notifikasi tersebut muncul secara terus menerus dan proses import tidak bisa sempurna hasilnya hanya sebagian postingan saja yang berhasil terimport. Akhirnya saya memutuskan tidak menggunakan Plugin ini walaupun banyak artikel yang menyarankan menggunakanya.

Cara Import Blogger Ke WordPress

Blogger importer adalah metode yang saya gunakan karena menurut saya plugin ini adalah plugin standard yang dapat kita temukan di menu dashbor wordpress -> Tools -> Import -> Blogger -> Kemudian Instal.

Sebelumnya anda harus melakukan export konten blogger anda caranya : Masuk dashbor blogger -> Setelan -> Lainya -> Cadangkan Konten -> Lalu download simpan dulu file xml tersebut

Export Blogger

Kembali ke wordpress, jalankan Blogger Importer -> Pilih File xml yang tadi kita dapatkan dari blogger.

Import Blogger ke WordPress

Kemudian klik Upload file and import. Apabila berhasil hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Blogger Importer Success

Dalam proses import menggunakan plugin standard Blogger Importer bukan tanpa kendala. Saya menemukan kendala yang menurut saya ini adalah blog dari plugin karena plugin ini tidak pernah update. Kendala tersebut adalah Maximum Size hanya 2mb dan masalah lainya adalah gambar blogger tidak bisa terimport ke wordpress. Tapi jangan kawatir apabila anda menemukan permasalahan yang sama seperti saya dibawah ini solusinya.

Memperbesar kapasitas upload dari Maximum Size 2 mb

Ini menjadi kendala karena file xml saya lebih besar dari 2mb sehingga saya tidak bisa mengupload file xml dari blogger tadi. 2mb ini muncul tergantung dari ukuran disk space hosting anda. Karena disk space saya hanya 300mb jadi ukuran upload 2mb kalau 2gb ukuran upload 64mb. Saya sendiri tidak tau persis bagaimana perhitunganya. Yang jelas dibawah ini solusinya :

Tambahkan script berikut dibagian atas .htaccess

php_value upload_max_filesize 20M
php_value post_max_size 20M

note : .htaccess dapat anda temukan di cpanel -> File Manager -> Public_html -> klik kanan .htaccess -> edit

Solusi gambar tidak ikut terimport

Ini adalah permasalahan import blogger ke wordpress yang saya temui. Setelah proses import selesai saya tidak menemukan gambar satupun di postingan yang sudah saya import. Akhirnya saya menghapus semua posting dengan plugin bernama WordPress Database Reset Untuk menghapus bersih semua postingan yang sudah terimport, kemudian melakukan import ulang dengan memodifikasi script plugin (Dashboard -> Plugins -> Editor)

Edit Blogger Importer Image Error Solution

Masuk file blogger-importer/blogger-importer.php kemudian temukan script dibawah ini :

function import_image($post_id, $lowrez, $highrez, $description, $imgcount, $postcontent, $blogname, $author) {

Kemudian tambahkan script dibawah ini persis dibawah kode diatas :

if (is_null($description)) { $description = ''; }

Simpan. Kemudian ulangi langkah import dan periksa apakah gambar sudah ikut terimport ataukah belum.

About the author

Novian Hanu

Blogger newbie yang ingin belajar dan berbagi karena ilmu adalah harta yang tak akan pernah habis.

2 Comments

Leave a Comment

3 Shares
Tweet
Share2
+11
Share