Blogging

Inilah Cara Memperkecil Ukuran Gambar

Dalam suatu blog atau website dirasa sangat perlu untuk menyisipkan beberapa gambar di dalanya. Konten akan lebih menarik dan pengunjung blog tidak akan merasa jemu saat membaca artikelnya. Namun kita perlu meyesuaikan ukuran gambar sesuai dengan tata letak kita dalam meletakkannya diantara teks artikel.

Kemudian ada beberapa gambar yag perlu kita perkecil agar sesuai proporsi ruang pada blog atau wesite kita. Beberapa aplikasi edit foto seperti photoshop terkadang malah membuat kualitas foto berkurang saat diperkecil. Hal ini sungguh membuat kita kebingungan mencari segala cara di photoshop agar kualitasnya tidak berkurang.

Anda jangan khawatir. Gambar tetap bisa diperkecil tanpa mengurangi kualitasnya melalui beberapa aplikasi berbasis web yang bisa anda browsing di Google. Ada beberapa pilihan ukuran yang disediakan untuk berbagai jenis gambar seperti JPEG, PNG, GIF, dan SVG.

Sekarang anda dapat mendukung konten situs anda melalui gambar-gambar menarik, sekalipun berukuran kecil. Beberapa aplikasi berbasis web berikut ini dalam penggunaannya untuk memperkecil gambar terbilang sangat praktis. Tidak memakan waktu yang lama dan dapat langsung di-save pada PC atau bisa juga anda masukkan dropbox dan dapat dikimkan ke teman melalui link.

Langkah Praktis Memperkecil Ukuran Gambar

Ada beberapa aplikasi berbasis website yang bisa direkomendasikan yaitu:
*Ilove IMG.com
*TinyPNG.com
*Compressor.io
*Optimizilla.com

Langkah pertama kunjungi website di atas. Setelah itu ada kotak jendela khusus dan dibawahnya bertuliskan upload, drop, atau drag. Disinilah anda memasukkan gambar yang ingin anda perkecil nantinya.

Kemudian tulisan dibawah kotak akan berubah menjadi COMPRESS. Silahkan anda klik untuk memperkecil gambar. Lalu akan muncul angka dalam bentuk persen yang menunjukkan bahwa gambar sedang dalam proses untuk dikecilkan.

Setekah gambar selesai dikompresi, lalu akan ditunjjukan angka persen seberapa ukuran gambar tadi dapat dikecilkan. Kemudian anda dapat langsung donwload dan simpan pada PC . Ada juga fitur dalam beberapa website untuk menyimpannya di dropbox atau cloud storage.

Kualitas gambarnya tidak akan berkurang dan prosesnya pun cepat. Anda dapat memasukkan gambar berukuran berapapun dengan format gambar yang mendukung. Set up aplikasi biasanya difokuskan pada format gambar tertentu. Ukuran gambar yang anda inginkan dapat langsung anda masukkan di blog untuk melengkapi konten menarik yang anda kelola.

Ada beberapa hal yang perlu anda ahu mengenai hal memperkecl gambar. Pertama anda dapat mengupload gambar yang banyak ke dalam kotak compress tadi dengan file berbentuk zip. Durasi waktu proses memekecil gambar tergantung pada ukuran file. Setelah anda melakukan compressing, maka gambar tersebut biasanya tersimpan di history aplikasi web tersebut.

Jika anda kurang nyaman akan hal tersebut, anda dapat langsung menghapusnya, dengan klik Delete it now !. Layanan ini gratis dan tentunya dapat menunjang pekerjaan anda sebagai editor yang mungkin sedang dikejar deadline, lalu anda tidak sempat untuk membuka photoshop karena prosesnya begitu lama. Silahkan anda menggunakan beberapa apiikasi web di atas.

Ukuran file hasil compressing tidak akan membebani PC anda saat di save. Berbeda dengan file hasil editan Photoshop yang kadang menghasilkan file yang berat setelah diedit. Misalnya gambar awal sebelum diperkecil yaitu sekitar 220 KB dapat berubah menjadi 106 KB setelah diperkecil. Banyak keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan.

Inilah langkah cara Memperkecil Ukuran Ganbar dengan mudah dan praktis. Anda tinggal memasuki beberapa aplikasi berbasis web yang sangat saya rekomendasikan untuk hasil gambar dengan kualitas yang baik. Kemudian kapasitas hasil compressing-nya tidak memberatkan PC.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment