Karir

Inilah Tips Melamar Pekerjaan bagi Anda Lulusan Baru

Untuk anda para lulusan baru, kami katakan, selamat datang di dunia. Sekarang sudah waktunya bagi anda untuk mencari pekerjaan. Mungkin ada sangat banyak orang yang mengatakan kepada anda bahwa mencari pekerjaan memang sangat lah menyulitkan tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Mencari pekerjaan tidak akan menjadi sulit jika mengetahui tips melamar pekerjaan.

Untuk anda yang belum mengetahui tentang tips melamar pekerjaan, anda sudah berada di tempat yang sangat tepat karena kali ini akan kami berikan untuk anda tips terbaiknya. Perhatikan ulasan ini dengan baik agar anda tidak kesulitan untuk melamar pekerjaan dan berikut ulasannya untuk anda :

Tips Melamar Pekerjaan

Tips Melamar Pekerjaan
Berani lah Untuk Merantau

Hal ini merupakan suatu hal yang jarang dipahami oleh para lulusan baru. Merantau merupakan sebuah hal yang perlu anda lakukan jika anda ingin mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan dan bisa kami katakan, merantau merupakan tips melamar pekerjaanterbaik. Jangan lah takut untuk merantau karena sebenarnya, merantau merupakan proses pencarian jati diri terbaik.

Cari lah tempat merantau yang memang cocok dengan tipe pekerjaan yang anda cari karena akan sangat percuma jika anda merantau ke tempat dimana tipe pekerjaan yang anda inginkan tidak ada. Tidak perlu terpatok harus pergi ke kota kota besar karena tidak masalah untuk pergi ke kota kecil asalkan tempat tersebut memang memiliki banyak menyediakan tipe pekerjaan yang anda inginkan.

Sebagai contoh, anda perlu pergi ke bekasi atau jakarta jika ingin mencari pekerjaan yang bersifat kantoran karena memang disana lah tempat terbaiknya. Tetapi kami tekankan, apabila anda mencari tipe pekerjaan berupa pabrik, kami sarankan agar anda pergi ke Karawang, Cikarang, atau, Purwakarta karena terdapat banyak pabrik disana dan UMK nya pun cukup tinggi.

Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan

Setelah anda mendapatkan lokasi tempat dimana anda akan bisa mendapatkan pekerjaan, anda pun tentu memang sangat perlu mencari lowongan pekerjaan tersebut. Ada beberapa tempat yang bisa anda gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan dan berikut kami berikan untuk anda tempat tempat yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan lowongan pekerjaan.

1. Disnaker

Ini merupakan tempat mencari lowongan pekerjaan terbaik. Anda tentu lah paham bahwa disnaker merupakan tempat yang memang dikhususkan bagi perusahaan perusahaan yang ingin membuka lowongan pekerjaan. Datangilah disnaker disnaker setiap kota dan setiap harinya akan ada lowongan pekerjaan terbaru.

2. Internet

Menggunakan internet bisa dikatakan merupakan cara termudah untuk mencari lowongan pekerjaan. Saat ini ada sangat banyak situs situs di internet yang merupakan penyedia lowongan pekerjaan. Diantara banyaknya situs tersebut kami memiliki 2 referensi situs terbaik untuk anda dan kedua situs tersebut adalah jobdesk dan jobstreet.

3. BKK

BKK bisa dikatakan tempat mencari lowongan pekerjaan yang jarang dipahami oleh para lulusan baru. Pada dasarnya, BKK merupakan tempat mencari pekerjaan yang dikhususkan untuk para pabrik yang ingin mencari lulusan SMA. Itu karena BKK ini sering kali ditemukan di SMK negeri maupun swasta pada sebuah kota.

Siapkan lah Berkas berkas

Setelah anda mengetahui tempat merantau dan mencari lowongan, anda pun perlu mempersiapkan berkas berkas anda sebagai persiapan akhir. Berikut kami berikan berkas berkas yang perlu dipersiapkannya sendiri :
1. Ijazah Terakhir
2. Kartu Keluarga
3. Daftar Riwayat Hidup
4. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
5. Surat Keterangan Dokter
6. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
7. Sertifikat (Jika Ada)
Susunlah Berkas berkas tersebut dan anda pun sudah bisa memulai melamar pekerjaan.

Baca Juga : Contoh surat lamaran pekerjaan untuk jobfair

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment