Gadget

iPhone 6s vs iPhone 7. Jangan beli iPhone 7 !!

iPhone 6s vs iPhone 7. Perbedaan iPhone 6s, 6s plus dan iPhone 7, 7. “Jangan beli iPhone 7, iPhone 7 mahal baget, iPhone 7 spek masih kalah dibanding Samsung Galaxy S7, bentuk masih sama dengan iPhone 6s, iPhone 7 gak ada jack earpod 3.5mm jadi ribet, warna jet black cepet kotor, iPhone 7 terlalu simple atau malah ribet”

Kekurangan iPhone 7 diatas yang suka dilontarkan haters iPhone 7. iPhone 7 dan 7 plus baru saja release pada awal bulan September 2016 ini. Kekurangan iPhone 7 hanya diungkapkan beberapa orang saja terutama karena harganya yang mahal. Namun tidak dipungkiri masyarakat lebih banyak yang menyukai iPhone 7. Terbukti pada periode Pre Order pertama iPhone 7 langsung terjual seluruhnya. Antusias masyarakat tersebut juga membuktikan bahwa masyarakat sekarang juga cerdas menyikapi harga iPhone 7 yang begitu tinggi yang sebanding dengan biaya produksi, inovasi dan riset yang dilakukan Apple untuk menciptakan iPhone 7 ini. iPhone memang terkenal akan produknya yang mewah dan mahal, selain itu fitur yang dimiliki iPhone juga sesuai dengan kebutuhan kebanyakan orang dengan sistem operasi iOS yang premium dapat menjaga keamanan dan privasi pemiliknya secara penuh.

Desain body iPhone 7 memang masih mengadopsi bentuk iphone 6s. Perbedaan yang paling menonjol adalah jack headset pada iphone 7 yang dihilangkan, antena belakang iphone 7 yang ditekuk keatas dan desain kamera belakang iPhone 7 yang sedikit berbeda dengan iPhone 6s. Yang jadi pertanyaan apabila anda pemilik iPhone 6s apakah perlu upgrade iPhone 7 saat ini ? Pertanyaan tersebut akan terjawab setelah kita mengupas perbedaan iPhone 6s dan iPhone 7 dibawah ini.

iPhone 7 vs iPhone 6s: Desain

iPhone 7 vs iPhone 6s

Pada iPhone 7, Apple garis antena horizontal dibelakang dihilangkan dari bagian belakang iPhone atau lebih tepatnya ditekuk keatas sehingga dari bagian belakang iPhone 7 terlihat polos, jack 3.5mm juga dihilangkan dengan alasan untuk membuat iDevice lebih slim atau tipis, sehingga kita membutuhkan konektor tambahan untuk menghubungkan earpod dengan iPhone 7 melalui port lighting, namun hal itu bukan masalah karena iPhone 7 dibekali wirelles airpod sehingga kita tidak perlu jack 3.5mm. Warna Space Grey juga tidak ada lagi, diganti dengan gloss Jet Black dan matte hitam warna yang mengadopsi warna iPhone 3GS. Dan satu hal lagi Apple memilih iPhone 7 warna Jet Black yang tersedia dengan memori internal 128GB atau 256GB. Namun kedepanya Apple memiliki rencana untuk merilis versi 32 GB segera.

Dan satu hal lagi tentang iPhone 7 warna Jet Black. Apple telah mengakui bahwa warna Jet Black cukup rentan terhadap goresan dan kotoran atau cukup mudah terkena ‘micro-abrasions’.

iPhone 7 vs iPhone 6s: Fitur

Kamera

IPhone 7 memang masing menggunakan kamera 12-megapixel seperti iPhone 6s, tetapi Apple telah memperkenalkan beberapa perubahan yang membuatnya lebih baik secara keseluruhan. IPhone 7 memiliki aperture f / 1.8, yang berarti kinerja bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Gambar yang dihasilkan dalam keadaan gelap baik malam hari maupun dalam ruangan akan lebih baik, berkat penambahan optical image stabilization pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Terlebih lagi, kamera depan FaceTime HD juga diupgrade dari 5-megapiksel ke 7-megapiksel, sementara quad-LED flash menghasilkan cahaya lebih terang terang dengan gambar lebih terlihat alami. Dalam prakteknya, kami menemukan kamera iPhone 7 untuk unggul dibandingkan iPhone 6s, meski ada bayangan digital aneh bisa jadi karena iOS 10 yang masih baru dan mungkin bayangan digital tersebut bisa hilang dalam beberapa pembaharuan iOS kedepan.

Audio

Beberapa orang akan melihat hilangnya jack earpod sebagai kekurangan, Apple telah menghilangkan soket 3.5mm headphone di iPhone 7, memang Apple terbilang cukup berani untuk menghilangkan jack 3.5mm ini. Apa pun alasannya, setidaknya Apple menyediakan setiap iPhone 7 dengan Lightning ke adaptor 3.5mm. Penghilangan jack headphone juga tidak sia-sia, iPhone 7 memiliki dua pengeras suara atau speaker stereo, sedangkan pada iPhone 6s menggunakan speaker tunggal, sehingga dapat memutar musik dalam suara stereo. Setelah pengujian selama beberapa hari terakhir, jelas iPhone 7 menawarkan kualitas suara eksternal lebih baik dan lebih terdengar nyaring.

jack audio 3.5mm iphone 6s dan 7 plus

Water-resistance

Beberapa sumber mencatat bahwa iPhone 6s menawarkan fitur tahan air yang lebih baik dari model sebelumnya, namun peluncuran iPhone 7 resmi dibekali sertifikasi IP67. Ini berarti iPhone 7 akan bertahan dalam kedalaman 1 m dalam air selama 30 menit. Inovasi Water-resistance pertama yang dilakukan oleh Apple melalui iPhone 7. Akan tetapi bagaimanapun juga Apple tidak memberikan fasilitas garansi apabila kerusakan diakibatkan oleh air.

Home Button

Apple sudah mendesain ulang tombol home iPhone 7, Force Touch-capable. Seperti tombol mekanik, yang menghasilkan sensasi getaran dijari ketika kita menyentuhnya sekaligus pengalaman baru yang hanya ada di Home Button iPhone 7. Apple mengatakan fitur baru bisa digunakan di iOS 10 dan aplikasi pihak ketiga untuk menambahkan fungsi lain untuk pengalaman operasi. Perubahan yang cukup signifikan iPhone 7 dibandingkan iPhone 6s. Ketika anda menekanya akan menghasilkan dorongan haptic, seperti menggunakan Sentuhan 3D. Tombol home ini juga sangat cocok dengan iOS 10 yang menggunakan tombol home yang membuka kunci sehingga kita tidak perlu khawatir tombol home akan rusak.

iPhone 7 vs iPhone 6s: Specs

processor

IPhone 7 menggunakan prosesor A10 Fusion, dan itu berarti prosessor iPhone yang paling kuat yang pernah ada. Apple menyatakan iDevice baru ini dua kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6s. A10 Fusion adalah prosesor quad-core, tapi keduanya adalah bagian yang berbeda. Dua prosesor kinerja tinggi menangani tugas-tugas intensif komputasi, sementara dua core efisiensi mengurus beban ringan – dan memberikan daya tahan baterai yang lebih baik.

Battery life

Prosesor A10 baru di iPhone 7 ini membantu meningkatkan kecepatan di atas iPhone 6s, tetapi juga meningkatkan waktu charging. Apple mengatakan iPhone 7 akan memberikan dua jam ekstra baterai dibandingkan dengan iPhone 6s. Yang bekerja untuk 14 jam waktu bicara, 12 jam 4G atau 14 jam Wi-Fi browsing.

Display

Resolusi layar iPhone 7 tetap identik dengan 6s iPhone yaitu layar 4.7in Retina dengan resolusi 750 x 1334. Namun, Apple mengatakan layar baru sekitar 25% lebih terang, dan memiliki gamut warna yang lebih luas, tampaknya lebih kaya akan warna pada iPhone 7, dan layar juga tampaknya menjadi lebih cerah meskipun masih mengungguli layar Samsung Galaxy S7 Super AMOLED.

iPhone 7 vs iPhone 6s: Penyimpanan dan harga

Apple telah memberikan beberapa pilihan penyimpanan untuk iPhone 7, yang tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 32GB, 128GB atau 256GB. Ini berarti 16GB hampir tidak berguna dan akhirnya dihilangkan, namun juga 64GB yang tanggung sehingga dibuat lebuh besar lagi.

iPhone 7 dibandrol pada Rp. 8.689.734,53 untuk versi 32GB, pindah ke Rp. 10.140.441,47 untuk model 128GB dan Rp. 11.591.148,40 untuk seri iPhone 7 terbaik 256GB. Apple juga telah memperbarui pilihan memori untuk 6s iPhone, jadi sekarang Anda dapat membeli iPhone 6s 32GB untuk Rp. 7.239.027,60 atau 128GB seharga Rp. 8.689.734,53. Harga diatas adalah harga dari Apple resmi belum termasuk pajak dan lain-lain dinegara Indonesia.

iPhone 7 vs iPhone 6s: Penyimpanan dan harga

iPhone 7 vs iPhone 6s: Kesimpulan

iPhone 7 mungkin terlihat hampir identik dengan 6s iPhone, tetapi sebenarnya iPhone 7 menawarkan berbagai fitur baru didalamnya. Secara keseluruhan dalam setiap perubahan memang terlihat cukup biasa-biasa saja, tapi dikombinasikan dengan iPhone 6s dengan fitur yang lebih unggul. Jika Anda memiliki 6s iPhone, fitur baru yang cukup menonjol seperti iPhone 7 yang air-tahan, kecepatan yang lebih cepat 2 kali lipat iPhone 6s dan baterai yang lebih baik merupakan pertimbangan untuk upgrade dari iPhone 6s ke iPhone 7 sesuai kebutuhan anda. Jika anda memang penggila game berat iPhone 7 memang pilihan cocok atau yang punya budget lebih tentu sah-sah saja upgrade atau beli iPhone 7 baru. Namun bagi yang hanya menggunakan iPhone untuk kebutuhan sehari-hari telepon, medsos, sms dan lain-lain iPhone 6s venomku rasa sudah cukup.

Leave a Comment