Blogging

Jangan gunakan AdSense di Website bisnis Anda !

Google AdSense adalah salah satu program periklanan dari google yang paling umum digunakan sebagai platform periklanan didunia maya dengan jutaan penerbit di seluruh dunia. Setiap situs web baik kecil maupun besar bisa menghasilkan uang dengan AdSense. Apakah situs anda juga salah satu publisher AdSense ?

Saya menganggap AdSense adalah pilihan utama para blogger untuk dapat dipasang diwebsitenya. Siapa pun yang memiliki situs unik dan menarik dapat bergabung dengan program ini. Harga per klik AdSense juga bisa dibilang paling besar dibandingkan iklan dari ppc lainya, besar kecilnya dollar yang didapaykan tergantung pada niche blog Anda. Jika Anda mencari program iklan pay-per-klik yang paling mudah dan paling menguntungkan, AdSense adalah yang terbaik.

Tapi tunggu! Judul postingan kali ini adalah “Jangan gunakan AdSense” ? Oke lanjut, walaupun Adsense sangat menguntungkan namun kadang pilihan yang terbaik adalah tidak meletakkan AdSense atau alternatif AdSense diwebsite bisnis Anda.


Ini juga menjadi pertanyaan saya sebelumnya “Kenapa website bisnis yang sudah sangat ramai pengunjung tidak ada satupun yang menggunakan iklan AdSense ? misal idwebhos.com, rumahweb.com, perhotelan, website perusahaan-perusahaan besar yang ramai pengunjung tak satupun menggunakan AdSense . Padahal kalau itu dipasang Adsense kan juga pasti untung besar ?”

Pertama saya akan menjelaskan dasar-dasar AdSense , dan mengapa AdSense menjadi platform iklan terbaik saat ini.

Sebelumnya saya juga sudah banyak berbagi pengalaman dengan AdSense dan saya juga merekomendasikan AdSense sebagai salah satu jaringan iklan kontekstual terbaik untuk blog Anda. Dengan kualitas iklan dan pendapatan yang aman asalkan situs anda tidak melanggar kebijakan AdSense AdSense adalah sebuah jaringan iklan kontekstual, yang berarti bahwa iklan yang ditampilkan pada halaman akan otomatis menyesuaikan dengan topik postingan. 

AdSense dianggap menjadi sumber penghasilan bagi para blogger berikut alasanya :


  • Lebih mudah digunakan
  • Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas iklan.
  • Anda tidak perlu secara manual mengubah iklan setelah waktu tertentu.
  • Anda tidak perlu khawatir tentang pembayaran, karena pembayaran AdSense dapat diandalkan.

Namun, juga ada banyak masalah yang dihadapi blogger ketika menggunakan AdSense :

  • Anda harus mematuhi pedoman konten yang ditawarkan oleh Tim AdSense .
  • Anda hanya tidak bisa posting apa-apa yang ingin Anda posting. Meskipun Anda mungkin tidak melanggar panduan webmaster apapun, Anda tidak dapat mempublikasikan posting karena kebijakan AdSense jenis tertentu. (Contoh: situs yang memungkinkan kita untuk menonton film online.)
  • Untuk memperoleh lebih dari AdSense, Anda harus mencoba berbagai teknik optimasi, termasuk menggunakan kata kunci dengan tinggi BPK.
  • Jika Anda mendapatkan lalu lintas dari negara-negara seperti India, Pakistan dan Malaysia, Anda mungkin mendapatkan uang hanya dari AdSense .

Kenapa “Jangan Gunakan Adsense” untuk Website Bisnis ?


Oke kembali ketopik utama. Sebagai contoh, katakanlah Anda memiliki sebuah website bisnis Jasa SEO dan Anda mencoba untuk mempromosikan bisnis Jasa SEO anda. Untuk meningkatkan pendapatan Anda menggunakan AdSense, dan bukannya mempromosikan bisnis Anda, namun yang terjadi Anda malah mempromosikan bisnis serupa dengan pesaing Anda karena hubungan konteks website anda. Hal ini terjadi karena sebagian besar iklan AdSense yang ditampilkan akan relevan dengan situs Jasa SEO, dimana tidak hanya anda yang memiliki website Jasa SEO! Jadi untuk hanya beberapa dollar ( yang nilainya tidak pasti ) Anda akan mengirim diri calon client anda ke situs Jasa SEO lain.

Ini bukan terjadi untuk AdSense saja, tetapi juga untuk jaringan iklan lainnya seperti Infolinks dan program iklan serupa lainnya yang menawarkan iklan kontekstual.

Ada alasan lain mengapa yang terbaik adalah tidak menjalankan AdSense atau iklan kontekstual lain website bisnis Anda.

Mejatuhkan Brand Anda


Memulai sebuah blog atau website adalah kesempatan yang menarik untuk mendapat penghasilan hanya dengan duduk santai rumah. Namun agar tetap kompetitif  Anda perlu menjaga baik-baik bisnis Anda. Online branding adalah salah satu prioritas paling penting bagi webmaster yang baik.

Ketika Anda mulai untuk menguangkan situs Anda dengan berbagai jenis iklan, Anda juga akan penurunan nilai merek bisnis Anda sendiri, misal anda memiliki bisnis Jasa SEO atau jasa hosting atau domain. Karena anda memasang iklan AdSense dalam situs bisnis anda tersebut, maka yang terjadi nama brand anda akan jatuh dan eksistensinya menurun karena iklan kontekstual yang muncul dan anda tidak akan mendapatkan pelanggan dari bisnis utama anda.

Anda mungkin melihat website perusahaan atau website olahraga yang menggunakan AdSense pada halaman mereka. Bukanya mempromosikan merek mereka sendiri mereka malah menggunakan AdSense , yang sama sekali tidak perlu dan terlihat sangat tidak profesional.

Anda memberikan kesempatan bagi pesaing Anda


Sekali lagi, karena AdSense adalah sebuah program yang kontekstual, iklan yang tampil berdasarkan pada konten halaman web Anda. Jadi jika situs Anda merupakan situs tentang teknologi, ponsel, dan gadget keren lainnya, dan Anda menggunakan AdSense, AdSense akan menempatkan iklan pada halaman web Anda untuk produk-produk yang berkaitan dengan industri teknologi, dan mirip dengan produk Anda sendiri. Dengan demikian Anda akan memberikan kesempatan bagi pesaing bisnis Anda untuk memanfaatkan merek mereka menggunakan program AdWords bagian dari program AdSense.

Lebih lanjut, pesaing anda dapat memanfaatkan website anda menggunakan sistem AdWords. Dengan mengoptimalkan kampanye melalui kata kunci, pesaing Anda dapat dengan mudah mencapai situs Anda melalui AdSense dengan lebih sedikit biaya. Produk pesaing anda laku terjual namun anda hanya mendapatkan sekitar $0,2 dari klik Adsense

Jadi ingat, Anda tidak memiliki kontrol penuh atas yang mengiklankan AdWords, dan akhirnya hal ini bisa menjatuhkan bisnis online secara keseluruhan Anda.

Setiap klik berarti Anda telah kehilangan pembaca dan calon klien bisnis anda


Sebuah klik pada iklan AdSense akan terbuka di jendela yang sama, bukan di tab baru. Sementara pengguna kemungkinan pengguna akan mengklik tombol “back” untuk kembali ke website anda sangatlah minim.

Oleh karena itu, setiap klik yang terjadi berarti pembaca website anda meninggalkan website anda ketika mengklik AdSense. Selain itu, iklan AdSense mungkin membingungkan pembaca Anda jika iklan tidak otomatis menyesuaikan tampilan dengan cukup baik dengan desain website Anda.

Setiap klik juga berarti tingkat penurunan yang tinggi bagi bisnis web Anda, karena pengunjung Anda benar-benar meninggalkan situs Anda setelah mereka mengklik iklan AdSense.

Singkatnya, AdSense adalah kesempatan besar bagi siapa pun yang ingin memasang situs atau blog mereka sendiri. Namun, ada batasan-batasan tertentu yang Anda harus sadari sebelum menggunakan AdSense sebagai program monetisasi utama Anda. Saya sarankan yang pertama Anda harus lakukan adalah membangun reputasi yang baik dan konten yang memadai di situs sebelum Anda mulai menggunakan AdSense atau metode lain seperti pemasaran afiliasi atau mengarahkan iklan. Dengan cara ini Anda dapat praktis menganalisis apa program periklanan yang ideal untuk bisnis website Anda.

Bila Anda membuat sebuah blog atau website untuk mempromosikan bisnis Anda online atau offline, saran saya adalah menambahkan iklan Anda sendiri bukan iklan orang lain(Adsense). Misalnya, Anda akan ingin untuk mengiklankan produk dan layanan Anda sendiri, dan mendorong lebih banyak lalu lintas untuk penjualan dan sesuai arahan yang Anda berikan di website.

Kadang tak selamanya kita harus berjalan dibelakang dan hanya mengandalkan Adsense. Anda mungkin berminat membangun dan membesarkan brand anda sendiri dan berkontribusi dalam program Adsense bukan sebagai publisher tapi sebagai pengiklan.

Jika Anda adalah pemilik bisnis, yang pertama perlu anda tahu apa jenis iklan yang anda jalankan. Apakah Anda menggunakan jaringan iklan kontekstual apapun seperti AdSense atau Chitika, atau program langsung iklan lain? Apakah iklan kontekstual dapat mematikan brand anda ? Apakah Anda telah menghapus AdSense dari website bisnis Anda setelah membaca artikel ini? Anda bebas merkomentar tentang iklan dibisnis online, pada kolom komentar dibawah.

Jika Anda menemukan informasi dalam posting ini berguna, silakan berbagi dengan teman atau keluarga di Facebook, Twitter dan Google Plus.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment