free hit counters Jangan Gunakan Dark Mode buat Baterai iPhone Jadi Boros
Gadget

Jangan Gunakan Dark Mode buat Baterai iPhone Jadi Boros

Jangan Gunakan Dark Mode Baterai iPhone Jadi Boros. Dark Mode adalah suatu mode gelap yang bertujuan untuk menghilangkan rasa silau. Mungkin orang akan berfikir menggunakan dark mode akan membuat baterai iPhone menjadi awet ? Belum Tentu. Fitur dark mode pada iPhone memang sedang menjadi perbincangan, pasalnya beberapa dari mereka yang sudah menggunakan dark mode dan merasakan sendiri efeknya terhadap baterai malah membuat baterai iPhone menjadi boros. Termasuk saya sendiri menggunakan iPhone dan iOS terbaru namun tidak pernah menggunakan dark mode. Kenapa menggunakan dark mode dapat membuat baterai boros ?

Dark mode pada iPhone hadir mulai iOS 13. Seperti yang kita ketahui Apple juga memberikan update iOS tebaru untuk perangkat lamanya. Bahkan iPhone SE yang sudah berusia lebih dari 5 tahun sampai sekarang masih mendapatkan update iOS 13. Kenapa menggunakan dark mode dapat membuat baterai boros ? Ini Jawabanya :

Baca Juga : Tips Trik Cara Menjaga dan Merawat Baterai iPhone Apple agar Tidak Cepat Rusak dan Awet

Jangan Gunakan Dark Mode

Dark Mode akan menghemat Baterai pada OLED Display

Jangan Gunakan Dark Mode Kenapa menggunakan dark mode dapat membuat baterai borosPerlu diketahui iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sudah menggunakan layar super retina display dengan panel OLED. Dan iOS 13 terbaru saat ini memang di desain untuk kelas iPhone tersebut, karena dalam layar OLED saat tampilan gelap tidak membutuhkan daya. Tidak seperti layar LCD yang membutuhkan backlight panel dibaliknya. Sehingga fitur dark mode iOS 13 ini sebenarnya memang cocok untuk iPhone yang sudah menggunakan OLED display karena memang bisa menghemat daya baterai hingga 30%.

Sedangkan iPhone XR, iPhone 8 Plus, iPhone 7 Plus, iPhone 6s Plus,  iPhone 6 Plus sampai iPhone SE masih menggunakan Panel LCD retina biasa namun mendapatkan fitur dark mode juga. Memang menggunakan Dark mode dapat membuat kita tidak silau saat melihat layar, namun pada panel LCD yang membutuhkan backlight hal ini tidak akan berpengaruh terhadap konsumsi baterai. Walaupun layar gelap namun dibalik layar tersebut masih ada lampu yang menyala.

Karena tampilan dasar hitam gelap, biasanya pengguna iPhone dengan dark mode akan menambah brightness manual melalui Control Panel, padahal hal ini akan membuat iPhone LCD Display menjadi boros karena backlight menyala lebih terang. Berbeda saat kita menggunakan Normal Mode, kita akan cenderung membuat layar lebih redup.

Kesimpulan

Jangan Gunakan Dark Mode pada iPhone dengan LCD Retina lama karena akan membuat Baterai iPhone Jadi Boros. Namun apabila anda lebih mementingkan tampilan gelap yang tidak silau silahkan gunakan dark mode. Dark mode cocok untuk iPhone dengan teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED) karena tidak membutuhkan backlight maka pada tampilan gelap akan mematikan pixel.

Leave a Comment