Otomotif

Jangan Menggunakan RING SPACER Velg Mobil

Jangan Menggunakan RING SPACER Velg Mobil. Velg merupakan bagian terpenting pada sebuah mobil. Salah satu modifikasi yang sering dilakukan untuk menunjang penampilan fashion mobil adalah Velg. Velg juga berpengaruh terhadap kestabilan mobil. Semua kendaraan sudah didesain dengan velg bawaan pabrik. Velg bawaan ini adalah yang paling aman dan nyaman apabila digunakan. Apabila anda penggemar modifikasi tentu pasti velg menjadi bagian pertama yang modifikasi.

Ada beberapa velg mobil aftermarket terkenal di Indonesia seperti Vossen, Work, Enkei RPF, BBS, HSR, SSR, O.Z dan masih banyak lagi. Semua velg tersebut bisa dipasang asalkan memiliki PCD yang sama (Pitch Circle Diameter) atau jarak antar lubang baut pada velg. Apabila anda ingin mengubah ukuran ring velg sebaiknya maksimal menambahkan 2 inch saja dan lebar maksimal tambah 20 milimeter. Misal saya menggunakan honda Jazz Lama dengan velg dan ban 175/65/R14 maka saya bisa menggunakan velg dan ban 195/50/R14.

Terkadang velg racing variasi yang kita inginkan tidak sesuai dengan dudukan tromol mobil, bisa saja velg terlalu menjorok kedalam body atau bisa juga bagian dalam velg gesrot dengan master rem. Oleh karena itu membutuhkan penyesuaian atau aksesoris tambahan. Biasanya toko velg sudah punya solusi agar semua velg bisa dipasang pada setiap mobil. Salah satunya yang paling mudah dan murah adalah menggunakan ring spacer.

Ring spacer

Ketahuilah pada saat menggunakan ring spacer tersebut untuk velg maka jarak baut yang masuk kedalam mur roda akan berkurang setebal ring spacer yang anda gunakan. Mungkin bukan menjadi masalah apabila baut roda sudah panjang atau dirubah lebih panjang. Yang menjadi masalah ketika drat baut yang masuk kedalam mur roda sedikit. Hal ini akan sangat berbahaya apabila mobil digunakan untuk melaju kencang bisa-bisa mur tidak bisa menahan roda dan roda dapat goyang atau bahkan terlepas yang menjadikan malapetaka.

Maka apabila anda menggunakan ring spacer ini pastikan drat baut cukup banyak untuk menahan mur roda. Solusinya anda dapat mengganti baut roda ke bengkel onderstell, ini akan merubah ukuran standar baut mobil menjadi lebih panjang. Atau solusi kedua anda bisa menggunakan Adaptor velg seperti dibawah :

Menggunakan Adaptor velg lebih aman karena baut roda berdiri sendiri menempel pada ring, adaptor velg ini juga menjadi salah satu solusi apabila anda menginginkan velg mobil lebih keluar dari body.

Apapun modifikasi yang anda lakukan pastika SAFETY FIRST

Leave a Comment