Otomotif

Mengenal Mengenai Pengertian, Tips, dan Keunggulan Ban Tubeless

Jika anda penggunaan kendaraan roda dua, ataupun roda empat, pasti harus memiliki kemampuan untuk menjaga stuff dari kendaraan tersebut. Ban adalah salah satu stuff yang penting untuk kendaraan anda. Keunggulan ban tubeless tentunya dapat menguntungkan anda, karena kualitasnya berbeda dari ban biasanya.

Gangguan pada ban biasanya berupa kebocoran, ataupun kekurangan angin. Ban tentunya memiliki banyak variasi, salah satu variasinya adalah ban tubeless. Ban tubeless memiliki keunggulan, daripada ban biasa. Penjelasan tentang ban tubeless akan menolong anda yang masih merasa bingung untuk memilih stuff tersebut.

Apa itu Ban Tubeless?

Ban tubeless adalah ban yang memiliki tekstur lebih keras dari biasanya. Bahannya terbuat dari struktur karet dengan bahan tebal dan padat. Ban tubeless ini cocok untuk anda yang sering beraktivitas melewati jalan yang rusak, banyak berbatuan, dan tidak rata.

Keunggulan Ban Tubeless

Keunggulan Ban Tubeless dengan Ban Biasa

Pada umumnya ban berasal dari bahan karet fiber. Alasannya karena bahan karet mampu menyerap getaran meski dalam ukuran yang kecil sehingga kendaraan bisa melaju dengan tentram. Disamping itu grip karet juga sangat baik untuk mencengkram aspal pada jalan.

Ban tubeless, dan ban biasa tentunya terbuat dari karet, namun ada perbedaan yang signifikan dari kedua ban tersebut. Ban tubeless memiliki keunggulan tersendiri, sehingga banyak orang memilih ban tersebut, daripada ban biasa.

1. Karakter ban

Ban tubeless biasanya memiliki keunggulan karakter yang agresif, daripada ban bisa. Ban tubeless memiliki lapisan fluid sealant pada bagian dalamnya. Lapisan ini mampu merapatkan permukaan pada ban. Lain halnya dengan ban biasa.

2. Daya tahan ban

Daya tahan biasanya tergantung kepada pemakaiannya, namun keunggulan ban tubeless terbukti memiliki daya tahan yang lebih kuat, dibandingkan dengan ban biasa. Hal ini disebabkan karena ban tubeless memiliki lapisan lebih tebal, sehingga dapat paku akan sulit merekat.

Ditambah lagi, ban tubeless memiliki lapisan sealant dalam bentuk cair, sehingga bisa menahan udara supaya tidak mudah mengalami kebocoran. Berbeda halnya dengan ban bisa yang tidak memiliki lapisan tersebut sehingga mudah mengalami kebocoran.

3. Harga ban

Jika berbicara mengenai harga, tentunya merupakan hal yang relatif. Berdasarkan kualitas ban tubeless yang tentunya lebih baik dari biasanya, membuat harga ban tubeless ini lebih mahal. Jangan khawatir dengan harganya, karena ban tubeless akan jarang mengalami kerusakan, sehingga anda akan sangat jarang mengganti ban kendaraan.

Tips Merawat Ban Tubeless

Merawat ban tubeless tentunya membutuhkan perawatan khusus. Masalah ban tubeless berbeda dengan biasanya, karena ban ini lebih tebal dan mempunyai lapisan khusus. Ban tubeless juga akan mudah kempes bila tidak dirawat dengan baik dengan cara sebagai berikut.

1. Ban tubeless memiliki keunggulan yaitu bisa bertahan lama di jalan yang rusak, ataupun jalan yang mulus. Anda harus tetap berhati-hati, karena ban tubeless bisa saja tiba-tiba bocor.

2. Jangan menambal ban tubeless, karena hal itu akan membuat permukaan ban yang bocor lebih besar dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena tali serabut yang disumbatkan untuk menutupi bolongan akan membuat kerusakan menjadi lebih parah.

3. Cara memompa ban tubeless juga sangat unik. Memompa ban tubeless harus secara perlahan sampai volumenya penuh. Siram dengan air ketika volume ban sudah terpenuhi oleh air. Hal ini akan membuat anda lebih mudah melihat apakah ban tubeless mengalami kebocoran atau tidak.

4. Cara merawat ban tubeless tentunya harus lebih teliti. Keunggulan ban tubeless yang lebih kuat disebabkan karena teksturnya yang tebal. Gunakan power glue ketika ban bocor, dan aplikasikan pada lubangnya. Tunggu hingga lem mengering dan meresap.

Baca juga : Cara merawat mesin motor

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment