Gadget

Kode Negara Regional iPhone, Seberapa Penting ??

Kode Negara Regional iPhone, Seberapa Penting ?? Jawabanya ” TIDAK PENTING

Jika berbicara iphone pasti setiap orang akan bertanya ” iPhone anda berasal dari negara mana ? ” Seperti yang kita ketahui bahwa iphone tidak ada yang diproduksi di Indonesia. Jadi apabila dinegara Indonesia ini terdapat banyak iphone sudah pasti berasal dari negara lain. Dan apabila anda ingin mengklaim garansi sebuah iphone baru yang garansinya masih aktif, anda tidak dapat mengklaim garansi tersebut di Indonesia walaupun anda membelinya di Indonesia, klaim garansi hanya berlaku di negara Asal iPhone tersebut. Yang dimaksud garansi di sini adalah garansi resmi dari Apple BUKAN garansi toko yang diperbaiki oleh toko itu sendiri dimana anda membeli iPhone tersebut di Indonesia. Kalau garansi Apple masih aktif, toko yang bertanggung jawab akan membantu klaim garansi tersebut ke negara asal iPhone tersebut dan tentunya membutuhkan waktu beberapa bulan.

Baca Juga : Daftar Kode Negara Asal Iphone , Membedakan Garansi iPhone

Lalu kenapa iPhone memiliki kode regional berbeda disetiap negara ? Kode ini disesuaikan dengan peraturan dan penggunaan iPhone pada negara tersebut. Misal iPhone dengan kode ND122J/A. J/A menunjukkan iPhone tersebut dari negara Jepang dan salah satu cirikhasnya ialah tidak bisa silent. Hal tersebut bukanlah sebuah kekurangan karena dinegara asalnya sendiri tidak diperbolehkan seseorang untuk mengambil gambar secara sembunyi-sembunyi sehingga camera iphone ber-kode J/A tidak dapat di silent. Sedangakam diluar itu spesifikasi dan kualitasnya sama dengan iphone-iphone lainya.

Ada orang yang mengatakan iPhone dengan kode L/A (USA) itu jelek dan Z/A (Singapore) itu bagus. Hal tersebut salah tapi ada benarnya juga.

Tentu saja itu tidak berpengaruh apabila part didalamnya semua masih original. Yang jadi masalah apabila suatu iPhone sudah pernah dibongkar dan part didalamnya sudah pernah diganti dengan part OEM bahkan KW. Tentu saja kualitasnya akan berbeda dengan yang original walaupun tak begitu tampak.

USA merupakan negara pengguna iPhone terbesar kedua di Dunia dan mungkin dinegara tersebut iPhone bukanlah sebuah benda yang mewah oleh karena itu banyak juga iphone bekas asal USA masuk ke Indonesia biasanya dengan harga yang lebih murah kadang dengan kondisi sudah tidak normal. Dari hal tersebut munculah distributor-distributor iphone yang memperbaiki iphone tersebut sehingga fungsinya normal semua seperti iphone baru. Sedangkan iphone Z/A dikatakan bagus karena belum banyak distributor yang merekondisi iphone yang berasal dari negeri Sebelah. Dan alur distribusinya lebih dekat jika dibandingkan dengn USA. Oleh karena itu kebanyakan iphone ex singapore dikatakan lebih bagus.

Bagi saya kode Negara Regional iPhone tidaklah penting. Darimanapun iPhone berasal tidak menutup kemungkinan iphone tersebut pernah dibongkar dan terdapat cacat didalamnya. Oleh karena itu anda harus teliti dalam membeli dan memilih iphone bekas atau distributor. Namun apabila ingin iPhone yang aman dan pasti bagus belilah iPhone di store resmi atau beli langsung dinegara asalnya.

About the author

Novian Hanu

Do what you Love, Love what you Do

Leave a Comment