Blogging

Lagi ! Ditolak Google Adsense

Ditolak Google Adsense. “Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan program Google AdSense atau mematuhi pedoman Mutu Webmaster”. Begitulah email balasan dari google. Adsense memang program periklanan dari google yang didambakan oleh setiap blogger. Tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemilik iklan dimana iklanya disebarkan diseluruh blog yang memiliki kualitas dan pengunjung tinggi namun juga menguntungkan bagi pemilik blog dimana setiap iklan adsense yang di klik di blognya akan dihargai dengan dollar. Adsense memang program iklan ppc (pay per click) yang memiliki nilai perklik yang tinggi, bisa sampai 2$ per clik bayangkan kalau pengunjung blog 5000 visitor berhari maka berapa yang akan kita dapatkan.

Perjuangan untuk dapat menjadi seorang publisher adsense saat ini memang sangat sulit dimana persyaratan yang tinggi diberikan oleh google kepada calon publisher. Tidak seperti beberapa tahun lalu untuk menjadi seorang publisher adsense tidak sesulit sekarang ini. Kita dituntun untuk memiliki blog yang berkualitas sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Namun kualitas seperti apa ini yang tidak dijelaskan oleh google. Penolakan demi penolakan sudah venomku alami. 10 kali bahkan puluhan kali lebih ditolak mungkin sudah biasa. Tak heran kalau harga klik yang diberikan tinggi kalau untuk jadi publisher aja sesulit ini. Namun venomku pantang menyerah sebelum mendapatkan Approve dari google adsense. Google adsense juga menjadi penyemangat bagi para google untuk dapat mengembangkan blognya sehingga selain kita akan mendapatkan bayaran juga akan memberikan banyak manfaat dan pengetahuan bagi pembacanya.

Ditolak Adsense sudah Biasa

Ditolak google Adsense
Google selalu mengatakan bahwa situs yang ingin menampilkan iklan mereka harus mematuhi  kebijakan program Google AdSense dan mematuhi pedoman Mutu Webmaster. Walaupun kita sudah mengikuti link petunjuk yang diberikan google tersebut hasil yang nihil sudah biasa terjadi. Saya sengaja membuat blog yang simple dan responsive karena katanya google suka blog yang demikian.

Perjuangan Mendapatkan Approve

Seumur hidup sebagai pemilik venomku.com saya pernah diterima adsense satu kali. Namun karena email yang tidak bisa dibuka karena verifikasi dua langkah saya lupa dan sudah berbagai cara coba saya lakukan akhirnya tetap tidak bisa dibuka. Akhirnya saya mengiklaskan akun adsense non-hosted dengan pendapatan 10$ tersebut. Saya akui perjuangan untuk mendapatkan akun adsense non hosted memang tidak mudah, antara hoki atau blog memang benar-benar layak mendapatkan approve. Untuk itu melalui blog venomku ini saya jadi semangat lagi mendaftar adsense setelah 1 tahun vakum nge-blog. Saya menggunakan kiat mendaftar adsense yang dulu saya gunakan hingga mendapatkan full approve

Usaha daftar adsense

Biasanya hasil akan berbanding lurus dengan usaha. Apabila anda rasa sudah berusaha sangat keras dan sudah mentok. Maka yang perlu dilakukan adalah jangan berhenti untuk tetap berusaha. Kita tidak perlu menghabiskan full waktu kita pada blog. cukup jangan pernah berhenti menulis blog satu hari satu artikel sudah bagus menurut saya, bahkan satu minggu dalam waktu luang anda gunakan untuk menulis artikel juga sangat bagus apabila dilakukan secara rutin sehingga mesin pencari google tak akan berhenti merayapi situs kita ataupun hanya sekedar cek statistik blog juga tak masalah.

Selalu ditolak google Adsense

Ada tiga saran oleh google yang diberikan bersamaan email penolakan venomku :

“Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda” itulah salah satu petunjuk google yang sering didapatkan venomku. Menurut penafsiran saya dari kalimat tersebut situs harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna maksudnya adalah trafik blog yang original bukan karena backlink yang kita buat di berbagai website lain. Hal ini saya akui di website venomku ini karena visitor yang berasal murni dari mesin pencari google masih sangatlah minim satu point yang harus venomku perbaiki. Dikatakan juga situs harus memiliki konten unik dan relevan maksudnya biar perayapan nya tidak campur-campur. memang situs venomku situs gado-gado yang isinya saya tulis menurut apa yang saya ingin tulis sebagai penulis karena jika saya memaksakan untuk membuat situs dengan satu niche atau satu tema misal hanya otomotif atau hanya berisi gadget pasti nantinya saya juga pada akhirnya akan kehabisan ide untuk menulis sehingga akan jadi cepat bosan. oleh karena itu saya memilih menulis apapun yang saya sukai. Selain itu pengalaman saya dulu blog gado-gado juga dapat diterima adsense full Approve. Ditambah lagi usia venomku.com ini saat ini baru 2 minggu oleh karena itu menurut saya untuk dapat diterima setidaknya usia domain sudah sekitar 2 bulan. Tapi saya bukan tipe orang yang bisa sabar oleh karena itu pantang menyerah sebelum diterima adsense

“Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali” alasan kedia ini saya tidak setuju dengan google. Karena setiap posting yang saya postkan berasal murni dari ketikan tangan saya sendiri tanpa copas atau membuat laman yang otomatis. Menurut venomku kalimat dari google tersebut memang kalimat penolakan yang dibuat dan dibagikan alasan penolakan otomatis oleh google. jadi kalau menurut anda situs sudah sesuai dengan alasan tersebut maka tidak perlu dihiraukan karena email tersebut adalah email otomatis. jadi mungkin alasan yang sebenarnya penolakan mungkin hanya satu alasan dari beberapa alasan yang dikirim melalui email.

“Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari”. Ini venomku juga tidak setuju karena navigasi yang ada di venomku.com ini sudah sepenuhnya benar dan tidak ada link yang mati. Pengaturanya pun jelas dengan template yang simple.

Buat blog enak dipandang


Dalam akhir paragraf penolakan ada kalimat “Pakar kami akan meninjau akun Anda untuk mengetahui kepatuhannya terhadap kebijakan program kami” jadi menurut venomku yang menentukan suatu blog di terima atau tidak bukanlah robot google melainkan ada Tim Google Adsense (manusia bukan robot) yang akan menentukan blog akan di Approve atau tidak. Memang ada robot otomatis google yang akan otomatis memberikan penolakan untuk blog yang menyalahi banyak aturan kebijakan google, namun menurut saya hasil akhir yang menentukan adalah manusia. Jadi saya berusaha membuat blog yang rapi dan enak dipandang mata supaya tim review adsense terpesona dan meng Approve permohonan saya ini.

Update : Diterima Google Adsense

3 Comments

  • Saya sudah 3 kali di tolak, bisa jadi yang om venom bilang ada satu alasan dari sekian alasan yang dikirim google untuk menolak pengajuan sy..dan alasan itu sy belum tahu apa sebenarnya…thanks om venom atas info…

  • ass mau numpang nanya mas…saya ssering ambil gambar dipenelusuran google dengan lisensi bebas digunakan atau dibagikan ,bahkan secara komersial untuk keperluan posting blog saya apa itu jadi alasan blog saya ditolak oleh adsens ya gan..

    • Tidak juga karena di google image juga banyak gambar tanpa memiliki lisensi yang dapat kita temukan. Setelah saya telusuri lagi setelah postingan ini saya mencoba daftar adsense lagi dengan konten yang sama namun memperbaiki tampilan tema blog menjadi menarik namun fast loading. dan hasilnya diterima 😀

Leave a Comment