Otomotif

Langkah-langkah AMPUH memperbaiki AKI KERING

Langkah-langkah memperbaiki AKI KERING yang SOAK nyala lagi. Aki merupakan komponen terpenting dari sebuah mobil dimana sebagai pendukung terutama saat mobil pertama dihidupkan. Aki Kering mobil dalam kondisi normal pada umumnya dapat bertahan selama 1,5 tahun hingga 2 tahun. Namun ada juga yang dapat bertahan hingga 5 tahun tergantung kelistrikan mobil, ampere hour yang digunakan serta terkadang merk aki juga berbeda-beda daya tahanya.

Baca Juga :

Anda juga harus memastikan tidak ada kebocoran arus pada mobil anda serta memastikan kondisi alternator apakah dalam keadaan baik atau tidak, silahkan klik link diatas.

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Aki kering pada dasarnya sama dengan Aki basah menggunakan cairan elektrolit didalamnya. Bedanya pada aki kering tidak ada lubang pengisian cairan accu sehingga penguapan sangat minim dan perawatan yang lebih mdah karena kita tidak perlu memeriksa dan menambahkan cairan. Namun kekuranganya Aki kering apabila sudah rusak biasanya diganti baru.

Mengingat harga aki mobil tidak murah. Tak ada salahnya anda menggunakan tips cara memperbaiki aki kering dibawah ini. Pada prinsipnya sama dengan perlakuan pada aki basah. Namun kita harus membuka tutup dengan paksa aki kering dan jangan lupa untuk menambahkan silikon agar tidak bocor seteah menambahkan cairan aki.

Cara memperbaiki Aki Kering

Aki sudah tidak bisa digunakan dan anda sudah mencoba untuk menstrum aki artinya aki anda sudah soak. Pertama anda perlu membuka tutup aki kering, bisa menggunakan gergaji besi atau pisau. Usahakan membuat alur sayatan yang mudah agar saat menutupnya kembali bisa mudah.

Cara memperbaiki Aki Kering

Ada tiga langkah cara memperbaiki aki kering mobil yang dapat anda coba secara berurutan dibawah ini, apabila langkah 1 gagal coba langkah 2 dan seterusnya :

Langkah 1 Menambahkan Cairan Aki

  1. Buka tutup aki kering
  2. Siapkan cairan Aki dengan tutup warna biru cukup satu botol. Bukan ACCUZUUR
  3. Tambahkan cairan aki hingga kira-kira 1 cm dari lubang pengisian
  4. Bersihkan permukaan aki dari air aki yang tercecer
  5. Charge Aki / setrum aki
  6. Pasang tutup aki kering dan jangan lupa menambahkan lem silikon agar tidak bocor/rembes
  7. Pasang Aki ke mobil dan coba starter mobil

Langkah 2 Mengganti Cairan Aki

  1. Buka tutup aki kering
  2. Siapkan cairan aki dengan tutup warna merah (zuur) 4 botol dan biru 1 botol
  3. Buang semua isi cairan aki, hati-hati janan terkena tangan karena bisa menyebabkan gatal-gatal
  4. Cuci sel didalam aki dengan cara memasukkan air hangat dan kocok bilas hingga bersih
  5. Keringkan pastikan isi dalam sel aki sudah kering dari bekas air sebelumnya. Biasanya membutuhkan waktu minimal satu hari
  6. Setelah kering tuangkan cairan aki tutup merah (zuur). Biasanya kapasitas aki mobil membutuhkan 4 botol @600ml cairan
  7. Jangan terlalu penuh karena kita juga akan menambahkan cairan aki dengan tutup biru nanti
  8. Charge Aki / setrum aki
  9. Tuangkan cairan aki dengan tutup biru hingga batas 1 cm dari lubang pengisian
  10. Pasang tutup aki kering dan jangan lupa menambahkan lem silikon agar tidak bocor/rembes
  11. Pasang Aki ke mobil dan coba starter mobil

Langkah 3 Lembiru

Lempar Beli Baru. Apabila kedua cara diatas tidak berhasil. Bisa jadi sel didalam aki sudah putus dan tidak bisa lagi menyimpan setrum. Mau tidak mau anda harus ganti aki agar mobil bisa starter lagi. Itu adalah cara memperbaiki aki kering yang dapat anda coba sendiri.

Leave a Comment