web page hit counter Loading Speed : Genesis Vs Voice Wordpress Theme
Blogging

Loading Speed : Genesis Vs Voice WordPress Theme

Loading speed Genesis vs Voice WordPress Theme. Kenapa Genesis dan Voice ? Karena saya sudah mencoba menggunakan kedua theme ini. Theme wordpress adalah salah satu kunci kesuksesan untuk bisa cepat masuk SERP. Biasanya dalam theme sudah terdapat fitur SEO, Responsive, Schema Org, Support Adsense dan Optimasi Lainya. Fitur-fitur ini yang harus kita miliki, jujur saya 4 tahun blogging sampai sekarang ini masih belum paham dengan koding, yang saya lakukan hanya meng copy paste script-script yang sudah ada. Oleh karena itu theme adalah salah satu kunci mendapatkan semua itu tanpa harus pusing melakukan koding manual.

Loading Speed atau loading time dari sebuah website adalah hal yang sangat penting. Lama loading blog ini berpengaruh besar terhadap Search Engine Optimization (SEO), hal ini akan berpengaruh terhadap peringkat blog kita di Google Search. Apabila Google mendeteksi loading blog kita cukup baik maka mereka akan menyarankan blog kita muncul kedalam halaman pertama pencarian google, hal ini dikarenakan google memang mengutamakan pengalaman pengguna yang baik. Sejak 10 tahun yang lalu Google sebagai pemilik search engine terbesar mengungkapkan bahwa Kecepatan loading web menjadi hal yang sangat penting, untuk pemilik web maupun pengunjung web. Pengunjung akan merasa betah berlama-lama membaca postingan kita apa bila loading blog kita cepat.

Sebelumnya saya menggunakan Theme WordPress Voice karena saya suka dengan tampilanya. Namun belakangan ini saya mendapatkan masalah bahwa loading speed blog saya sngat lambat saat menggunakan theme Voice. Padahal pada demo theme tidak separah ini. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya saya tidak mengerti tentang script dan koding, jadi saya tidak tahu apa yang salah dan apa yang harus diperbaiki dari loading spee yang lambat ini.

Disini saya menggunakan Google PageSpeed Insight untuk melakukan test loading speed. Berikut hasilnya saat menggunakan Theme Voice

Loading Speed : Genesis VS Voice WordPress Theme

Hasilnya sangat jelek. Hanya mendapatkan skor 33 dari rentang skor 100. Saya berfikir kalau diteruskan seperti ini bisa mengurangi jumlah pengunjung blog saya. Dan mengurangi rangking blog di Google Search. Oleh karena itu saya mencoba mengunggah theme yang juga sudah saya miliki sebelumnya yaitu Theme WordPress Genesis Framework.

Dan hasil tes Google PageSpeed Insight saat menggunakan Theme Genesis Framework cukup mencengangkan. Dari sebelumnya skor 33 menjadi skor 90 dengan kategori baik dan berwarna hijau. Diatas adalah loading speed untuk perangkat mobile, seangkan untuk perangkat dekstop hasilnya seperti dibawah ini

Loading Speed : Genesis Vs Voice WordPress ThemeHasilnya sangat baik skor 97, hampir mendekati 100 sempurna. Oleh karena itu saat ini saya memutuskan menggunakan theme genesis mungkin beberapa bulan kedepan untuk melihat hasilnya. Sebenarnya dari segi tampilan dan fitur lebih lengkap theme voice, mungkin tampilan yang bagus tersebut yang menyebabkan loading speed jadi lambat. Sedangkan pada Genesis Framework memiliki tampilan clean putih bersih dan sederhana, namun saya rasakan loading blog menjadi lebih cepat.

Berdasarkan banyaknya pengguna memang Genesis Framework milik Studiopress memang lebih banyak penggunanya dibandingkan Voice milik Themeforest. Dan jika dilihat blog orang lain yang menggunakan theme ini juga bisa bagus, mungkin karena saya masih kurang pengetahuan dalam kustomisasi Genesis ini. Contoh blog yang menggunakan theme Genesis adalah blognya mas sugeng di sugeng.id

Leave a Comment

2 Comments