Gadget

Lupa Kata Sandi iPhone, iPhone dinonaktifkan coba lagi dalam 1 menit

Lupa Kata Sandi iPhone. Kata sandi atau password atau passcode adalah rangkaian huruf rahasia untuk membuka perangkat. Sekarang ini kata sandi memang sudah ketinggalan jaman kerena sudah digantikan dengan touch ID dan face ID untuk membuka perangkat. Namun apabila kedua metode tersebut gagal atau ada masalah dengan sensor atau kita sedang tidak memungkinkan untuk membuka dengan touch ID atau face ID, maka untuk membuka perangkat kita harus menggunakan kata sandi atau passcode. Termasuk pada iPhone.

Apabila kita salah memasukkan passcode iPhone 5 kali berturut-turut maka ini yang akan terjadi “iPhone dinonaktifkan coba lagi dalam 1 menit” atau “iPhone dinonaktifkan, sambungkan ke iTunes”

Baca Juga : iPhone Lupa iCloud, Bagaimana cara memperbaiki ?

Setelah menunggu 1 menit anda akan diberikan sesempatan lagi untuk mencoba mengingat kata sandi anda yang benar. Setelah kesempatan kesembilan, iPhone anda akan dikunci selama 60 menit dan akan dikunci sepenuhnya setelah kesempatan ke-10. Saat itulah Anda akan melihat notif “iPhone dinonaktifkan, Hubungkan ke pesan iTunes”

Lupa Kata Sandi iPhone, iPhone dinonaktifkan coba lagi dalam 1 menit

Setelah anda mendapatkan pesan seperti diatas maka satu-satunya cara untuk membukanya adalah menggunakan itunes atau perangkat lain. Ada 3 cara untuk membuka Lupa Kata Sandi iPhone.

3 Cara Membuka Lupa Kata Sandi iPhone

1. Membuka Kata Sandi iPhone menggunakan iTunes

Anda dapat menggunakan recent backup untuk memulihkan iPhone. Cara pertama ini dapat bekerja apabila anda sudah pernah menyelaraskan iPhone dengan iTunes PC sebelumnya dan apabila iTunes mengijinkan akses ke iPhone tanpa kata sandi. Apabila iPhone meminta kata sandi saat dicolok ke iTunes maka langsung saja cara kedua.

  • Sambungkan iPhone ke komputer yang pernah disinkronkan sebelumnya.
  • Ingat cara ini bekerja kalau iTunes mengijinkan akses tanpa kata sandi
  • Tunggu iTunes untuk menyelaraskan perangkat Anda dan membuat cadangan.
  • Setelah sinkronisasi selesai, klik Restore iPhone dan biarkan proses restore selesai. Cara ini akan menginstal ulang iOS dari awal.
  • Setelah selesai, dan muncul tampilan setup iOS. Di sini, pilih Pulihkan dari cadangan iTunes.
    Pilih cadangan terbaru untuk memulihkan dari.

1. Cara membuka Lupa Kata Sandi iPhone menggunakan iTunes

Dengan cara ini anda akan mengembalikan data anda yang sebelumnya telah dibackup di iTunes. Hal ini juga akan memberikan anda kesempatan untuk mengatur ulang passcode / kata sandi

2. Cara mereset iPhone menggunakan recovery mode

Cara ini dapat diterapkan walaupun anda belum pernah menyelaraskan iCloud atau iTunes, dengan recovery mode ini akan menghapus data iPhone secara permanen dan mengaturnya sebagai perangkat baru. Berikut cara mereset iPhone menggunakan recovery mode.

Pertama, sambungkan iPhone ke PC dan Buka iTunes. kemudian anda harus menekan kombinasi tombol iPhone berikut untuk memasuki recovery mode, kombinasi tombol ini bervariasi tergantung model iPhone Anda.

  • Pada iPhone X, iPhone 11, atau diatasnya: tekan dan lepas cepat tombol volume up. Kemudian tekan dan cepat lepaskan tombol volume down. Terakhir, tekan dan tahan tombol power hingga Anda melihat layar mode pemulihan.
  • Pada iPhone 7 atau iPhone 7 Plus: tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan. Tahan sampai Anda melihat layar mode pemulihan.
  • Pada iPhone 6s dan dibawahnya: tekan dan tahan tombol home dan tombol power secara bersamaan. Tahan sampai Anda melihat layar mode pemulihan.

Recovery Mode

Saat Anda masuk ke mode pemulihan (recovery mode), iTunes akan meminta Anda untuk memulihkan atau memperbarui iPhone. Klik Restore.

Setelah proses selesai, Anda dapat mengatur ulang iPhone dan membuat kata sandi baru.

Sayangnya, apabila sebelumnya anda belum pernah melakukan backup ke iTunes, data Anda akan hilang.

3. menghapus iPhone menggunakan iCloud

Sayangnya cara ketiga ini juga akan menghapus semua data iPhone anda. Namun dengan metode ini anda tetap bisa menghapus kata sandi tanpa harus mencolokkan iPhone ke PC. Cukup gunakan perangkat lain untuk login akun iCloud.

Perhatikan bahwa iPhone yang terkunci harus tersambung ke Wi-Fi atau data seluler.

  • Buka dasbor iCloud di PC dan masuk menggunakan ID Apple Anda.
  • Pilih perangkat Anda dibagian atas.
  • Klik Erase iPhone.

3. menghapus iPhone menggunakan iCloud

Setelah itu Anda dapat memilih memulihkan dari cadangan iCloud atau menyiapkan iPhone sebagai perangkat baru. Pilih salah satu yang Anda inginkan, setelah itu anda bisa mengatur passcode baru lagi.


Dari ketiga Cara Membuka Lupa Kata Sandi iPhone diatas semua akan menghapus semua data iPhone anda dan mereset sebagai perangkat baru. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga sebaiknya anda melakukan backup menggunakan iCloud atau iTunes untuk data-data penting Anda.

Baca Juga : Solusi iPhone Lock iCloud

Ketika melakukan cara diatas anda harus mengetahui akun dan sandi iCloud.

Leave a Comment